BAB
1
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Psikologi adalah suatu ilmu yang mengkaji
perilaku individu dalam interaksi dengan lingkunganannya. Perilaku yang
dimaksud adalah dalam pengertian yang luas sebagai manifestasi hayati (hidup)
yang meliputi motorik, kognitif, konatif dan afektif. Peran psikologi dalam
pembelajaran dan pengajaran yaitu dapat menciptakan suatu proses pembelajaran
dan pengajaran yang efektif.
Perkembangan anak penting dijadikan
perhatian khusus bagi orangtua. Sebab, proses tumbuh kembang anak akan
mempengaruhi kehidupan mereka pada masa mendatang.Jika perkembangan
anak luput dari perhatian orangtua (tanpa arahan dan pendampingan
orangtua), maka anak akan tumbuh seadanya sesuai dengan yang hadir dan
menghampiri mereka. Dan kelak, orangtua juga yang akan mengalami penyesalan yang
mendalam.
Dampak negatif dari perkembangan anak yang
kurang perhatian dari orang tuanya adalah anak menjadi nakal dan susah diatur.
Dan dampak lain yang ditimbulkan adalah perusakan moral yang dialami anak yang
kemungkinan diakibatkan dari salah bergaul dan berteman. Dan akhirnya,
anak-anak inilah yang membawa dampak buruk bagi teman-temannya.
Salah satu perusakan atau penurunan moral
yang dialami anak-anak pada saat ini adalah dengan melihat video yang
seharusnya belum pantas ditonton pada usianya. Perilaku negatif ini juga
disebabkan dari perkembangan teknologi khususnya internet.Yang akibatnya, akan
menurunkan prestasi belajar anak disekolah.
B. RUMUSAN
MASALAH
Adapun rumusan masalah yang akan penulis
sampaikan adalah sebagai berikut :
1.
Apa itu Psikologi?
2.
Apa itu Psikologi Perkembangan?
3.
Bagaimana fase/periodisasi pada
perkembangan?
C. TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan
makalah ini adalah sebagai berikut :
·
Memenuhi tugas Mata
Kuliah Psikologi Perkembangan.
·
Untuk meningkatkan
pemahaman mahasiswa tentang psikologi dan psikologi perkembangan.
D. MANFAAT
Manfaat yang dapat kita peroleh dari penulisan
makalah ini adalah untuk bias lebih memahami
tentang psikologi dan psikologi
perkembangan.
BAB II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN
PSIKOLOGI
Psikologi berasal dari kata dalam
bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos.
Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan
sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena
jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya,
meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya.Jadi Psikologi adalah suatu ilmu yang
mengkaji perilaku individu dalam interaksi dengan lingkunganannya. Perilaku
yang dimaksud adalah dalam pengertian yang luas sebagai manifestasi hayati
(hidup) yang meliputi motorik, kognitif, konatif dan afektif. Peran psikologi
dalam pembelajaran dan pengajaran yaitu dapat menciptakan suatu proses
pembelajaran dan pengajaran yang efektif..
2.
PENGERTIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari
tingkah laku individu dalam perkembangannya dan latar belakang yang
mempengaruhinya. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi
khusus, karena psikologi perkembangan mempelajari kekhususan dari pada tingkah
laku individu.
v DEFINISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MENURUT PARA AHLI
a.
Linda L Daidoff (1991)
Psikologi
Perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan
perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai
sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati.
b.
M Lenner (1976)
Psikologi
perkembangan sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan
fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir
pada anak-anak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian
seseorang berubah dan perkembangan dari anak-anak, remaja, sampai dewasa
c. Menurut
Monks, Knoers dan Haditono
Psikologi
perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang
mempengaruhi proses perkembangan (perubahan) yang terjadi dalam diri pribadi
seseorang dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan
perkembangan.”
d.
Menurut Kartono
“Psikologi perkembangan (psikologi anak)
adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku
manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa
remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
e.
Encyclopedia International
“Developmental
psychology is a branch of psychology devoted been placed on the search for
those elements of behavior in the child which are thought to be prerequisite
for complex adult behavior.”(Psikologi perkembangan adalah suatu cabang dari psikologi yang
mengetengahkan pembahasan tentang perilaku anak secara historic titik berat
pembahasannya pada penganalisaan elemen-elemen perilaku anak yang
dimungkinkan akan menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).
v DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK SECARA UMUM
Psikologi anak
merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur
jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya
makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati. Psikologi anak sebagai
pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis
sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki
persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan
berkembang.
