3.
Jenis dan Pengembangan
Instrumen Penelitian
“Instrumen penelitian adalah suatu alat
yang digunakan mengukur fenomena alammaupun sosial yang diamati” (Sugiyono, 2009
: 148). Instrumen ini dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan data.
Adapun instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini sebagai berkut :
Tabel
4
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data, Instrumen yang
digunakan
No
|
Jenis Data
|
Teknik
Pengumpulan Data
|
Instrumen
|
Sumber data
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
1
|
Pembelajaran
IPA di SDN 1 ... pada subtema daur air
|
Observasi
|
Format observasi
|
Pendidik
dan peserta didik Kelas
V SD
|
2
|
Rancangan multimedia pembelajaran pada
subtema daur air di kelas V SDN 1 ...
|
Wawancara
|
Pedoman wawancara
|
Pendidik kelas V SD
|
3
|
Validasi pengembangan rancangan multimedia
pembelajaraan berbasis scientific pada subtema daur air di kelas V SDN 1 ...
|
Validasi Ahli
|
Angket
|
Validator ahli
|
4
|
Hasil belajar peserta didik pada
subtema daur air di kelas V SDN 1 ...
|
Tes Hasil Belajar
|
Pilihan Ganda
|
Peserta didik kelas V SD
|
5
|
Penanaman sikap sains atau sainstific
|
Observasi
|
Format Observasi
|
Peserta didik kelas V SD
|
4.
Prosedur
Penelitian
Telah dikemukakan sebelumnya bahwa
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model
pengembangan 4-D. Mode ini terdiri atas 4 tahap utama, yaitu (1) Define (pembatasan), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan
(4) Disseminate (penyebaran). Namun, pada
penelitian ini dimodifikasi oleh peneliti menjadi 3-D.
Secara garis besar tahapan dalama model
4-D adalah sebagai beerikut:
a.
Tahapan Pendefinisian (Define). Tujuan dari tahap ini adalah
menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran diawali dengan
analisis tujuan dari batasan materi yang dikembangkan perangkatnya. Dalam tahap
ini meliputi lima langkah pokok, yaitu analisis ujung depan, analisis peserta
didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran.
b.
Tahapan
Design (perancangan). Tujuan
dari tahap ini adalah menyiapkan rancangan perangkat pembelajaran. Tahap ini
terdiri dari tiga langkah pokok, yaitu penyusunan tes, pemilihan media, dan
pemilihan format perangkat pembelajaran.
c.
Tahap pengembangan. Tujuan tahap ini
adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi
berdasarkan masukan daari pakar dan hasil ujicoba lapangan. Tahap ini meliputi
validaaasi perrangkat oleh ahli, revisi, dan ujicoba kepada peserta didik.
d.
Tahap Pendiseminasian (Disseminate). Tahai ini merupakan tahap
penggunaan perangkat yang telah dikembangkan pada skala yang lebih luas misalnya
di kelas lain, di sekolah lain, oleh guru yang lain. Tujuan lain adalah untuk
menguji efektivitas penggunaan perangkat di dalam KBM.
Tag :
Proposal Tematik
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Jenis dan Pengembangan Instrumen Penelitian dan Prosedur Penelitian dalam Proposal Tematik"