B. Identifikasi dan Perumusan Masalah
1.
Identifikasi Masalah
Guru dalam pembelajaran mata pelajaran matematika, tidak sedikit masalah
yang dihadapinya. Kekurangmampuan mengatasi masalah akan menjadi faktor pemicu
pembelajaran yang diselenggarakan kurang berhasil mengantarkan siswa pada
tercapainya tujuan yang diharapkan. Dari hasil observasi penulis, bahwa siswa
kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut mengalami kesulitan dalam
menjumlahkan bilangan cacah dalam bentuk penjumlahan bersusun.
Berdasarkan hal tersebut di atas akhirnya dapat diidentifikasi beberapa
masalah sebagai berikut :
a.
Guru kurang optimal dalam membuat perencanaan
pembelajaran
b.
Guru kurang sesuai memilih metode
c.
Guru kurang optimal dalam penggunaan alat peraga
d.
Aktivitas belajar siswa terkesan kurang bermakna,
terlihat dari kesulitan dalam menjumlah bilangan
e.
Kualitas hasil belajar siswa belum menunjukkan batas
tuntas belajar
2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, penulis dapat merumuskan
masalah yang dijadikan sebagai focus penelitian pembelajaran ini, yaitu sebagai
berikut :
a.
Bagaimanakah perencanaan pembelajaran dalam menggunakan
metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah pada
siswa kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut ?
b.
Bagaimanakah proses pembelajaran dengan metode
demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah pada siswa
kelas 1
SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut
?
c.
Bagaimanakah hasil peningkatan pemahaman siswa dalam
pembelajaran matematika tentang penjumlahan bilangan cacah melalui metode
demonstrasi ?
C. Pemecahan Masalah
Permasalahan tentang meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan cacah
pada siswa melalui penggunaan metode demonstrasi akan dipecahkan dengan
serangkaian pembelajaran reflektif yang dikemas dalam suatu kegiatan penelitian
tindakan kelas.
Dipilihnya penggunaan metode demonstrasi ini karena metode demonstrasi
akan membuat siswa belajar lebih aktif, lebih kreatif, lebih menyenangkan,
lebih cepat mengerti tentang konsep yang baru dipelajarinya.
Oleh karena itu diharapkan kemampuan guru secara professional dalam
merancang strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan
sehigga siswa lebih memahami dan meningkatkan kemampuannya dalam menjumlahkan
bilangan cacah.
D. Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1.
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, penulis menentukan tujuan yang
ingin dicapai antara lain :
a.
Memperoleh gambaran tentang perencanaan pembelajaran
yang memadai dengan menerapkan metode demonstrasi dalam penguasaan menjumlah
bilangan cacah pada siswa kelas 1
SD Negeri Garut
Kecamatan
Garut Kota Garut.
b.
Memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran
dengan menerapkan metode demonstrasi dalam penguasaan menjumlah bilangan cacah
pada siswa kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut.
c.
Memperoleh gambaran hasil penguasaan menjumlah bilangan
cacah dengan menerapkan metode demonstrasi pada siswa kelas 1 SD Negeri Garut
Kecamatan Garut Kota Garut.
2.
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah sebagai
berikut :
a.
Bagi siswa, dapat meningkatkan keberanian bertanya,
menjawab dan mengemukakan pendapat serta menumbuhkan persepsi dan minat
belajar, mau dan mampu memperagakan alat peraga untuk menjumlah bilangan cacah.
b.
Bagi guru, dapat meningkatkan keterampilan pengembangan
metode demonstrasi dalam hal mempergunakan alat peraga, metode dan
teknik-teknik dalam proses pembelajaran tersebut dan dapat dijadikan acuan
dalam mengembangkan model pembelajaran matematika.
Untuk melanjutkan silahkan ---------- KLIK DISINI -----------
Untuk melanjutkan silahkan ---------- KLIK DISINI -----------
Tag :
Skripsi Matematika
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Identifikasi dan Perumusan Masalah, Pemecahan Masalah dan Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian dalam Skripsi Matematika"