Ø FASE ATAU PERIODISASI PERKEMBANGAN
a.PERKEMBANGAN MENURUT ARISTOTELES
Defenisi
Psikologi Perkembangan menurut Aristoteles adalah merupakan ``Periodisasi atau pembagian masa-masa
perkembangan yang didasarkan pada keadaan atau proses biologis
tertentu``,
teori ini dibagi menjadi 3 fase, antara lain :
* Fase I - Fase anak kecil : 0 – 7 th, fase I dan fase II dibatasi oleh
pergantian gigi.
* Fase II -
Fase anak sekolah: 7 – 14 th, fase II dan fase III ditandai dengan mulai
mulai bekerjanya kelenjar kelengkapan kelamin.
* Fase remaja :
14 – 21 th.
b. PERKEMBANGAN MENURUT OSWALD KROCH
Oswald Kroch
mendefenisikan Psikologi Perkembangan
sebagai ``suatu rentang waktu perkembangan yang didasarkan pada
keadaan psikologis / masa kegoncangan yang khas dan dialami
oleh setiap anak dalam masa perkembangannya``.
pemahaman beliau dikelompokkan dalam 3 fase :
a) Dari lahir
sampai masa “trotz”( kegoncangan) pertama: kanak-kanak awal.
c) Trotz kedua
sampai akhir remaja: masa kematangan.
c. PERKEMBANGAN MENURUT Elizabeth B. Hurlock
Menurut Elizabeth
B. Hurlock Psikologi Perkembangan adalah :
sebuah proses yang mencakup sepanjang hidup manusia
sesuai dengan hakikat perkembangan manusia yang berlangsung sejak konsepsi
sampai mati .
Elizabeth B.
Hurlock mendefeniskan Psikologi Perkembangan dengan pembagian
periodisasi..
pembagian periodisasi tersebut seperti dibawah ini :
a)
Masa sebelum lahir
(pranatal)
: 9 Bulan.
b)
Masa bayi baru lahir (new
born)
: 0 - 2 Minggu.
c)
Masa bayi (babyhood)
: 2 minggu - 2 Tahun.
d)
Masa kanak-kanak awal (early childhood) : 2
- 6 Tahun.
e)
Masa kanak-kanak akhir (later
chilhood) : 6 - 12 Tahun.
f)
Masa puber (puberty)
: 11/12 – 15/16 Tahun.
g)
Masa remaja ( adolesence)
: 15/16 – 21 Tahun.
h)
Masa dewasa awal (early adulthood)
: 21 - 40 Tahun.
i)
Masa dewasa madya(middle adulthood)
: 40 - 60 Tahun.
j)
Masa usia lanjut (later adulthood)
: 60 – Dipanggil Tuhan.
Ø PERKEMBANGAN ANAK
fungsi-fungsi
fisik maupun mental sebagai hasil keterkaitannya dengan pengaruh lingkungan.
Perkembangan ditunjukkan dengan perubahan yang bersifat sistematis, progresif dan
berkesinambungan.
Ø
PRINSIP-PRINSIP
PERKEMBANGAN ANAK
Sepanjang perjalanan perkembangan anak, ada beberapa prinsip-prinsip
perkembangan sabagai berikut :
a. Perkembangan
berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek.
b.Setiap anak memiliki kecepatan (tempo) dan kualitas perkembangan yang
Berbeda.
c. Perkembangan
secara relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu.
d.Perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi
sedikit.
e.Perkembangan berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju
ke yang lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
f. Secara
normal perkembangan individu mengikuti seluruh fase.
g. Sampai
batas-batas tertentu, perkembangan sesuatu aspek dapat
dipercepat atau diperlambat.
h. Perkembangan
aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi
dengan aspek lainnya.
i. Pada
saat-saat tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu perkembangan
pria berbeda dengan wanita
Ø
TUGAS-TUGAS
PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK
Anak ( dalam proses perkembangannya ) bukan berarti hanya
dan selalu diperhatikan oleh orang tua dan sekitarnya saja, akan tetapi ada
hal-hal yang harus dikuasai oleh anak dalam proses perkembanganya, antara lain
:
a. Belajar Berjalan.
b. Belajar Mengambil Makanan.
c. Belajar Berbicara.
d. Belajar mengontrol
cara-cara buang air.
e. Belajar mengetahui jenis
kelamin.
g. Memiliki konsep sosial dan
fisik walaupun masih sederhana.
h. Belajar hubungan sosial.
i. Belajar
membedakan mana yang baik dan tidak baik.
