katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengembangan Multimedia Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Subtema Daur Air Di Sekolah Dasar


A.      Judul Penelitian

B.       Latar Belakang Masalah Penelitian
Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan individu untuk memperoleh informasi atau pengetahuan baik secara formal di sekolah maupun non-formal di lingkungan masyarakat sekitar untuk  dapat memperbaiki diri. Konsep belajar pada era reformasi menuntut peserta didik lebih aktif, baik dalam berinteraksi dengan teman sebaya maupun bahan ajar. Peserta didik dapat mengembangkan aktivitas belajarnya melalui berinteraksi dengan sumber belajar, media pembelajaran, alat peraga yang digunakan, dan berdiskusi dengan teman sekelas. Dalam paradigma kontruktivisme, untuk pesrta didik dapat belajar secara aktif  memerlukan sumber belajar yang lebih lengkap dan inovatif, tidak hanya buku teks saja. Selain sumber belajar, penggunaan multimedia dapat menjadi pilihan pendidik agar pesrta didik dapat belajar secara lebih aktif.
Heinich et al (Rayandra Asyhar, 2012:75) menyatakan bahwa multimedia adalah penggabungan atau pengintegrasian dua atau lebih format media yang berpadu seperti teks, grafik, animasi, atau video untuk membentuk aturan informasi kedalam sistem komputer.
Menurut Vaughan (Rayandra Asyhar, 2012:75) menjelaskan bahwa multimedia adalah sembarang kombinasi yang terdiri atas teks, seni grafik, bunyi, animasi dan video yang diterima oleh pengguna melalui hardware komputer.
Rayandra Asyhar (2012:77) multimedia yaitu media yang melibatkan jenis media untuk merangsang semua indera dalam satu kegiatan pembelajaran. Multimedia lebih ditekankan pada penggunaan berbagai media berbasis TIK dan komputer.
Dari pengertian beberapa para ahli, peneliti menyimpulkan bahwa multimedia adalah gabungan dua atau lebih format media yang berpadu dan  ditekankan kepada kendali komputer sebagai penggerak dari keseluruan gabungan media  yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi atau pesan  supaya dapat diterima oleh peserta didik sehingga mendorong untuk mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
Multimedia merupakan alat yang digunakan pendidik untuk membantu penyampaian informasi atau materi kepada peserta didik agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan membuat pesrta didik lebih aktif. Peserta didik cenderung dapat menerima materi yang disampaikan oleh pendidik apabila melihat secara konkret contoh-contoh yang disampaikan pendidik. Sesuai dengan tujuan penggunaan multimedia yaitu untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas. Informasi yang diterima peserta didik akan lebih mudah dimengerti karena penggunaan multimedia ini akan sebanyak mungkin menuntut penggunaan indera, terutama telinga dan mata yang digunakan untuk menyerap informasi.
 Penyediaan multimedia dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan pendidik. Namun dari hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN 1 ... Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis pada tanggal 17 Desember 2013, ditemukan beberapa masalah berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan pendidik kebanyakan kurang bervariatif seperti hanya menggunakan gambar cetak, teks cerita, dan sebagainya. Selain itu, pendidik juga belum menanamkan sikap ilmiah dari penggunaan media pembelajaran. Padahal pendidik lebih bisa berkreatif dengan membuat media lebih menarik yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan seluruh potensinya dalam proses belajar. Contohnya dengan mengguakan media visual, audio, audio-visual, dan multimedia. Selain itu media yang sering digunakan oleh pendidik sekolah dasar belum sesuai dengan media pembelajaran berbasis saintifik seperti yang ditekankan pada kurikulum 2013.
Dalam kurikulum 2013, terdapat tiga esensi atau inti yaitu mengenai persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan pasca pembelajaran.
Pertama, persiapan pembelajaran. Sebelum melaksanakan pembelajaran, hendaknya pendidik mempersiapkan pembelajaran dengan baik. Persiapan pembelajaran berkaitan dengan adminstrasi. Salah satu administrasi yang penting untuk diperhatikan pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran adalah silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP dapatdikembangkan oleh pendidik kelas sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Kedua, pelaksanaan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran, pendidik harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan metode dan pendekatan pembelajaran. Terdapat 3 metode dan pendekatan yang harus pendidik perhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013 yaitu saintific Aprroch (Pendekatan saintifik),  Pembelajaran Berbasis Proyek, dan Pembelajaran Berbasis Masalah.
Ketiga, pasca pembelajaran. Penilaian yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran merupakan tindakan pendidik sebagai kegiatan pasca pembelajaran. Dalam  kurikulum 2013 penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik.
Dari beberapa esensi yang terdapat pada kurikulun 2013, peneliti mengambil pendekatan saintifik sebagai variabel penelitian. Dalam pendekatan saintifik terdapat beberapa keterampilan yang perlu dikuasai peserta didik dalam pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengolah, menyimpulkan, menyajikan dan mengkomnikasikan. Dengan mengacu pada kurikulum 2013 tersebut, maka peneliti merancang  untuk melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan pengembangan multimedia berbasis saintifik pada subtema daur air di kelas V pada kurikulum 2013 yang dapat digunakan di sekolah dasar.

