katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Subjek Penelitian, Definisi Operasional dan Fokus Tindakan dalam Proposal Bahasa Indonesia

2.      Setting Penelitian
a.      Lokasi
Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN ... Kecamatan ... Kota .... Lokasi ini dipilih dengan alasan tempatnya tidak jauh dari tempat tinggal peneliti dan tempat tugas mengajar peneliti sehingga penelitian dirasakan akan lebih bermakna.
b.      Subjek Penelitian     
Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa dan guru pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang keterampilan menulis di kelas III SD Negeri ... Kecamatan ... Kota ... dengan jumlah siswa 31 orang, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
c.       Definisi Operasional
            Untuk menghindari salah penafsiran terhadap hasil penelitian ini, maka ada sejumlah istilah teknis yang perlu dijelaskan definisi operasionalnya. Adapun istilah tehnis yang perlu didefinisikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Menulis Karangan Deskripsi adalah kemampuan siswa dalam   menuangkan gagasan/ide yang berkaitan dengan mendeskripsikan sajian gambar seri dalam bahasa tulis. Menulis karangan deskripsi dapat dilakukan dengan cara menuliskan kalimat-kalimat deskripsi dari gambar-gambar yang mereka lihat yang ada disekitar lingkungan anak. Kegiatan menulis karangan deskripsi ini dapat merangsang anak untuk mengungkapkan suatu ide dari sajian gambar seri yang dipahami anak melalui tulisan
2.      Media gambar seri adalah gambar peristiwa atau kejadian disekitar siswa yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses pembelajaran.
3.      Penelitian Tindakan Kelas metode penelitian yang digunakan penulis untuk meneliti efektifitas media gambar yang dilaksanakan pada siswa kelas III SD Negeri ... Kecamatan ... Kota ... dengan ditandai oleh rangkaian kegiatan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi hasil secara klasikal sampai diperoleh hasil yang optimal dan memuaskan.
d.       Fokus Tindakan
            Penilitian ini difokuskan pada :
·         Upaya merancang pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
·         Upaya melaksanakan pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri.
·         Hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar seri dalam mata pelajaran bahasa Indonesi.


3.      Prosedur Penelitian
Penelitian ini menggunakan prosedur yang terdiri dari dua siklus. Dalam menerapkan pembelajaran pada setiap siklusnya dilakukan sesuai dengan kemajuan atau perubahan yang telah dicapai pada siklus sebelumnya. Dalam pelaksanaannya peneliti melibatkan mitra sejawat yang mempunyai dasar pemikiran sama yaitu ingin memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran. Hal yang dilakukan adalah membuat perencanaan tentang kegiatan-kegiatan yang ditempuh selama penelitian.
a.      Orientasi dan Identifikasi Masalah
Orientasi dan identifikasi massalah merupakan tahap awal dalam kegiatan penelitian. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah sebagai berikut :
·         Melakukan kegiatan orientasi dengan perhatian fokus pada perencanaan  pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas III SDN ... Kecamatan ... Kota ....
·         Mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas III SDN ... Kecamatan ... Kota ....
·         Mengidentifikasi penggunaan media/alat peraga pada pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas III SDN ... Kecamatan ... Kota ....
b.      Perencanaan Tindakan Penelitian
1)      Penentuan Siklus Tindakan Penelitian
                        Siklus tindakan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa jenis siklus PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Taggart. Alur umum pelaksanaannya adalah sebagai berikut :



Tag : Proposal
0 Komentar untuk "Contoh Subjek Penelitian, Definisi Operasional dan Fokus Tindakan dalam Proposal Bahasa Indonesia"

Back To Top