SKENARIO PEMBELAJARAN
Mata  Pelajaran:Ilmu    : Pengetahuan Alam
Pokok Pembahasan     : Perubahan
Sifat benda
Sub pokok Bahasan    : Perubahan
Sifat Benda karena dipanaskan
Kelas/Semester           : III/I
Waktu                         :1
X 40 menit  
1.      
Siswa mampu menjelaskan terjadinya peerubahan sifat
benda akibat     dibakar, dipanaskan, dan
diletakan di udara
2.      
Siswa dapat membandingkan benda sebelum dan sesudah
mengalami perubahahan.
Standar kopetensi   :  Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Kopetensi dasar      :  Mendeskripsikan
prubahan sifat benda (ukuran, bentuk warna, atau rasa ) yang dapat diamati
akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakan diudara.
1)     
Apersepasi ( ± 5 menit)
-   
Guru memasukin kelas
-   
Guru mengkondisikan siswa untukm persiapan belajar.
-   
Guru mempersiapkanketua murid untuk memimpin do’a.
2)     
Ekplorasi ( ± 5 menit)
-   
Guru memulai pelajaran dengan mengulang kembali
pelajaran yang telah dipelajari atau pelajarab yang sebelumnya.
-   
Guru memotivasi siswa untuk mengetahui lebih lanjut
tentang perubahan sifat benda
-   
Guru menggali pengetahuan siswa tentang perubahan sifat
benda dengan melakukan tanya jawab
- Konsolidasi (± 25 menit)
 
-   
Guru menjelaskan materi tentang perubahan sifat benda
karena dipanaskan, disertai dengan melakukan percobaan sebagai contoh
konkritnya.
-   
Guru membimbing siswa mnyiapkan alat dan bahan
percobaan
-   
Guru membimbing/ mengarahkan siswa dalam melakukan
percobaan
-   
Guru membimbing siswa dalam mengamati hasil percobaan
-   
Guru membimbing siswa dalam mencatat data hasil
percobaan
-   
Guru bersama-sama siswa membimbing siswa dalam
menyimpulkan materi hasil percobaan
-   
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa untuk mengecek
pemahaman siswa
-   
Guru menyuruh siswa untuk mengulang kembali pelajaran
yang telah disimpulkan sebagai tugas di rumah
-   
Guru mengkondisikan siswa untuk mengakhiri pelajaran
- Pembentukan sikap dan perilaku
 
Siswa diharapkan mampu memahami materi tentang perubahan sifat benda dan
mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS)
Perubahan
Sifat Benda Karena Dipanaskan
·        
Alat dan bahan
1.      
Sepotong cokelat
2.      
Spirtus/ kompor
3.      
Wadah cetakan yang bentuknya lucu-lucu
4.      
Panci penggorengan yang berukuran kecil
5.      
Mangkuk tahan panas
6.      
Air secukupnya
·        
Cara kerja
1.     
Letakan sepotong cokelat ke dalam mangkuk, lalu letakan
mangkuk di panci atau penggorengan yang telah diisi sedikit air. Apa yang
terjadi pada sepotong cokelat tersebut ?
2.     
Hidupkan kompor. Berhati-hatilah terghadap api. Jika
memakai pembakar spirtus, mintalah bantuan guru untuk menyalakannya.
3.     
Letakan panci atau penggorengan di atas kompor.
Hari-hatilah terhadap panas, gunakan sarung tangan panas atau kain lap.
4.     
Amatilah perubahan yang terjadi pada cokelat. Apa yang
terjadi pada cokelat setelah dipanaskan ?
5.     
Siapkan cetakan-cetakan yang telah kamu bawa
6.     
Bila telah mencair, angkatlah mangkuk berisi cokelat
air tersebut
Hati-hatilah terhadap
panas, segera tuangkan cokelat ke masing-masing cetakan. Awas, jangan sampai
tumpah.
Setelah kamu biarkan
cokelat menjadi dingin, coklat bisa kamu lepaskan dari cetakannya. Bagaimana
bentuk cokelat ?
Tag :
Makalah IPA
0 Komentar untuk "Contoh Skenario Pembelajaran Tentang Perubahan Sifat Benda Karena Dipanaskan"