katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Penelitian Ini Mendeskripsikan Kesulitan Berbicara Dalam Bahasa Inggris (Abstrak)



ANALISIS KESULITAN SISWA PADA ASPEK BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
(Studi Kasus Pembelajaran bahasa Inggris Kelas V di RSBI SDN ... Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)

ABSTRAK


Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris siswa kelas V Sekolah Dasar (SD). Penelitian bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut: Apa saja jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?; Apa faktor penyebab kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?; Bagaimana upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?. Menurut Hornby (Suci, 2005: 8) ‘Difficulty is the state or quality of being difficult; trouble or effort that something involves’.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dalam penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kesulitan siswa pada dua aspek keterampilan berbicara yaitu pronunciation dan grammar. Namun grammar dalam penelitian ini dibatasi pada bagian-bagian dari Parts of Speech yaitu diantaranya: Noun, Countable noun (Singular and Plural), Pronoun, Adjective, Verb, Adverb, Preposition, dan Conjunction. Untuk memperoleh data yang objektif, penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah beberapa informan yang telah ditentukan diantaranya kepala sekolah SDN ..., satu orang guru bahasa Inggris SDN ..., dan 15 orang siswa kelas V SDN ....
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SDN ... mengalami kesulitan dalam pronunciation dan grammar. Siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam melafalkan kata-kata bahasa Inggris atau misspronunciation. Kemudian sebagian besar siswa belum menguasai grammar. Siswa tidak mengetahui bagian-bagian parts of speech berikut penggunaannya dalam kalimat. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam pronunciation dan grammar diantaranya kemampuan menyimak siswa, siswa jarang sekali berbicara bahasa Inggris di kelas karena kurangnya keberanian, dan siswa jarang sekali berlatih berbicara bahasa Inggris baik di sekolah maupun di rumah. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam berbicara diantaranya; guru memunculkan minat terlebih dahulu terhadap pembelajaran bahasa Inggris yaitu memunculkan figur guru yang menyenangkan siswa. Kemudian pelajaran berbicara lebih ditekankan kepada praktek di kelas. Dalam dua jam pelajaran dibagi dua, satu jam pelajaran guru mengarahkan dan satu jam pelajaran lagi praktek. Selain itu, guru selalu mengingatkan siswa agar terus latihan di rumah masing-masing. Direkomendasikan kepada siswa agar sering praktek berbicara dan menghayati setiap kalimat yang diucapkan, serta memanfaatkan game, lagu-lagu berbahasa Inggris, televisi, film, dan Internet untuk belajar bahasa Inggris dengan arahan guru bahasa Inggris.
0 Komentar untuk "Penelitian Ini Mendeskripsikan Kesulitan Berbicara Dalam Bahasa Inggris (Abstrak)"

Back To Top