BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Aspek keterampilan berbicara bahasa
Inggris sekurang-kurangnya memiliki lima komponen pendukung diantaranya, comprehension, grammar, vocabulary,
pronunciation, dan fluency. Pronunciation merupakan aspek pertama
yang harus dikuasai siswa ketika belajar berbicara. Sehingga kata-kata yang
diucapkan dapat dimengerti secara jelas oleh lawan bicara. Selain itu, aspek
yang perlu dikuasai siswa adalah grammar.
Grammar yang siswa ketahui dapat menghasilkan banyak
ujaran-ujaran, mungkin tak terbatas jumlahnya. Sehingga meski pembelajaran bahasa Inggris ditekankan pada penguasaan
komunikasi verbal, tak berarti siswa-siswa tak bagus grammar-nya.
Siswa di SDN ... mengalami kesulitan dalam
pronunciation dan grammar. Berdasarkan hasil penelitian,
penulis menemukan banyak sekali kesalahan pronounciation
siswa. Kemudian untuk Grammar, siswa
juga mengalami kesulitan. Grammar dalam
penelitian ini difokuskan pada bagian-bagian dari Parts of Speech.
Sebagian besar siswa tidak mengetahui nama parts of speech namun dapat
menyebutkan contohnya. Hanya
terdapat seorang siswa yang dengan tepat mengetahui salah satu bagian dari Parts of Speech yaitu verb.
Faktor yang menyebabkan kesalahan dalam pronunciation diantaranya kemampuan
menyimak siswa. Karena orang memiliki kepekaan pendengaran yang berbeda dan hal
itu dapat menyebabkan kesalahan. Selain itu, kata-kata
tersebut jarang digunakan untuk berbicara sehingga
siswa lupa cara pengucapannya. Proses belajar lebih banyak terjadi di ruang
kelas dan di tempat kursus. Siswa jarang sekali berlatih menggunakan bahasa
Inggris dengan teman-temannya ataupun di rumah bersama keluarga. Begitupun grammar yang telah diperoleh siswa
apabila tidak diaplikasikan dalam praktek berbicara maka tidak akan berarti
apa-apa. Disamping itu, tidak ada keberanian siswa untuk berbicara.
Upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa
dalam berbicara diantaranya; guru memunculkan minat terlebih dahulu terhadap
pembelajaran bahasa Inggris yaitu memunculkan figur guru yang menyenangkan
siswa. Guru dapat menerangkan pelajaran dengan baik, tidak monoton, dan memberi
dukungan positif terhadap siswa. Kemudian pelajaran berbicara lebih ditekankan
kepada praktek di kelas. Dalam dua jam pelajaran dibagi dua, satu jam
pelajaran guru mengarahkan dan satu jam pelajaran lagi praktek. Selain itu, guru selalu mengingatkan siswa agar
terus latihan di rumah masing-masing.
Tag :
Skripsi Bahasa Inggris
0 Komentar untuk "Contoh Aspek Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris "