katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Berdasarkan Hasil Observasi Dalam Mengidentifikasi Masalah Ditemukan Sebagian Besar Siswa Kurang Antusias Dalam Pembelajaran Matematika


B.       PERUMUSAN MASALAH
1.      Identifikasi dan Analisis Masalah
Berdasarkan hasil observasi dalam mengidentifikasi masalah ditemukan sebagian besar siswa kurang antusias dalam pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan.
Adapun identifikasi masalah dari kegiatan observasi yang telah dilakukan pada pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan sebagai berikut:
1.  Siswa belum mampu menguasai pembelajaran matematika tentang konsep menjumlah bilangan pecahan.
2.  Siswa enggan untuk mengajukan pertanyaan.
3.  Siswa enggan untuk menjawab pertanyaan.
4.  Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika.
5.  Siswa kurang berminat pada pembelajaran matematika.
Permasalahan utama yang akan diperbaiki pada pembelajaran matematika adalah siswa belum mampu menguasai konsep menjumlah bilangan pecahan. Hal tersebut menjadi fokus masalah dalam penelitian ini.
2.      Rumusan masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas secara umum maka permasalahan yang akan diungkapkan jawabannya dalam penelitian ini adalah: Bagaimana menggunakan pendekatan realistik matematika untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi tentang menjumlah bilangan pecahan di kelas IV SDN ... Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut?
Pertanyaan di atas dapat diidentifikasi dalam sub pertanyaan yang perlu dan layak diselesaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas, yaitu sebagai berikut:
1.    Bagaimana menigkatkan kemampuan guru dalam merancang rencana  pelaksanaan pembelajaran (RPP) matematika tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika di kelas IV SDN ...?
2.    Bagaimana meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika agar proses pembelajaran di kelas IV SDN ... menjadi berkualitas?
3.    Bagaimana hasil belajar tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika bagi siswa di kelas IV SDN ...?
0 Komentar untuk "Berdasarkan Hasil Observasi Dalam Mengidentifikasi Masalah Ditemukan Sebagian Besar Siswa Kurang Antusias Dalam Pembelajaran Matematika"

Back To Top