Secara etimologi, daya piker terdiri dari 2 kata
yitu daya yang berarti kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dalam piker yaitu
untuk menggunakan akal untuk mempertimbangkannya.
Yang dimaksud dengan daya piker adalah suatu
kemampuan dari seorang anak dalam proses berpikir yang diperoleh dari
lingkungan /alam sekitarnya. Untuk memperoleh pengetahuan yang baru atau
terhadap situasi yang belum dikenalnya dan sekaligus mencari pemecahan masalah
yang dihadapinya.
Daya cipta merupakan kemampuan seseorang untuk
menciptakan sesuatu yang baru yang menjangkau-jangkauan luas yang berkaitan
dengan kemampuan kognitif, efektif dan kemampuan psikomotor.
Ruang lingkup daya piker anak dalam kegiatan
pembelajaran di TK terdiri dari :
a.
Lingkup yang berkenaan dengan matematika
b.
Lingkup yang berkenaan dengan Ilmu Pengetahuan
Sedangkan ruang lingkup daya cipta anak terinteraksi
pada semua isi program kegiatan pembelajaran yang ada diprogram TK, seperti pada
pembelajaran kemampuan berbahasa, keterampilan, jasmani dan lainnya.
Prinsip-prinsip mengembangkan daya piker anak dalam
kegiatan pembelajaran di TK yang perlu diperhatikan antara lain :
a.
Masa peka anak
b.
Kegiatan dilaksanakan secara bertahap
c.
Kegiatan harus mengacu pada tujuan yang hendak dicapai
d.
Memberi kesempatan pada anak untuk mengekpresikan
pengetahuan dan pengalamannya
e.
Penggunaan berbagai macam metode pembelajaran
f.
Memanfaatkan lingkungan sekitar anak sebagai sarana dan
sumber belajar
g.
Kegiatan yang diberikan pada anak, hendaknya merupakan
pengetahuan yang objektif dan sesuai dengan kenyataan
Prinsip-prinsip
mengembangkan daya cipta anak dalam pembelajaran di TK yang perlu diperhatikan
antara lain :
a.
Bantulah anak menyadari dan menghargai kemampuan
dirinya dalam menciptakan ide-idenya
b.
Biarkan anak belajar membuat perencanaan atau membuat
keputusan sendiri dari kegiatannya.
c. Rangsanglah anak agar lebih peka terhadap lingkungan
untuk merangang minat bertanya atau bereksperimen.
d.
Doronglah agar anak menghargai pengalaman atau
pengetahuan yang baru
e.
Pupuklah kepercayaan dirinya
f.
Dalam memberikan saran jangan sampai menghilangkan
kreativitas anak
g.
Hargailah anak untuk usaha-usaha yang kreatif.
0 Komentar untuk "Pengertian Daya Pikir dan Daya Cipta"