katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Laporan Program Pengalaman Lapangan


PENGALAMAN  LAYANAN BIMBINGAN

Nama Murid                                 : Intan Maulani Rahman
Jenis Kelamin                                : Perempuan
Kelas                                             : B2

LANGKAH-LANGKAH BIMBINGAN


1.       IDENTIFIKASI MASALAH
Untuk mengidentifikasi masalah dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya :
a.       Observasi pada waktu kegiatan belajar
b.       Tes pada waktu anak sedang mengikuti pelajaran
c.       Wawancara dengan guru, orang tua serta langsung wawancara dengan anak yang berangkutan
d.      Melihat langsung setiap mengikuti pelajaran Intan selalu didampingi oleh Ibunya, bila ditinggal sebentar keluar Intan terus menangis karena ketakutan ditinggal oleh ibunya.
e.       Tes pada saat Intan mewarnai gambar, Intan selalu memita Ibunya berada didekatnya dan mengerjakan tugasnya, jika Ibunya tidak membantu,  Intan tidak mau mengerjakannya.
f.        Wawancara dengan Ibunya langsung bahwa Intan tidak pernah lepas dari pantauan Ibunya, tadinya Intan akan menjadi anak bungsu mungkin karena itu Intan menjadi anak yang manja dan pemalu, sehingga dalam mengerjakan tugas di sekolahpun selalu ingin dengan Ibunya

2.       DIAGNOSA
Hasil dari ciri-ciri diatas maka Intan adalah anak yang manja dan pemalu dikarenakan selalu didampingi dan dimanja oleh Ibunya


3.       PROGNOSA
Intan adalah anak kedua dari tiga bersaudara, jarak umur dari adiknya adalah empat tahun, dikarenakan tadinya anak bungsu, maka dia menjadi anak manja dan pemalu karena selalu dimanja oleh Ibunya seperti anak bungsu.

4.       TERAPI
Untuk mengatasi masalah ini perlu diadakan penyembuhan pada anak tersebut diantaranya :
a.       Didalam kelas guru harus selalu memberikan pujian dan dorongan pada Intan agar tumbuh rasa percaya diri tanpa harus selalu dengan Ibunya.
b.       Dalam memberikan pada Intan disekolah diusahakan yang menarik perhatiannya dan jangan terlalu cepat memberikan pertolongan pada saat Intan menemukan kesulitan, biarkan Intan memecahkan sendiri persoalan yang ditemukan agar terbiasa mengerjakan sendiri.
c.       Guru memberikan pengarahan pada Ibunya untuk memperlakukan Intan secara wajar tanpa membedakan yang berlebihan, dilihat dari jumlah anak yang dimiliki anak pertama atau terakhir agar anak tumbuh menjadi anak yang mandiri.

5.       EVALUASI/TINDAK LANJUT
Jika Intan selesai mengerjakan tugas berilah pujian dari guru, dan buatlah seolah pekerjaan yang telah selesai itu Intan yang mengerjakannya, meskipun dikerjakan oleh Ibunya, agar Intan mau mengerjakan sendiri pekerjaannya dan timbul rasa percaya diri karena mendapat pujian dari guru.
Tag : MAKALAH
0 Komentar untuk "Contoh Laporan Program Pengalaman Lapangan"

Back To Top