katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Makalah Kompetensi Propesi Anak Usia Dini Tentang Program Pendidikan Pra Sekolah


BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Pendidikan anak usia pra sekolah mempunyai peran yang sangat fundamental dalam menyiapkan generasi unggul di masa mendatang. Kondisi perkembangan masih sangat memperihatinkan hingga dewasa ini. Dengan adanya hal tersebut banyak perhatian atau sikap peduli dari para ahli pendidikan dan masyarakat terhadap pendidikan pra sekolah.
Alasan dan tujuan penyelenggaraan pendidikan pra sekolah memang berbeda satu sama lain tergantung pada persepsi dan kepentingan masing - masing. Pendidikan pra sekolah sebagai kegiatan mengisi waktu anak, untuk menitipkan anak sibuk bekerja, untuk mempercepat proses perkembangan anak, untuk sosialisasi anak sebelum masuk Sekolah Dasar (SD). Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka pemerintah atau lembaga -lembaga swasta lainnya mendirikan sekolah pendidikan usia dini atau pra sekolah.

1.2   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan bahwa pentingnya pendidikan pra sekolah untuk anak usia dini dengan adanya pendidikan pra sekolah anak bisa lebih mengernbangkan bakat dan kreativitas pendidikan pra sekolah dijadikan bahan dasar untuk pendidikan yang selanjutnya atau pendidikan Sekolah Dasar (SD).

1.3   Tujuan
Untuk memenuhi syarat salah satu tugas mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini tentang Program Pendidikam Pra Sekolah dan memberikan pandangan kepada mahasiswa khususnya dan khalayak banyak pada umumnya betapa pentingnya pendidikan pra sekolah.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1        Kesimpulan
Pada dasarnya pendidikan pra sekolah dimaksudkan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dan menyeluruh sesuai norma - norma dan nilai - nilai kehidupan yang dianut.
A.    Fungsi Kurikulum/ Program Bagi Guru
Kurikulum resmi tergantung pada upaya mewujudkan keinginan itu, sedangkan keberhasilan upaya ditentukan oleh berbagai faktor-faktor yang paling mendasar adalah kemampuan seseorang melakukan upaya dalam mewujudkan apa yang diinginkan guru adalah orang yang bertanggung jawab langsung dalam upaya mewujudkan apa yang tertuang dalam kurikulum resmi. Guru merupakan serta mengembangkan kurikulum di kelas.
B.     Cara Mengembangkan Kurikulum
Langkah-langkah pengembangan kurikulum yaitu menentukan tujuan, menentukan isi merusmuskan kegiatan belajar mengajar/ metode mengadakan evaluasi.
C.     Tujuan dan fungsi
Pendidikan pra sekolah mempunyai tujuan dan fungsi yaitu menjadikan anak untuk lebih kreatif, imajinatif, beraqidah dan mempunyai rasa sosial selain ilmu pengetahuan untuk bekalnya melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya
D.    Karakteristik Program Pendidikan Pra Sekolah
Program pendidikan pra sekolah harus terencana dan dirancang secara maksimal, dan menperhatikan prinsip - prinsip yang dapat mengembangkan fisik dan psikologis anak didik.
E.     Materi Program Pendidikan Pra Sekolah
Untuk lebih memudahkan anak mencerna dan memahami pelajaran yang disampaikan guru maka guru harus memberikan tema - tema yang dekat dengan diri dan lingkungan anak didik, konkret dan lebih mengembangkan keterampilan, intelektual, sosial dan emosional melalui pamainan yang menyenangkan. Sesuai dengan prinsip Taman Kanak - Kanak yaitu "Bermain sambil belajai”.

3.2        Saran
Diharapkan adanya perhatian dari para tokoh pendidikan dan masyarakat betapa pentingnya fungsi dan tujuan pendidikan pra sekolah sebagai usaha untuk mempersiapkan fisik dan Psikologis anak didik ­memasuki pendidikan dasar.
Tag : MAKALAH
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Kompetensi Propesi Anak Usia Dini Tentang Program Pendidikan Pra Sekolah"

Back To Top