BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Taman Kanak-kanak adalah salah satu bentuk
pendidikan yang menyediakan pendidikan bagi anak usia 4 tahun sampai memasuki
pendidikan dasar, atas dasar keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.
0486/V/92 tentang Taman Kanak-kanak yang bertujuan :
·
Membantu melestarikan dasar ke arah perkembangan
sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan, daya cipta yang diperlukan oleh
anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan
serta perkembangan selanjutnya.
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka perlu
ada perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Taman Kanak-kanak yang
meliputi :
1.
Bagaimana memilih bahan
2.
Harus ada sumber belajar
3.
Memakai methode/ teknik yang tepat sehingga guru dapat
menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan bermakna
1.2
Tujuan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai
berikut :
1.
Sebagai salah satu tugas individu, mata kuliah
psikologi perkembangan III
2.
Agar guru dapat membuat perencanaan kegiatan yang
sesuai dengan usia dan tingkat penalaran anak
3.
Agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik,
setelah memberikan rasa aman dan menyenangkan bagi anak didik.
4.
Agar perkembangan pembentukan perilaku dan pengembangan
kemampuan dasar diri anak didik dapat tercapai secara optimal
5.
Untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran di Taman
Kanak-kanak
6.
Untuk memenuhi salah satu tugas individu, mata kuliah
psikologi perkembangan III.
BAB II
ISI
2.1
Perencanaan Mingguan
Untuk perencanaan mingguan, guru diharapkan membuat
SKM (satuan kegiatan mingguan). Di dalam SKM ini berisi kegiatan-kegiatan dalam
rangka mencapai kemampuan-kemampuan yang telah direncanakan dalam satu minggu
sesuai dengan tema pada minggu itu
2.2
Perencanaan Harian
Dari perencanaan mingguan (SKM) dijabarkan lagi
menjadi satuan kegiatan harian (SKH), pada SKH terlihat kegiatan yang bersifat
kelompok, individu ataupun klasikal, pada setiap kegiatan ditulis kemampuan apa
yang hendak dicapai termasuk jenis kegiatan dan sarananya.
SKH terdiri dari :
1.
Kegiatan pembukaan
2.
Kegiatan inti
3.
Kegiatan makan/ istirahat
4.
Penutup
2.3
Langkah-langkah Pembuatan Satuan Kegiatan Harian
(SKH)
Untuk Perencanaan Harian Guru diharapkan membuat SKH
SKH adalah : Rencana kegiatan untuk satu hari yang merupakan penjabaran
dari SKM
SKH harus diuraikan lebih lanjut dan mengandung unsur :
Kegiatan, waktu, kemampuan dan penilaian
Langkah-langkah Pembuatannya :
1.
Pelajari SKM
2.
Tentukan dan tuliskan kegiatan yang telah dijabarkan
guru sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak
dengan tahapan perkembangan anak dengan memperhitungkan waktu pada kegiatan itu
:
1)
Pembukaan ± 30 menit
2)
Inti ± 60 menit
3)
Istirahat /makan ± 30 menit
4)
Penutup ± 30 menit
Sekaligus teknik dan alat yang digunakan
3.
Tentukan bentuk Kegiatan Ini (kelompok, individual,
klasikal).
Apabila memilih kegiatan kelompok tentukan kegiatan kelompok yang
diamati/ ditunggui
4.
Pindahkan dan tuliskan semua kemampuan yang ingin
dicapai pada hari itu sesuai dengan nomor keode kemampuan dan kegiatan pada
SKH.
5.
Pada kolom penilaian dituliskan hasil pelaksanaan
kegiatan dan hasil perkembangan kemampuan anak
6.
Tuliskan beberapa kegiatan kelompok dalam inti dan satu
kelompok (diberi tanda/ diamati untuk mengetahui/menilai kemampuan/ seluruh
anak dalam kemampuan tertentu).
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan dan Saran
Untuk Perencanaan Harian Guru diharapkan membuat SKH
SKH adalah : Rencana kegiatan untuk satu hari yang merupakan penjabaran
dari SKM
SKH harus diuraikan lebih lanjut dan mengandung unsur :
Kegiatan, waktu, kemampuan dan penilaian
Langkah-langkah Pembuatannya :
1.
Pelajari SKM
2.
Tentukan dan tuliskan kegiatan yang telah dijabarkan
guru sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak
dengan tahapan perkembangan anak dengan memperhitungkan waktu pada kegiatan itu
:
1)
Pembukaan ± 30 menit
2)
Inti ± 60 menit
3)
Istirahat /makan ± 30 menit
4)
Penutup ± 30 menit
Sekaligus teknik dan alat yang digunakan
3.
Tentukan bentuk Kegiatan Ini (kelompok, individual,
klasikal).
Apabila memilih kegiatan kelompok tentukan kegiatan kelompok yang diamati/
ditunggui
4.
Pindahkan dan tuliskan semua kemampuan yang ingin
dicapai pada hari itu sesuai dengan nomor keode kemampuan dan kegiatan pada
SKH.
5.
Pada kolom penilaian dituliskan hasil pelaksanaan
kegiatan dan hasil perkembangan kemampuan anak
6.
Tuliskan beberapa kegiatan kelompok dalam inti dan satu
kelompok (diberi tanda/ diamati untuk mengetahui/menilai kemampuan/ seluruh
anak dalam kemampuan tertentu).
3.2
Saran
Adapun saran yang ingin penyusun sampaikan, salah
satunya guru diharapkan bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang sesuai
dengan garis-garis besar program Kegiatan Belajar Mengajar TK 1994 (GBP TK
tahun 1994).
DAFTAR PUSTAKA
1.
Praja, Sofia (1994). Program Kegiatan Belajar
Taman Kanak-kanak (PKB TK tahun 1994). Program Guru Taman Kanak-kanak
Islam (PGTK) Tasikmalaya.
2.
Taman Taman Kanak-kanak dan Ravahatul Athfal. (2004). Kurikulum
2004, Standar Kompetensi. Program Guru Taman Kanak-kanak Islam
(PGTK) Tasikmalaya.
3.
Pakem di Taman Kanak-kanak (2003). Departemen
Pendidikan Nasional, Direkorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,
Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.
Tag :
Makalah Psikologi
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Psikologi Tentang Satuan Kegiatan Harian (SKH) Tema : Tumbuhan"