katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Hasil Pengamatan Dan Pengisian Angket Karakter Siswa dalam Skripsi IPA


Dari hasil pengamatan dan pengisian angket karakter siswa, hasil yang diperoleh tidak jauh berbeda. Penghitungan dengan menggunakan angket sebanyak 100% siswa berada dalam kategori sangat tinggi, sedangkan melalui pengamatan sebanya 88% siswa yang berada dalam kategori sangat tinggi, sementara sisanya sebanyak 12% siswa berada dalam kategori tinggi. Maka, karena perbedaan hasil penilaian terhadap angket yang tidak begitu jauh berbeda, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini dapat berpengaruh terhadap penanaman karakter siswa.
Berdasarkan hasil daripada uji coba yang telah dilakukan, semua aspek yang ditentukan untuk menyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan adalah valid, praktis, efektif, dan berpengaruh terhadap hasil belajar dan karakter siswa telah dipenuhi, maka tahapan pengembangan dapat diakhiri. Nilai validator ahli menunjukkan kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran, uji coba lapangan menyatakan pembelajaran yang dilakukan cukup efektif dan mendapat respon positif dari siswa. Meskipun demikian tetap ada beberapa revisi yang harus dilakukan untuk mendapatkan Draf III atau perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter (akhir). Berikut hasil analisis dan revisi perangkat pembelajaran:
Tabel 4.35
Revisi Hasil Uji Coba
No
Aspek
Sebelum
Sesudah
1.
Bahan Ajar
Bentuknya ½ A4
Bentuknya A4
2.
Media Pembelajaran
-
Bentuknya diperbesar
B.      Pembahasan
Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN 1 ... belum muncul. Maka, dirancanglah perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter melalui model pengembangan 4-D. Perangkat Pembelajaran ini berdasarkan penilaian para ahli memiliki nilai kevalidan dan kepraktisan serta setelah melalui tahap uji coba, perangkat pembelajaran ini memiliki nilai keefektifan yang cukup. Sehingga, syarat kepraktisan, kevalidan, dan keefektifan sebuah perangkat pembelajaran yang diajukan Nieveen terpenuhi.
0 Komentar untuk "Contoh Hasil Pengamatan Dan Pengisian Angket Karakter Siswa dalam Skripsi IPA"

Back To Top