C.      Identifikasi dan Perumusan Masalah Penelitian
1.    Identifikasi Masalah Penelitian
Berdasarkan  latar belakang masalah, peneliti mengidentifikasi masalah yang muncul terkait dengan penggunaan multimedia di sekolah dasar diantaranya sebagai berikut :
a.       Media pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariatif.
b.      Pendidik belum menanamkan kegiatan ilmiah dalam pembelajaran.
2.    Rumusan Masalah Penelitian
Permasalahan dalam penelitian ini dibatasi dengan pertanyaan penelitian sebagai berikut:
1.        Bagaimanakah multimedia pada  subtema  daur air yang sering digunakan di kelas V  ?
2.        Bagaimanakah rancangan multimedia subtema daur air di kelas V?
3.        Bagaimanakah implementasi rancangan multimedia berbasis pendekatan saintifik dalam proses uji coba?
4.        Bagaimanakah multimedia berbasis saintifik pada subtema daur air yang dapat digunakan untuk peserta didik kelas V?

D.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut:
1.        Untuk mengetahui pembelajaran pada subtema daur air di kelas V.
2.        Untuk mengetahui rancangan multimedia yang digunakan pendidik dan menghasilkan rancangan yang baru untuk subtema daur air.
3.        Untuk memperoleh gambaran tentang keefektifan penggunaan multimedia berbasis saintifik dalam uji coba rancangan media pembelajaran dalam subtema daur air.
4.        Untuk dapat mengidentifikasi multimedia berbasis saintifik yang dapat digunakan di kelas V pada subtema daur air.

E.       Manfaat Penelitian
Manfaat yang peneliti harapkan setelah dilaksanakannya penelitian ini diantaranya :
1.        Bagi pesrta didik, dengan multimedia berbasis saintifik diharapkan lebih mempermudah dalam memahami materi yang disampaikan pendidik dan tertanam sikap ilmiah.
2.        Bagi pendidik, penelitian yang telah dilaksanakan diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pengembangan multimedia berbasis saintifik yang dapat digunakan untuk peserta didik kelas V di sekolah dasar.
3.        Bagi lembaga terkait, hasil penelitian yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menjadi sebuah contoh bagi pengembangan multimedia berbasis saintifik yang dapat digunakan untuk peserta didik kelas V di Sekolah Dasar di masa yang akan datang.
4.        Bagi peneliti, penelitian yang telah dilaksanakan diharapkan dapat mengembangkan multimedia berbasis saintifik yang dapat digunakan untuk peserta didik kelas V di sekolah dasar dan menjadi rujukan yang relevan dalam penelitian selanjutnya.
0 Komentar untuk "Pengembangan Multimedia Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Subtema Daur Air Di Sekolah Dasar"

Back To Top