katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Makalah Psikologi Tentang Satuan Kegiatan Harian (SKH) Tema : Tumbuhan


BAB I

PENDAHULUAN





1.1    Latar Belakang

Taman Kanak-kanak adalah salah satu bentuk pendidikan yang menyediakan pendidikan bagi anak usia 4 tahun sampai memasuki pendidikan dasar, atas dasar keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0486/V/92 tentang Taman Kanak-kanak yang bertujuan :

·         Membantu melestarikan dasar ke arah perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan, daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka perlu ada perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Taman Kanak-kanak yang meliputi :

1.       Bagaimana memilih bahan

2.       Harus ada sumber belajar

3.       Memakai methode/ teknik yang tepat sehingga guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan bermakna





1.2    Tujuan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

1.       Sebagai salah satu tugas individu, mata kuliah psikologi perkembangan III

2.       Agar guru dapat membuat perencanaan kegiatan yang sesuai dengan usia dan tingkat penalaran anak

3.       Agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik, setelah memberikan rasa aman dan menyenangkan bagi anak didik.

4.       Agar perkembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar diri anak didik dapat tercapai secara optimal

5.       Untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran di Taman Kanak-kanak

6.       Untuk memenuhi salah satu tugas individu, mata kuliah psikologi perkembangan III.





BAB II
ISI



2.1    Perencanaan Mingguan

Untuk perencanaan mingguan, guru diharapkan membuat SKM (satuan kegiatan mingguan). Di dalam SKM ini berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai kemampuan-kemampuan yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan tema pada minggu itu

2.2    Perencanaan Harian

Dari perencanaan mingguan (SKM) dijabarkan lagi menjadi satuan kegiatan harian (SKH), pada SKH terlihat kegiatan yang bersifat kelompok, individu ataupun klasikal, pada setiap kegiatan ditulis kemampuan apa yang hendak dicapai termasuk jenis kegiatan dan sarananya.

SKH terdiri dari :

1.       Kegiatan pembukaan

2.       Kegiatan inti

3.       Kegiatan makan/ istirahat

4.       Penutup

2.3    Langkah-langkah Pembuatan Satuan Kegiatan Harian (SKH)

Untuk Perencanaan Harian Guru diharapkan membuat SKH

SKH adalah : Rencana kegiatan untuk satu hari yang merupakan penjabaran dari SKM

SKH harus diuraikan lebih lanjut dan mengandung unsur :

Kegiatan, waktu, kemampuan dan penilaian



Langkah-langkah Pembuatannya :

1.      Pelajari SKM

2.      Tentukan dan tuliskan kegiatan yang telah dijabarkan guru sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak dengan memperhitungkan waktu pada kegiatan itu :

1)      Pembukaan ± 30 menit

2)      Inti ± 60 menit

3)      Istirahat /makan ± 30 menit

4)      Penutup ± 30 menit

Sekaligus teknik dan alat yang digunakan

3.      Tentukan bentuk Kegiatan Ini (kelompok, individual, klasikal).

Apabila memilih kegiatan kelompok tentukan kegiatan kelompok yang diamati/ ditunggui

4.      Pindahkan dan tuliskan semua kemampuan yang ingin dicapai pada hari itu sesuai dengan nomor keode kemampuan dan kegiatan pada SKH.

5.      Pada kolom penilaian dituliskan hasil pelaksanaan kegiatan dan hasil perkembangan kemampuan anak

6.      Tuliskan beberapa kegiatan kelompok dalam inti dan satu kelompok (diberi tanda/ diamati untuk mengetahui/menilai kemampuan/ seluruh anak dalam kemampuan tertentu).






BAB III
PENUTUP



3.1   Kesimpulan dan Saran

Untuk Perencanaan Harian Guru diharapkan membuat SKH

SKH adalah : Rencana kegiatan untuk satu hari yang merupakan penjabaran dari SKM

SKH harus diuraikan lebih lanjut dan mengandung unsur :

Kegiatan, waktu, kemampuan dan penilaian

Langkah-langkah Pembuatannya :

1.      Pelajari SKM

2.      Tentukan dan tuliskan kegiatan yang telah dijabarkan guru sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak dengan memperhitungkan waktu pada kegiatan itu :

1)      Pembukaan ± 30 menit

2)      Inti ± 60 menit

3)      Istirahat /makan ± 30 menit

4)      Penutup ± 30 menit

Sekaligus teknik dan alat yang digunakan




3.      Tentukan bentuk Kegiatan Ini (kelompok, individual, klasikal).

Apabila memilih kegiatan kelompok tentukan kegiatan kelompok yang diamati/ ditunggui

4.      Pindahkan dan tuliskan semua kemampuan yang ingin dicapai pada hari itu sesuai dengan nomor keode kemampuan dan kegiatan pada SKH.

5.      Pada kolom penilaian dituliskan hasil pelaksanaan kegiatan dan hasil perkembangan kemampuan anak

6.      Tuliskan beberapa kegiatan kelompok dalam inti dan satu kelompok (diberi tanda/ diamati untuk mengetahui/menilai kemampuan/ seluruh anak dalam kemampuan tertentu).

3.2   Saran

Adapun saran yang ingin penyusun sampaikan, salah satunya guru diharapkan bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan garis-garis besar program Kegiatan Belajar Mengajar TK 1994 (GBP TK tahun 1994).





DAFTAR PUSTAKA





1.       Praja, Sofia (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak (PKB TK tahun 1994). Program Guru Taman Kanak-kanak Islam (PGTK) Tasikmalaya.



2.       Taman Taman Kanak-kanak dan Ravahatul Athfal. (2004). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi. Program Guru Taman Kanak-kanak Islam (PGTK) Tasikmalaya.



3.       Pakem di Taman Kanak-kanak (2003). Departemen Pendidikan Nasional, Direkorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Psikologi Tentang Satuan Kegiatan Harian (SKH) Tema : Tumbuhan"

Back To Top