RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN ...
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Tema : Binatang
Kelas
/ Semester : III / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
(1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
Menulis
Mengungkapkan
pikiran , perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Kompetensi Dasar
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik.
Indikator :
1.
Menyusun
gambar seri yang disajikan dengan teliti.
2.
Membuat
kalimat dengan berani berdasarkan gambar yang disusunnya.
3.
Menggabungkan
kalimat dengan hati-hati menjadi sebuah paragraph menggunakan tanda hubung yang
benar.
4.
Menggabungkan
paragrap menjadi karangan deskripsi dengan tekun berdasarkan susunan gambar seri
serta menggunakan ejaan yang benar.
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menyusun gambar seri yang disajikan dengan teliti.
2.
Siswa
dapat membuat kalimat dengan berani berdasarkan gambar yang disusunnya.
3.
Siswa
dapat menggabungkan kalimat dengan hati-hati menjadi sebuah paragrap
menggunakan tanda hubung yang benar.
4.
Siswa
dapat menggabungkan paragrap menjadi karangan deskripsi dengan tekun
berdasarkan susunan gambar seri dan menggunakan ejaan yang benar.
B. Materi Pokok :
Menulis
Membaca dan menulis merupakan kegiatan
saling mendukung. Membaca untuk menyerap informasi. Menulis untuk mengungkapkan
yang ada dalam pikiran.
Kamu telah berlatih menulis karangan
agar karanganmu dapat terbaca dengan baik. Kamu melatih kemampuan menulismu.
Berikut tips-tips dalam menulis :
1.
Biasakanlah menulis dengan rapi
2.
Teruslah berlatih tanpa mengenal putus
asa
3.
Biasakanlah untuk meminta pendapat pada
temanmu.
Kamu telah mengetahui tips-tips menulis.
Sekarang ayo menulis.
C. Metode :
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (± 10 menit)
|
|
1.
Guru menyapa dan memberi salam kepada siswa.
2.
Guru mengecek kehadiran
3.
Guru memimpin siswa merapikan tempat duduk
4.
Guru dan siswa berdo’a
5.
Guru bertanya tentang pengalaman menulis menulis.
|
1.
Siswa menjawab sapaan dan salam guru
2.
Menginpormasikan kehadiran
3.
Siswa merapikan tempat duduknya
4.
Siswa berdo’a
5.
Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang pengalaman menulis.
|
Kegiatan Inti (± 45 menit)
|
|
I. Tahap Pra Menulis
|
|
1.
Guru menjelaskan teknik penulisan.
2.
Guru menjelaskan maksud yang tersirat dalam gambar.
3.
Guru menyajikan gambar untuk bahan pembelajaran.
|
1.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang teknik penulisan.
2.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang maksud yang tersirat dalam gambar.
3.
Siswa mengamati gambar yang disajikan sebagai bahan pembelajaran.
|
II. Tahap Penulisan
|
|
1.
Guru menyajikan gambar seri dalam keadaan acak.
2.
Guru menyuruh siswa untuk menyusun gambar seri yang disajikan.
3.
Guru menyuruh siswa untuk menulis kalimat dengan kata-kata sendiri
berdasarkan gambar.
4.
Guru menyuruh siswa menggabungkan kalimat menjadi paragrap dengan kata
penghubung yang tepat.
5.
Guru menyuruh siswa menggabungkan paragraph menjadi
karangan
|
1.
Siswa mengamati sajian gambar seri yang belum tersusun.
2.
Siswa menyusun gambar yang disajikan.
3.
Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar yang telah disusun.
4.
Siswa menggabungkan kalimat dengan menjadi paragrap dengan menggunakan
kata penghubung yang tepat.
5.
Siswa menggabungkan paragrap
menjadi karangan beradasrkan gambar seri yang telah disusunnya
|
III. Tahap Pasca Penulisan
|
|
1.
Guru menyuruh beberapa siswa membaca ulang tulisanya.
2.
Guru menyuruh siswa mengoreksi tulisanya sendiri.
3.
Guru mengoreksi tulisan siswa
|
1.
Beberapa siswa membaca ulang tulisanya.
2.
Siswa mengoreksi tulisanya sendiri.
3.
Siswa menyerahkan tulisanya kepada guru untuk dikoreksi tulisannya.
|
Kegiatan Akhir
(± 15 menit)
|
|
1.
Guru mengumpulkan hasil tulisan siswa.
2.
Guru memberikan tindak lanjut.
3.
Guru menutup pelajaran diakhiri dengan salam dan do’a
|
1.
Siswa mengumpulkan hasil tulisan
2.
Siswa menyimak tugas yang harus dikerjakan dirumah..
3.
Siswa menjawab salam dan berdo’a untuk mengakhiri pelajaran.
|
E. Suber / Media :
Sumber :
Kurikulum KTSP 2006
Buku Aku Bangga Bahasa Indonesia kelas III
Media : Gambar Peristiwa
F. Penilaian :
a.
Jenis Tes : Tertulis
b. Prosedur Penilaian : Penilaian proses belajar
Penilaian hasil belajar.
c. Alat Penilaian : Soal tes terlampir
Tag :
RPP
0 Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas III Semester 2"