katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas III Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SDN ...
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Tema                                      : Binatang
Kelas / Semester                     : III / 2
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi
Menulis
Mengungkapkan pikiran , perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Kompetensi Dasar
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.
Indikator        :    
1.      Menyusun gambar seri yang disajikan dengan teliti.
2.      Membuat kalimat dengan berani berdasarkan gambar yang disusunnya.
3.      Menggabungkan kalimat dengan hati-hati menjadi sebuah paragraph menggunakan tanda hubung yang benar.
4.      Menggabungkan paragrap menjadi karangan deskripsi dengan tekun berdasarkan susunan gambar seri serta menggunakan ejaan yang benar.
 

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyusun gambar seri yang disajikan dengan teliti.
2.      Siswa dapat membuat kalimat dengan berani berdasarkan gambar yang disusunnya.
3.      Siswa dapat menggabungkan kalimat dengan hati-hati menjadi sebuah paragrap menggunakan tanda hubung yang benar.
4.      Siswa dapat menggabungkan paragrap menjadi karangan deskripsi dengan tekun berdasarkan susunan gambar seri dan menggunakan ejaan yang benar.

B. Materi Pokok       

Menulis
Membaca dan menulis merupakan kegiatan saling mendukung. Membaca untuk menyerap informasi. Menulis untuk mengungkapkan yang ada dalam pikiran.
Kamu telah berlatih menulis karangan agar karanganmu dapat terbaca dengan baik. Kamu melatih kemampuan menulismu.
Berikut tips-tips dalam menulis :
1.        Biasakanlah menulis dengan rapi
2.        Teruslah berlatih tanpa mengenal putus asa
3.        Biasakanlah untuk meminta pendapat pada temanmu.
Kamu telah mengetahui tips-tips menulis. Sekarang ayo menulis.

 
C. Metode      :
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (± 10 menit)
1.      Guru menyapa dan memberi salam kepada siswa.
2.      Guru mengecek kehadiran
3.      Guru memimpin siswa merapikan tempat duduk
4.      Guru dan siswa berdo’a
5.      Guru bertanya tentang pengalaman menulis menulis.
1.      Siswa menjawab sapaan dan salam guru
2.     Menginpormasikan kehadiran
3.     Siswa merapikan  tempat duduknya

4.     Siswa berdo’a
5.     Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pengalaman menulis.



Kegiatan Inti (± 45 menit)
I. Tahap Pra Menulis
1.      Guru menjelaskan teknik penulisan.

2.      Guru menjelaskan maksud yang tersirat dalam gambar.

3.      Guru menyajikan gambar untuk bahan pembelajaran.

1.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang teknik penulisan.
2.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang maksud yang tersirat dalam gambar.
3.      Siswa mengamati gambar yang disajikan sebagai bahan pembelajaran.
II. Tahap Penulisan
1.      Guru menyajikan gambar seri dalam keadaan acak.
2.      Guru menyuruh siswa untuk menyusun gambar seri yang disajikan.
3.     Guru menyuruh siswa untuk menulis kalimat dengan kata-kata sendiri berdasarkan gambar.
4.     Guru menyuruh siswa menggabungkan kalimat menjadi paragrap dengan kata penghubung yang tepat.
5.     Guru menyuruh siswa menggabungkan paragraph menjadi karangan
1.    Siswa mengamati sajian gambar seri yang belum tersusun.
2.    Siswa menyusun gambar yang disajikan.

3.    Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar yang telah disusun.
4.    Siswa menggabungkan kalimat dengan menjadi paragrap dengan menggunakan kata penghubung yang tepat.
5.    Siswa menggabungkan paragrap menjadi karangan beradasrkan gambar seri yang telah disusunnya
III. Tahap Pasca Penulisan
1.      Guru menyuruh beberapa siswa membaca ulang tulisanya.
2.      Guru menyuruh siswa mengoreksi tulisanya sendiri.
3.      Guru mengoreksi tulisan siswa
1.      Beberapa siswa membaca ulang tulisanya.
2.      Siswa mengoreksi tulisanya sendiri.
3.      Siswa menyerahkan tulisanya kepada guru untuk dikoreksi tulisannya.
Kegiatan Akhir  (± 15 menit)
1.      Guru mengumpulkan hasil tulisan siswa.
2.      Guru memberikan tindak lanjut.

3.      Guru menutup pelajaran diakhiri dengan salam dan do’a
1.     Siswa mengumpulkan hasil tulisan

2.      Siswa menyimak tugas yang harus dikerjakan dirumah..
3.      Siswa menjawab salam dan berdo’a untuk mengakhiri pelajaran.

E. Suber / Media                   :
Sumber                       : Kurikulum KTSP 2006
                                                  Buku Aku Bangga Bahasa Indonesia kelas  III
             Media                         : Gambar Peristiwa

F. Penilaian                            :
            a. Jenis Tes                  : Tertulis
            b. Prosedur Penilaian  : Penilaian proses belajar
                                                  Penilaian hasil belajar.
            c. Alat Penilaian          : Soal tes terlampir
Tag : RPP
0 Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas III Semester 2"

Back To Top