BAB V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan tentang pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada
subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar, maka dapat disimpulkan bahwa
belum optimalnya merancang proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara
langsung terutama pada materi yang membutuhkan praktik dan menggunakan model
pembelajaran yang variatif untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran yang
telah ditetapkan.
Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, maka dirancanglah perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus
pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing
dengan mengacu pada model 4D menurut Thiagarajan yaitu Define (Pendefinisian), Design
(Perancangan), Develop (Pengembangan)
dan Disseminate (Penyebaran) yang
telah divalidasi oleh para ahli yang kompeten dibidangnya.
Perencanaan yang telah dikembangkan
telah memenuhi aspek kevalidan yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata validasi
silabus pembelajaran tematik sebesar 4,57 termasuk kategori “SANGAT BAIK” dan
nilai rata-rata RPP model inkuiri terbimbing sebesar 4,47 termasuk kategori
“SANGAT BAIK” sehingga dinyatakan valid dan dapat dilakukan uji coba di
lapangan.
Perencanaan pembelajaran yang
telah diuji coba di setiap sekolah yaitu SDN Tanjungpura 2, SDN Tanjungpura 3
dan SDN Manggungsari memenuhi aspek kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan
pembelajaran yang mengalami peningkatan dan secara keseluruhan termasuk
kategori baik. Keterlaksanaan pembelajaran di SDN Tanjungpura 3 meningkat
sebesar 0,03 dari keterlaksanaan pembelaajaran di SDN Tanjungpura 2. Sedangkan
keterlaksanaan pembelajaran di SDN Manggungsari meningkat sebesar 0,06 jika
dibandingkan dengan keterlaksanaan pembelajarn di SDN Tanjungpura III.
|
Perencanaan pembelajaran yang
dikembangkan disetiap sekolah telah memenuhi aspek keefektifan karena hasil
belajar siswa meningkat dengan nilai yang diperoleh siswa berada diatas KKM
yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan 100 %. Hal ini menunjukkan
bahwa RPP berdasarkan model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, secara keseluruhan siswa disetiap
sekolah memberikan respon setuju terhadap kegiatan pembelajaran dan respon guru
terhadap kegiatan pembelajaran berdasarkan RPP model pembelajaran inkuiri
terbimbing sebesar 90,6 % yang termasuk kategori sangat efektif untuk
diterapkan.
Dengan demikian, produk akhir
yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran berupa
silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri
terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar yang
dilengkapi dengan ringkasan materi, Lembar Kerja Siswa, soal evaluasi,
penilaian secara holistik yang mencantumkan skor dan kriteria penilaian.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperolah, maka peneliti mengajukan
beberapa saran sebagai berikut :
1.
Sebaiknya
dalam merancang proses pembelajaran
menggunakan model pembelajaran yang bervariatif yang disesuaikan dengan tujuan
pembelajaran dan tuntutan kurikulum yang berlaku.
2.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada
subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar dapat dijadikan sebagai salah
satu alternatif bagi para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar yang
melibatkan siswa secara langsung dalam membangun pengetahuannya sendiri.
3.
Penelitian
dan pengembangan ini masih terbatas pada tahap penyebaran, sehingga disarankan
bagi peneliti lain untuk melakukan penyebaran pada kelas atau sekolah yang
lebih luas lagi.
4.
Penelitian
dan pengembangan ini masih terbatas pada satu subtema, maka dapat dikembangkan
pada tema atau subtema yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
5.
Agar
pelaksanaan penelitian dan pengembangan berjalan dengan baik maka harus
memanfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga memperoleh hasil penelitian yang
memuaskan dan dapat bermanfaat bagi orang lain.
Tag :
Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Pembelajaran Tematik dan RPP Berdasarkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing"