BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pendidikan
anak usia pra sekolah mempunyai peran yang sangat fundamental dalam menyiapkan
generasi unggul di masa mendatang. Kondisi perkembangan masih sangat
memperihatinkan hingga dewasa ini. Dengan adanya hal tersebut banyak perhatian
atau sikap peduli dari para ahli pendidikan dan masyarakat terhadap pendidikan
pra sekolah.
Alasan
dan tujuan penyelenggaraan pendidikan pra sekolah memang berbeda satu sama lain
tergantung pada persepsi dan kepentingan masing - masing. Pendidikan pra
sekolah sebagai kegiatan mengisi waktu anak, untuk menitipkan anak sibuk
bekerja, untuk mempercepat proses perkembangan anak, untuk sosialisasi anak
sebelum masuk Sekolah Dasar (SD). Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka
pemerintah atau lembaga -lembaga swasta lainnya mendirikan sekolah pendidikan
usia dini atau pra sekolah.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan bahwa pentingnya
pendidikan pra sekolah untuk anak usia dini dengan adanya pendidikan pra sekolah
anak bisa lebih mengernbangkan bakat dan kreativitas pendidikan pra sekolah
dijadikan bahan dasar untuk pendidikan yang selanjutnya atau pendidikan Sekolah
Dasar (SD).
1.3
Tujuan
Untuk
memenuhi syarat salah satu tugas mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia
Dini tentang Program Pendidikam Pra Sekolah dan memberikan pandangan kepada
mahasiswa khususnya dan khalayak banyak pada umumnya betapa pentingnya
pendidikan pra sekolah.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1
Kesimpulan
Pada
dasarnya pendidikan pra sekolah dimaksudkan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan
perkembangan anak secara optimal dan menyeluruh sesuai norma - norma dan nilai
- nilai kehidupan yang dianut.
A. Fungsi Kurikulum/ Program Bagi
Guru
Kurikulum resmi tergantung pada
upaya mewujudkan keinginan itu, sedangkan keberhasilan upaya ditentukan oleh
berbagai faktor-faktor yang paling mendasar adalah kemampuan seseorang
melakukan upaya dalam mewujudkan apa yang diinginkan guru adalah orang yang
bertanggung jawab langsung dalam upaya mewujudkan apa yang tertuang dalam
kurikulum resmi. Guru merupakan serta mengembangkan kurikulum di kelas.
B. Cara Mengembangkan Kurikulum
Langkah-langkah pengembangan
kurikulum yaitu menentukan tujuan, menentukan isi merusmuskan kegiatan belajar
mengajar/ metode mengadakan evaluasi.
C. Tujuan dan fungsi
Pendidikan pra sekolah mempunyai
tujuan dan fungsi yaitu menjadikan anak untuk lebih kreatif, imajinatif,
beraqidah dan mempunyai rasa sosial selain ilmu pengetahuan untuk bekalnya
melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya
D. Karakteristik Program Pendidikan
Pra Sekolah
Program pendidikan pra sekolah
harus terencana dan dirancang secara maksimal, dan menperhatikan prinsip -
prinsip yang dapat mengembangkan fisik dan psikologis anak didik.
E. Materi Program Pendidikan Pra Sekolah
Untuk
lebih memudahkan anak mencerna dan memahami pelajaran yang disampaikan guru
maka guru harus memberikan tema - tema yang dekat dengan diri dan lingkungan
anak didik, konkret dan lebih mengembangkan keterampilan, intelektual, sosial
dan emosional melalui pamainan yang menyenangkan. Sesuai dengan prinsip Taman
Kanak - Kanak yaitu "Bermain sambil belajai”.
3.2
Saran
Diharapkan adanya
perhatian dari para tokoh pendidikan dan masyarakat betapa pentingnya fungsi
dan tujuan pendidikan pra sekolah sebagai usaha untuk mempersiapkan fisik dan
Psikologis anak didik memasuki pendidikan dasar.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Kompetensi Propesi Anak Usia Dini Tentang Program Pendidikan Pra Sekolah"