katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengertian Daya Pikir dan Daya Cipta

Secara etimologi, daya piker terdiri dari 2 kata yitu daya yang berarti kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dalam piker yaitu untuk menggunakan akal untuk mempertimbangkannya.

Yang dimaksud dengan daya piker adalah suatu kemampuan dari seorang anak dalam proses berpikir yang diperoleh dari lingkungan /alam sekitarnya. Untuk memperoleh pengetahuan yang baru atau terhadap situasi yang belum dikenalnya dan sekaligus mencari pemecahan masalah yang dihadapinya.

Daya cipta merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang menjangkau-jangkauan luas yang berkaitan dengan kemampuan kognitif, efektif dan kemampuan psikomotor.
Ruang lingkup daya piker anak dalam kegiatan pembelajaran di TK terdiri dari :
a.       Lingkup yang berkenaan dengan matematika
b.       Lingkup yang berkenaan dengan Ilmu Pengetahuan

Sedangkan ruang lingkup daya cipta anak terinteraksi pada semua isi program kegiatan pembelajaran yang ada diprogram TK, seperti pada pembelajaran kemampuan berbahasa, keterampilan, jasmani dan lainnya.
Prinsip-prinsip mengembangkan daya piker anak dalam kegiatan pembelajaran di TK yang perlu diperhatikan antara lain :
a.       Masa peka anak
b.       Kegiatan dilaksanakan secara bertahap
c.       Kegiatan harus mengacu pada tujuan yang hendak dicapai
d.      Memberi kesempatan pada anak untuk mengekpresikan pengetahuan dan pengalamannya
e.       Penggunaan berbagai macam metode pembelajaran
f.        Memanfaatkan lingkungan sekitar anak sebagai sarana dan sumber belajar
g.       Kegiatan yang diberikan pada anak, hendaknya merupakan pengetahuan yang objektif dan sesuai dengan kenyataan

Prinsip-prinsip mengembangkan daya cipta anak dalam pembelajaran di TK yang perlu diperhatikan antara lain :
a.       Bantulah anak menyadari dan menghargai kemampuan dirinya dalam menciptakan ide-idenya
b.      Biarkan anak belajar membuat perencanaan atau membuat keputusan sendiri dari kegiatannya.
c.   Rangsanglah anak agar lebih peka terhadap lingkungan untuk merangang minat bertanya atau bereksperimen.
d.      Doronglah agar anak menghargai pengalaman atau pengetahuan yang baru
e.       Pupuklah kepercayaan dirinya
f.       Dalam memberikan saran jangan sampai menghilangkan kreativitas anak
g.      Hargailah anak untuk usaha-usaha yang kreatif.
0 Komentar untuk "Pengertian Daya Pikir dan Daya Cipta"

Back To Top