BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Berdasarkan hasil
penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter pada materi
perubahan kenampakan bumi dan benda langit di SDN 1 Kawali Kabupaten Ciamis, maka
dapat diambil beberapa simpulan. Yang pertama, pembelajaran IPA berbasis
karakter di SDN 1 Kawali belum terlaksana. Salah satunya ditandai dengan
perangkat pembelajaran yang digunakan belum mencerminkan pembelajaran IPA
berbasis karakter.
Kedua, untuk mengatasi
belum terlaksananya pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN 1 Kawali,
dirancanglah perangkat pembelajaran berdasarkan model pengembangan perangkat 4D
karya Thiagarajan yang di modifikasi menjadi 3D, yaitu Define (pendefinisian),
Design (Perancangan), Develop (pengembangan). Dalam tahap
perancangan ini dihasilkan rancangan perangkat pembelajaran IPA berbasis
karakter Draft 1 yang dapat digunakan.
Perangkat pembelajaran
ini terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media.
Perangkat pembelajaran ini disusun dengan mengacu pada standar proses dan
peraturan menteri pendidikan nasional. Setelah dirancang, perangkat
pembelajaran draft 1 ini dilakukan
penilaian validasi ahli. Hasil dari penilaian ahli terhadap perangkat
pembelajaran IPA berbasis karakter mempunyai total kevalidan dari para
validator sebesar 4.46. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berada dalam kategori sangat valid. Sehingga dapat dilakukan uji
coba perangkat pembelajaran.
Simpulan ketiga, proses
implementasi perangkat pembelajaran dalam uji coba berdasar dari pengamatan
keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang dilakukan pada uji coba terbatas
adalah 94% terlaksana dengan nilai rata-rata sebesar 3,27, yang berarti RPP
terlaksana dengan kategori baik. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran
yang dikembangkan adalah positif, yaitu sebanyak 87,8% siswa menilai positif
dan 12,2% menilai negatif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Selain itu, hasil
belajar siswa kelas IV SDN 1 Kawali pada materi perubahan kenampakan bumi dan
benda langit mengalami peningkatan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran
IPA berbasis karakter. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA
berbasis karakter ini berpengaruh tehadap peningkatan hasil belajar siswa.
Selain hasil belajar, karakter siswa kelas IV SDN 1 Kawali juga mengalami
peningkatan. Adapun karakter siswa yang dinilai dan mengalami peningkatan dalam
penelitian ini adalah karakter Religius, ingin tahu, percaya diri, sikap
terbuka untuk menerima dan menghargai keberagaman pendapat, disiplin, tanggung
jawab, kerja sama dan peduli lingkungan Hal ini menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran IPA berbasis karakter ini juga berpengaruh tehadap karakter siswa.
Maka,
berdasarkan hasil uji coba produk di lapangan, dihasilkanlah produk akhir
perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter yang terdiri dari silabus, RPP,
LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Untuk lebih jelasnya, produk akhir
ini dapat dilihat dalam lampiran C.
B. Saran
Dengan mengidentifikasi
hasil penelitian dan pengalaman selama melaksanakan penelitian untuk pengembangan
perangkat pembelajaran khususnya perangkat pembelajaran IPA yang berbasis
karakter, peneliti memberikan beberapa saran berikut:
1.
Proses penelitian pengembangan merupakan
proses yang cukup rumit, sehingga diperlukan waktu penelitian yang cukup. Oleh
karena itu, dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan dibutuhkan kesiapan
yang matang, khususnya dalam instrumen penelitian yang digunakan agar waktu
yang tersedia bisa digunakan dengan lebih efektif.
2.
Untuk lebih meningkatkan kualitas
pelaksanaan pendidikan karakter, sebaiknya perlu dilakukan monitoring terhadap
pelaksanaan pembelajaran termasuk penilaian perangkat pembelajaran yang digunakan
agar guru sebagai pelaksana pendidikan karakter di lapangan bisa dengan tepat
melaksanakan pembelajaran berbasis karakter.
3.
Perangkat pembelajaran ini hendaknya
diuji cobakan juga pada kelas lain atau sekolah-sekolah lain, serta
dikembangkan untuk pokok bahasan yang lain, karena berdasarkan pengamatan yang
dilakukan pada uji coba hasil belajar siswa meningkat serta dapat berpengaruh
terhadap karakter siswa.
0 Komentar untuk "Contoh Bab V Simpulan dan Saran dalam Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)"