ANALISIS KESULITAN SISWA PADA ASPEK BERBICARA
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
(Studi Kasus Pembelajaran bahasa Inggris Kelas V di RSBI SDN ... Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)
ABSTRAK
Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris siswa kelas
V Sekolah Dasar (SD). Penelitian bertujuan untuk menjawab rumusan
masalah sebagai berikut: Apa saja
jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara
dalam belajar bahasa Inggris?; Apa faktor penyebab kesulitan siswa pada aspek
keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?; Bagaimana upaya guru
untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar
bahasa Inggris?. Menurut Hornby (Suci, 2005: 8) ‘Difficulty is the state or quality of being difficult; trouble or
effort that something involves’.
Metode penelitian yang
digunakan adalah studi kasus dalam penelitian kualitatif. Fokus
penelitian ini adalah kesulitan siswa pada dua aspek keterampilan berbicara
yaitu pronunciation dan grammar. Namun grammar dalam penelitian ini dibatasi pada bagian-bagian dari Parts of Speech yaitu diantaranya: Noun, Countable noun (Singular and Plural), Pronoun, Adjective, Verb, Adverb, Preposition, dan Conjunction. Untuk
memperoleh data yang objektif, penulis menggunakan teknik
wawancara dan observasi. Subyek
dalam penelitian ini adalah beberapa informan yang telah ditentukan diantaranya
kepala sekolah SDN ..., satu orang guru bahasa Inggris
SDN ..., dan 15 orang siswa kelas V SDN ....
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SDN ...
mengalami kesulitan dalam pronunciation dan
grammar. Siswa masih banyak melakukan
kesalahan dalam melafalkan kata-kata bahasa Inggris atau misspronunciation. Kemudian sebagian besar siswa belum menguasai grammar. Siswa tidak mengetahui bagian-bagian parts of speech berikut penggunaannya dalam kalimat. Faktor
penyebab kesulitan siswa dalam pronunciation
dan grammar diantaranya kemampuan
menyimak siswa, siswa jarang sekali berbicara bahasa Inggris di kelas karena
kurangnya keberanian, dan siswa jarang sekali berlatih berbicara bahasa Inggris
baik di sekolah maupun di rumah. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa
dalam berbicara diantaranya; guru memunculkan minat terlebih dahulu terhadap
pembelajaran bahasa Inggris yaitu memunculkan figur guru yang menyenangkan
siswa. Kemudian pelajaran berbicara lebih ditekankan kepada praktek di kelas. Dalam
dua jam pelajaran dibagi dua, satu jam pelajaran guru mengarahkan dan satu jam
pelajaran lagi praktek. Selain itu,
guru selalu mengingatkan siswa agar terus latihan di rumah masing-masing. Direkomendasikan
kepada siswa agar sering praktek berbicara dan menghayati setiap kalimat yang
diucapkan, serta memanfaatkan game, lagu-lagu berbahasa Inggris, televisi,
film, dan Internet untuk belajar bahasa Inggris dengan arahan guru bahasa
Inggris.
Tag :
Abstrak,
Skripsi Bahasa Inggris
0 Komentar untuk "Penelitian Ini Mendeskripsikan Kesulitan Berbicara Dalam Bahasa Inggris (Abstrak)"