katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Proposal


H.       Penelitian yang Relevan
Penelitian yang akan dilaksanakan berjudul Pengembangan Multimedia Berbasis Pendekatan Saintifik pada Subtema Daur Air di Sekolah Dasar. Berdasarkna hasil studi literatur, peneliti menemukan beberapa penelitian lain yang berkaitan dengan penelitian yang akan peneliti laksanakan.
Pertama adalah penelitian yang dilaksanakan oleh  Endar Hartono (2012) yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 1 Bantul”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berupa website e-learning yang menggunakan macromedia dreamweaver 8.0. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Kedua, penelitian yang dilksanakan oleh Novian Wahyu Setiabudi (2005) yang berjudul “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Fisika Bahasan Kinematika Gerak Lurus”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak berupa paket ajar berbentuk multimedia untuk membantu pembelajaran mata pelajaran Fisika pada pokok bahasan Kinematika, khususnya pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus.
Kedua penelitian tersebut mempunyai relevansi dengan penelitian yang akan peneliti laksanakan. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penilian pengembangan yang bertujuan untuk menhasilkan suatu produk.

I.      Kerangka Berpikir
 Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran dapat dilihat dari adanya perubahan pada diri peserta didik baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor.
Masalah yang muncul dalam  pembelajaran di kelas V SDN 1 ... antara lain penggunaan  media yang kurang bervariatif dan belum tertanamnya sikap ilmiah dari pengunaan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Peserta didik menjadi tidak aktif dalam pembelajaran, karena media yang digunakan oleh pendidik tidak menarik minat untuk belajar. Ketidak aktifan  peserta didik dalam pembelajaran dapat menyebabkan hasil belajar menjadi rendah.
Dari permasalahan yang ditemukan di lapangan, peneliti merencanakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis saintifik yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik itu dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Penggunaan media ini dihasrapkan dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik berupa mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengolah, menyimpulkan, menyajikan dan mengkomunikasikan sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.
0 Komentar untuk "Contoh Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Proposal"

Back To Top