katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Abstrak Skripsi Bahasa Indonesia Tentang Analisis Gaya Belajar Siswa Yang Menyontek Saat Ulangan


ANALISIS GAYA BELAJAR
SISWA YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN

Abstrak
           
Penelitian ini mendeskripsikan kesesuaian gaya belajar siswa yang menyontek saat ulangan dengan aktivitas belajar mereka sehari-hari, dimana gaya belajar ini difokuskan pada tiga gaya belajar Visual, Auditorial, atau Kinestetik. Dilakukan di kelas IV SD Negeri ... Kecamatan ... Kota .... Gaya belajar yang cocok dan pas akan memudahkan memahami dan menyerap pelajaran. Dan diketahui saat ulangan ada siswa menyontek disebabkan oleh kesulitannya dalam mengerjakan soal ulangan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum memahami dan menyerap pelajaran dengan baik. Maka pada penelitian ini terfokus untuk menganalisis gaya belajar siswa yang teridentifikasi  menyontek saat ulangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian aktivitas belajar dengan kecenderungan gaya belajar siswa dalam menyerap pelajaran guna memberikan solusi kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gayanya agar memudahkannya dalam menyerap pelajaran. Juga  memberikan solusi yang dilakukan guru dalam upaya menghadapi keragaman gaya belajar siswa di kelas guna menghilangkan perilaku menyontek siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus adalah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk menyelidiki fenomena dalam konteks kehidupan nyata. Pengumpulan data  dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara untuk tiga indikator data yang dikumpulkan. Karena dalam studi kasus hendaknya mendapatkan bukti dari dua atau lebih sumber, namun menyatu dengan serangkaian fakta atau temuan yang sama, sehingga tidak terbatas pada sebuah sumber bukti tunggal. Hasil penelitiannya adalah pada umumnya siswa yang teridentifikasi menyontek memiliki gaya belajar visual, beberapa siswa masih belum melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan gaya belajarnya, walaupun ada yang sudah sesuai itupun belum optimal, ada beberapa karakteristik gaya belajarnya yang tidak sesuai dengan aktivitas belajar yang dilakukannya. Maka upaya yang harus dilakukan guru adalah menjadi guru yang kreatif dalam mengajar dengan selalu memperhatikan karakteristik gaya belajar setiap siswa di kelas. Sehingga hal yang dapat memudahkan guru dalam mengetahui karakteristik siswa adalah melakukan tes gaya belajar siswa pada awal tahun ajaran agar dapat mendorong siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran dan memahami setiap perilaku siswa yang muncul saat belajar di kelas.

Kata kunci: Studi Kasus, Menyontek, Gaya Belajar.
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi Bahasa Indonesia Tentang Analisis Gaya Belajar Siswa Yang Menyontek Saat Ulangan "

Back To Top