Ø ASPEK PERKEMBANGAN ANAK
a. Perkembangan Motorik.
b. Perkembangan Kognitif.
c. Perkembangan
Struktur Kognitif.
d. Perkembangan.
Ø PERANAN ORANGTUA DALAM
PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK
a.
Beri kesempatan memilih.
b.
Hargailah usahanya.
c.
Menghindari terlalu banyak bertanya.
d.
Dorong untuk melihat alternatif.
e.
Jangan patahkan semangatnya.
Ø KEGUNAAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
a.
Dengan mempelajari psikologi, orang akan mengetahui fakta-fakta dan
prinsip- prinsip mengenai tingkah laku manusia.
b.
Untuk memahami diri kita sendiri dengan mempelajari psikologi sedikit banyak
orang akan mengetahui kehidupan jiwanya sendiri, baik segi pengenalan perasaan,
kehendak, maupun tingkah laku lainnya.
c.
Dengan mengetahui jiwanya dan memahami dirinya itu maka orang dapat menilai
dirinya sendiri.
d.
Pengenalan dan pemahaman terhadap kehidupan jiwa sendiri merupakan bahan yang
sangat penting untuk dapat memahami kehidupan jiwa orang lain.
e.
Dengan bekal pengetahuan psikologi juga dapat dipakai sebagai bahan untuk
menilai tingkah laku normal, sehingga kita dapat mengetahui apakah tingkah laku
seseorang itu sesuai tidak dengan tingkat kewajarannya, termasuk tingkat
kenormalan tingkah laku kita sendiri.
diantaranya yaitu:
1. Untuk
mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/
perkembangannya.
2. Untuk
mengetahui tingkat pemampuan individu pada setiap fase perkembangannya.
3. Untuk
mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat perkembangan
tertentu.
4. Agar dapat
mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi
anak.
5. Khusus bagi
guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan
kebutuhan anak.
Pengertian
Psikologi Perkemban
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Psikologi
merupakan gabungan dari kata psyche dan logos, Psyche berarti jiwa dan logos
berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa . Dan
psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu dalam
perkembangannya dan latar belakang yang
mempengaruhinya.
Perkembangan
adaalah suatu perubahan fungsional yang bersifat kualitatif baik dari fungsi
fisik maupun mental.
Perkembangan anak penting dijadikan perhatian khusus bagi
orangtua. Sebab, proses tumbuh kembang anak akan mempengaruhi kehidupan mereka
pada masa mendatang.
B.
SARAN
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang
kejiwaan, berbicara tentang jiwa terlebih dahulu kita harus dapat membedakan
nyawa dengan jiwa. Nyawa adalah Daya jasmaniah yang adanya tergantung pada
hidup jasmani dan menimbulkan perbuatan badaniah organik behavior,yaitu
perbuatan yang ditimbulkan oleh proses belajar. Misalnya: insting,refleks,nafsu
dan sebagainya. Jika jasmani mati maka mati pulalah nyawanya.
Perkembangan anak memerlukan banyak perhatian dari
orang tua, untuk itu orang tua perlu memberikan arahan dan mendampingi anaknya
pada setiap masa perkembangannya. Tetapi sikap perhatian yang berlebihan dari
orang tua juga tidak baik karena anak juga akan melakukan perlawanan sebagai
bentuk protes. Dan apabila anak sudah melakukan protes maka anak tersebut akan
sulit untuk diatur.
DAFTAR PUSTAKA
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
http://kapanpunbisa.blogspot.com/2012/06/pengertian-psikologi-anak.html
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
http://www.scribd.com/doc/81239911/8/Peran-Orangtua-Dalam-Perkembangan-Psikologi-Anak
Abu Ahmadi, H. Dre.,
Psikologi Umum, Penerbit PT Bina
Ilmu, Surabaya, Cet.1, 1983.
Tag :
Makalah Psikologi
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Psikologi Tentang Pengertian Psikologi & Psikologi Perkembangan"