katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Jenis dan Pengembangan Instrumen Penelitian dan Prosedur Penelitian dalam Proposal Tematik


3.        Jenis dan Pengembangan Instrumen Penelitian
“Instrumen penelitian adalah suatu alat yang digunakan mengukur fenomena alammaupun sosial yang diamati” (Sugiyono, 2009 : 148). Instrumen ini dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan data.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berkut :
Tabel 4
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data, Instrumen yang digunakan
No
Jenis Data
Teknik Pengumpulan Data
Instrumen
Sumber data
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
1
Pembelajaran IPA di SDN 1 ... pada subtema daur air
Observasi
Format observasi
Pendidik dan peserta didik Kelas V SD
2
Rancangan multimedia pembelajaran pada subtema daur air di kelas V SDN 1 ...
Wawancara
Pedoman wawancara
Pendidik kelas V SD
3
Validasi pengembangan rancangan multimedia pembelajaraan berbasis scientific pada subtema daur air di kelas V SDN 1 ...
Validasi Ahli
Angket
Validator ahli
4
Hasil belajar peserta didik pada subtema daur air di kelas V SDN 1 ...
Tes Hasil Belajar
Pilihan Ganda
Peserta didik kelas V SD
5
Penanaman sikap sains atau sainstific
Observasi

Format Observasi
Peserta didik kelas V SD

4. Prosedur Penelitian
Telah dikemukakan sebelumnya bahwa penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D. Mode ini terdiri atas 4 tahap utama, yaitu (1) Define (pembatasan), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini dimodifikasi oleh peneliti menjadi 3-D.
Secara garis besar tahapan dalama model 4-D adalah sebagai beerikut:
a.         Tahapan Pendefinisian (Define). Tujuan dari tahap ini adalah menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran diawali dengan analisis tujuan dari batasan materi yang dikembangkan perangkatnya. Dalam tahap ini meliputi lima langkah pokok, yaitu analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran.
b.        Tahapan  Design (perancangan). Tujuan dari tahap ini adalah menyiapkan rancangan perangkat pembelajaran. Tahap ini terdiri dari tiga langkah pokok, yaitu penyusunan tes, pemilihan media, dan pemilihan format perangkat pembelajaran.
c.         Tahap pengembangan. Tujuan tahap ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi berdasarkan masukan daari pakar dan hasil ujicoba lapangan. Tahap ini meliputi validaaasi perrangkat oleh ahli, revisi, dan ujicoba kepada peserta didik.
d.        Tahap Pendiseminasian (Disseminate). Tahai ini merupakan tahap penggunaan perangkat yang telah dikembangkan pada skala yang lebih luas misalnya di kelas lain, di sekolah lain, oleh guru yang lain. Tujuan lain adalah untuk menguji efektivitas penggunaan perangkat di dalam KBM.
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Jenis dan Pengembangan Instrumen Penelitian dan Prosedur Penelitian dalam Proposal Tematik"

Back To Top