ANALISIS
GAYA BELAJAR
SISWA
YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan kesesuaian gaya belajar
siswa yang menyontek saat ulangan dengan aktivitas belajar mereka sehari-hari,
dimana gaya belajar ini difokuskan pada tiga gaya belajar Visual, Auditorial,
atau Kinestetik. Dilakukan di kelas IV SD Negeri ...
Kecamatan ... Kota .... Gaya belajar
yang cocok dan pas akan memudahkan memahami dan menyerap pelajaran. Dan
diketahui saat ulangan ada siswa menyontek disebabkan oleh kesulitannya dalam
mengerjakan soal ulangan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum memahami dan
menyerap pelajaran dengan baik. Maka pada penelitian ini terfokus untuk
menganalisis gaya belajar siswa yang teridentifikasi menyontek saat ulangan. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui kesesuaian aktivitas belajar dengan kecenderungan gaya
belajar siswa dalam menyerap pelajaran guna memberikan solusi kepada siswa
untuk belajar sesuai dengan gayanya agar memudahkannya dalam menyerap
pelajaran. Juga memberikan solusi yang
dilakukan guru dalam upaya menghadapi keragaman gaya belajar siswa di kelas
guna menghilangkan
perilaku menyontek siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus.
Studi kasus adalah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk menyelidiki
fenomena dalam konteks kehidupan nyata. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan
wawancara untuk tiga indikator data yang dikumpulkan. Karena dalam studi kasus
hendaknya mendapatkan bukti dari dua atau lebih sumber, namun menyatu dengan
serangkaian fakta atau temuan yang sama, sehingga tidak terbatas pada sebuah
sumber bukti tunggal. Hasil penelitiannya adalah pada umumnya siswa yang
teridentifikasi menyontek memiliki gaya belajar visual, beberapa siswa masih
belum melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan gaya belajarnya, walaupun
ada yang sudah sesuai itupun belum optimal, ada beberapa karakteristik gaya
belajarnya yang tidak sesuai dengan aktivitas belajar yang dilakukannya. Maka
upaya yang harus dilakukan guru adalah menjadi guru yang kreatif dalam mengajar
dengan selalu memperhatikan karakteristik gaya belajar setiap siswa di kelas.
Sehingga hal yang dapat memudahkan guru dalam mengetahui karakteristik siswa
adalah melakukan tes gaya belajar siswa pada awal tahun ajaran agar dapat
mendorong siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran dan memahami setiap
perilaku siswa yang muncul saat belajar di kelas.
Kata kunci:
Studi Kasus, Menyontek, Gaya Belajar.
Tag :
Skripsi Bahasa Indonesia
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi Bahasa Indonesia Tentang Analisis Gaya Belajar Siswa Yang Menyontek Saat Ulangan "