B.
PERUMUSAN MASALAH
1. Identifikasi
dan Analisis Masalah
Berdasarkan hasil observasi dalam
mengidentifikasi masalah ditemukan sebagian besar siswa kurang antusias dalam
pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan.
Adapun identifikasi masalah dari
kegiatan observasi yang telah dilakukan pada pembelajaran matematika tentang
menjumlah bilangan pecahan sebagai berikut:
1. Siswa
belum mampu menguasai pembelajaran matematika tentang konsep menjumlah bilangan
pecahan.
2. Siswa
enggan untuk mengajukan pertanyaan.
3. Siswa
enggan untuk menjawab pertanyaan.
4. Siswa
kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika.
5. Siswa
kurang berminat pada pembelajaran matematika.
Permasalahan utama yang akan diperbaiki
pada pembelajaran matematika adalah siswa belum mampu menguasai konsep
menjumlah bilangan pecahan. Hal tersebut menjadi fokus masalah dalam penelitian
ini.
2. Rumusan
masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas
secara umum maka permasalahan yang akan diungkapkan jawabannya dalam penelitian
ini adalah: Bagaimana menggunakan pendekatan realistik matematika untuk
meningkatkan kemampuan siswa pada materi tentang menjumlah bilangan pecahan di
kelas IV SDN ... Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut?
Pertanyaan di atas dapat diidentifikasi
dalam sub pertanyaan yang perlu dan layak diselesaikan melalui Penelitian
Tindakan Kelas, yaitu sebagai berikut:
1. Bagaimana
menigkatkan kemampuan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) matematika
tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika di
kelas IV SDN ...?
2. Bagaimana
meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika tentang
menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika agar proses
pembelajaran di kelas IV SDN ... menjadi berkualitas?
3. Bagaimana
hasil belajar tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik
matematika bagi siswa di kelas IV SDN ...?
0 Komentar untuk "Berdasarkan Hasil Observasi Dalam Mengidentifikasi Masalah Ditemukan Sebagian Besar Siswa Kurang Antusias Dalam Pembelajaran Matematika"