katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Pengalaman Kegiatan Ekstra Kelas

A.     PERENCANAAN

Kegiatan ekstra kelas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran sebagai kegiatan tambahan, yang bertujuan untuk memberikan keterampilan, memperluas wawasan anak, serta mengembangkan potensi yang dimiliki anak.
Kegiatan ekstra kelas yang dilaksanakan di SDN Sukamenak 2 meliputi :
1.       Kegiatan pramuka
2.       Kegiatan olah raga
3.       Kegiatan tata upacara bendera
4.       Kegiatan kesenian

B.   PELAKSANAAN

Pelaksanaan kegiatan ekstra kelas dilakukan diluar jam sekolah, dan dilaksanakan oleh semua siswa SDN Sukarnenak 2, mulai dari kelas I sampai denaan kelas VI. Pelaksanaan kegiatan ekstra kelas itu meliputi :
1.       Kegiatan Pramuka
Kegiatan pramuka dilaksanakan setiap hari Jumat mulai pukul 08.00 (sekolah siang) dan pukul 14.00 (sekolah pagi). Materinya meliputi :
-    Baris-berbaris (PBBAB)
-     Tali-temali
-     Sandi-sandi
-    Pengetahuan umum kepramukaan untuk penggalang dan siaga yang mengacu pada SKU
-    Dan lain-lain
2.       Kegiatan Olah Raga
Dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu pagi yaitu kegiatan senam " ayo bersatu" yang dilaksanakan oleh semua siswa dari kelas I sampai dengan kelas VI, yang dibimbing oleh guru olah raga dan PPL.
3.       Kegiatan Tata Upacara Bendera
Dilaksanakan setiap hari Senin mulai pukul 07.00 dan diikuti oleh semua civitas/warga sekolah yang terdiri dari : kepala sekolah, guru-guru, dan seluruh siswa SDN Sukamenak 2. Sedangkan untuk persiapan pelaksanaan upacara bcndera tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu.
4.       Kegiatan kesenian
Keg,iatan kesenian dilakukan oleh guru dan siawa (dilaksanakan sewaktu­waktu apabila akan diadakan kegiatan dan perlombaan).

C.     MASALAH DAN ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH

1.       Masalah
Masalah yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan ekstra kelas adalah masalah pengalokasian waktu karena adanya dua pembagian waktu sekolah, yaitu sekolah pagi dan sekolah siang. Hal ini mengakibatkan kegiatan ekstra tidak dapat dilakukan secara optimal­
2.       Alternatif pemecahan
Kegiatan ekstra kurikuler dilakukan dengan memanfaatkan waktu seefektif mungkin dan semaksimal mungkin sehingga tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai dengan baik.

D.     KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan di SDN Sukamenak 2, pada umumnya belum bisa dilaksanakan secara optimal. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan sumber daya manusia.

Saran
Kegiatan ekstra kelas sangat penting bagi perkembangan mental anak, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat lebih dioptimalkan dalam pelaksanaannya.
Tag : ARTIKEL
0 Komentar untuk "Contoh Pengalaman Kegiatan Ekstra Kelas"

Back To Top