Silabus
Pembelajaran
Mata Pelajaran : Sains
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Sukamenak 2
Kelas/Semester : III/I
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A. Standar Kompentensi
Siswa mampu memahami ciri dan kebutuhan makhluk
hidup, pertumbuhan makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhinya serta
pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri lingkungan yang sehatdan
lingkungan yang tidak sehat serta pengaruhnya terhadap kesehatan
C. Hasil Belajar
Membandingkan lingkungan yang sehat dan lingkungan
tidak sehat
D. Indikator
-
Membedakan kondisi lingkungan yang sehat dan tidak
sehat
-
Mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan
-
Menjelaskan pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
E. Materi Pokok
Lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
F. Langkah Pembelajaran
1.
Fase Apersepsi
-
Mengkondisikan diri sendiri, siswa dan keadaan kelas
-
Siswa diarahkan untuk menyebutkan lingkungan yang sehat
dan lingkungan yang tidak sehat
-
Siswa diarahkan untuk menyebutkan ciri-ciri lingkungan
yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
2.
Fase Eksplorasi
-
Memberi acuan terhadap materi yang akan diberikan
-
Siswa diarahkan untuk menyimak penjelasan guru tentang
lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
-
Melalui penjelasan guru siswa diberi tugas untuk
dikerjakan secara berkelompok
3.
Fase Konsolidasi
-
Siswa diarahkan untuk melakukan kegiatan percobaan
dalam bentuk tugas kelompok
-
Siswa diarahkan untuk menyimpulkan kegiatan percobaan
4.
Pembentukan Sikap dan Prilaku
Guru menanamkan rasa disiplin, tanggung jawab, kerjasama dan saling
menghargai selama kegiatan serta memberikan respon yang baik selama
pembelajaran berlangsung
G. Sarana dan Sumber Belajar
-
Sarana : Tugas Kelompok
-
Sumber belajar :
- Kurikulum 2004
- Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD
kelas 3
Penerbit Bumi Aksara
H. Penilaian
Bentuk soal : Tulisan
Alat Tes : Tugas Kelompok
I. Lampiran
Sukamenak, September 2006
Kepala Sekolah Dosen Luar Biasa Praktikan
Enok
Sumaryati Ai
Sumiati Ria Saridah Anugrah
NIP : 130 565 581 NIP : 130 644 585 NIM : 042 364
Lampiran
- Ringkasan materi
“Lingkungan yang sehat dan tidak sehat”
Disekitar kita ada udara bersih dan ada udara tercemar.
Udara bersih adalah udara yang mengandung cukup oksigen dan tidak
mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan.
Udara tercemar mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan seperti
debu, bibit penyakit, asap dan terlalu banyak karbondioksida.
Pencemaran udara disekitar kita banyak disebabkan oleh pencemaran asap
kendaraan bermotor, asap pabrik, debu. Bunyi bising kendaraan dan bau busuk
dari sampah juga merupakan bentuk lain dari pencemaran udara.
- Lembar Tugas
TUGAS KELOMPOK
Mata Pelajaran : Sains
Kelas/Semester : III/I
Pokok Bahasan : Udara Bersih dan Udara Tercemar
Kelompok :
Nama : 1.
2.
3.
4.
5.
Cara Kerja
- Ambilah dua buah lembar daun
- Catat tempat daun diperoleh
- Masukan kedua lembar daun ke dalam 2 gelas yang berisi air
- Aduk –aduklah sehingga debu yang ada didaun bercampur dengan air
- Selidikilah daun didaerah mana yang mengandung debu
- Tulis kesimpulan mu
Isi tabel di bawah ini !
Daun ditemukan |
Debu
pada daun
|
|
|
- Format Penilaian
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Minat
beraktivitas
|
Aktif
dalam kegiatan
|
Mengahargai
orang lain
|
Ketepatan
melaksanakan tugas
|
||
|
|
|
|
|
|
- Kriteria Penilaian
SK : Sangat Kurang
K : Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Sangat Baik
Tag :
Silabus
0 Komentar untuk "Contoh Silabus Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Kelas Tiga Semester Satu"