SKENARIO PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu :1 X 45
menit
Materi Pokok :
Perubahan Wujud Benda
Standar Kompetensi
Siswa mampu melakukan pengamatan, mendeskripsikan standar pengukuran
serta mengembangkan sikap ilmiah
Kompetensi Dasar
Mengumpulkan informasi tentang
cara-cara terjadinya perubahan wujud benda atau zat
Skenario Pembelajaran
·
Apersepasi
1.
Guru memasuki ruang kelas sambil mengucapkan salam
kepada siswa
2.
Guru menyuruh siswa berdo’a sebelum memulai pelajaran
3.
Guru mengecek kehadiran siswa
4.
Guru mengkondisikan siswa untuk siap belajar
5.
guru memotivasi siswa untuk aktif belajar
6.
Guru mengingat kembali materi yang telah disampaikan
kepada siswa
·
Ekplorasi
1.
Guru menerangkan pengertian tentang perubahan wujud
benda
2.
Siswa memberikan salah satu contoh perubahan wujud
benda
3.
Siswa mengelompokan benda yang mengalami perubahan
wujud benda
4.
Siswa mengelompokan benda yang mengalami perubahan
wujud dan yang tidak mengalami perubahan wujud benda
5.
Siswa menerangkan proses perubahan wujud benda cair
pada es batu
6.
Siswa menyebutkan sifat-sifat perubahan wujud benda
padat, cair, dan gas atau udara
7.
Siswa menyebutkan manfaat dari perubahan wujud benda
8.
Siswa menjelaskan cara perubahan wujud benda padat,
cair, dan gas atau udara
9.
Siswa membuat kesimpulan tentang perubahan wujud benda,
sifat-sifat benda serta manfaat dan cara perubahan wujud benda
·
Konsulidasi
1.
Guru bersama siswa melakukan pembahasan tentang proses
dan hasil kegiatan eksplorasi udara
2.
Guru memberikan pamanfaatan dan penguatan materi bahwa
benda dapat mengalami perubahan
3.
Guru menjelaskan tentang perubahan wujud benda padat,
cair dan gas atau udara
4.
Guru menjelaskan ciri-ciri wujud benda yang mengalami
perubahan wujud dan yang tidak mengalami perubahan wujud benda
5.
Guru menjelaskan tentang proses perubahan wujud benda
6.
Guru menjelaskan benda yang dapat berubah wujud dan
yang tidak dapat berubah wujud
7.
Guru memberikan contoh konkrit perubahan wujud benda
8.
Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang
perubahan wujud benda serta ciri-ciri dan proses perubahan wujud benda
Tag :
Makalah IPA
0 Komentar untuk "Contoh Skenario Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam"