katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Analisis Kegiatan Saintifik Berdasarkan Tahap-tahap Pembelajaran Tematik dan Jenis Media Pembelajaran


G.      Analisis Kegiatan Saintifik Berdasarkan Tahap-tahap Pembelajaran Tematik dan Jenis Media Pembelajaran
Pengembangan Multimedia pembelajaran pada penelitian ini mengacu pada pendekatan saintifik dan pemebelajaran tematik. Multimedia merupakan dari media pembelajaran yang memanfaatkan sistem kerja komputer untuk mengontrol penggunaannya. Berikut ini disajikan analisis kegiatan saintifik yang mengacu pada tahap-tahap pembelajaran tematik dan menggunakan media pembelajaran berdasarkan jenisnya.
Tabel  3 : Analisis Kegiatan Saintifik berdasarkan Fase-Fase Pembelajaran Tematik dan Jenis Media Pembelajaran
No.
Kriteria Pendekatan Saintifik
Fase-Fase Pembelajaran Tematik
Jenis Media
A
B
C
D
1.
Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana, jelas, dan menarik sistem penyajiannya.
Fase I
Media Visual
2.
Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu berpikir hipotetik (membuat dugaan) dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu dengan yang lain dari substansi atau materi pembelajaran.
Fase I dan II
Media Audio-visual
3.
Penjelasan guru, respon peserta didik, dan interaksi edukatif guru-peserta didik harus terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
Fase I dan II
Media Audio dan Media Visual
3.
Substansi atau materi pembelajaran benar-benar berdasarkan fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
Fase II
 Media Audio-visual
4.
Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analitis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.
Fase II dan III
Multimedia
6.
Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon substansi atau materi pembelajaran.
Fase II dan III
Multimedia
7.
Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggung-jawabkan.
Fase III
Media Visual
0 Komentar untuk "Contoh Analisis Kegiatan Saintifik Berdasarkan Tahap-tahap Pembelajaran Tematik dan Jenis Media Pembelajaran"

Back To Top