F. Definisi Istilah
Perangkat pembelajaran
adalah kerangka konseptual yang menggambarkan rencana atau pola pembelajaran
untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan dijadikan pedoman untuk
mengembangkan perangkat pembelajaran.
Pembelajaran berbasis
karakter adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang
dan dilakukan untuk menjadikan siswa menguasai kompetensi secara utuh yaitu
tidak hanya menguasai pengetahuan tetapi juga mengenal, menyadari/peduli, dan
menginternalisasi nilai-nilai dan perilaku menjadikannya sebagai karakter.
Perangkat pembelajaran IPA
berbasis karakter adalah perangkat pembelajaran IPA yang mengintegrasikan
nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan dimensi
kognitif, afektif, dan psikomotor pada diri siswa.
Materi perubahan
kenampakan bumi dan benda langit adalah materi pembelajaran IPA di kelas IV
yang membahas mengenai perubahan kenampakan permukaan bumi dan langit. Materi
ini terdiri dari beberapa Standar kompetensi dan Kompetensi dasar. Standar
kompetensi dan Kompetensi dasar dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Tabel 3.1
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda
Langit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
|
9.1
Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
|
9.2 Mendeskripsikan
posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
|
Karakter yang diharapkan
dapat muncul melalui pembelajaran pada materi perubahan kenampakan bumi dan
benda langit adalah Religius, rasa ingin tahu, percaya diri, sikap terbuka
untuk menerima dan menghargai keberagaman, disiplin, tanggung jawab, peduli
lingkungan, kerja sama dan teliti.
G. Instrumen Penelitian
“Instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas
yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih
mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, lengkap dan sistematis
sehingga lebih mudah diolah” (Arikunto, 2010 : 203). Instrumen ini
dibuat dengan tujuan untuk
mengumpulkan data.
Dalam penelitian ini terdapat
dua kelompok instrumen yang digunakan. Kelompok instrumen yang pertama
digunakan pada saat tahap pendefinisian dan perancangan, sedangkan kelompok
instrumen yang kedua digunakan dalam tahap pengembangan.
Adapun instrumen dalam
penelitian ini dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:
Tabel 3.2
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data,
Instrumen yang digunakan
No
|
Jenis Data
|
Teknik
Pengumpulan Data
|
Instrumen
|
Sumber data
|
Tahapan
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
|
1.
|
Pembelajaran IPA
Berkarakter di SDN ...
|
Wawancara bebas
|
Pedoman wawancara
|
Guru Kelas SDN ...
|
Perancangan
|
2.
|
Pembelajaran IPA
Berkarakter di SDN ...
|
Studi Dokumentasi
|
Check-list
|
Arsip SDN ...
|
Perancangan
|
3.
|
Pembelajaran IPA
Berkarakter di SDN ...
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
Arsip SDN ...
|
Perancangan
|
Tabel 3.2
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data,
Instrumen yang digunakan
(Lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
|
4.
|
Validasi rancangan
desain pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
|
Validasi Ahli
|
Kuesioner/ angket
|
Validator ahli
|
Perancangan
|
5.
|
Hasil belajar Siswa
|
Tes Hasil Belajar
|
Pilihan Ganda,
|
Siswa Kelas IV SDN ...
|
Pengembang-an
|
6.
|
Keterlaksanaan Pembelajaran
|
Observasi
|
Format Observasi
|
Peneliti
|
Pengembang-an
|
7.
|
Penanaman karakter siswa
|
Penilaian Diri Sendiri (Self-assessment)
|
Angket
|
Siswa Kelas IV SDN ...
|
Pengembang-an
|
8.
|
Respon siswa terhadap pembelajaran
|
Penilaian sikap
|
Angket
|
Siswa Kelas IV SDN ...
|
Pengembang-an
|
1.
Instrumen pada tahap Pendefinisian dan Perancangan
Dalam tahap
pendefinisian, instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar
pengamatan (observasi), dan checklist.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam tahap pendefinisian dan
perancangan ini terlebih dahulu dikonsultasikan kepada pembiming.
2.
Instrumen Pada Tahap Pengembangan
Instrumen
pada tahap pengembangan yang digunakan adalah lembar telaah perangkat
pembelajaran, tes hasil belajar, angket penanaman karakter, dan lembar
observasi penanaman karakter siswa. Untuk lembar telaah perangkat pembelajaran
dikembangkan berdasarkan kriteria-kriteria pengembangan perangkat pembelajaran.
Untuk tes hasil belajajar dibuat dengan mengacu kepada Standar kompetensi,
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran. Sedangkan lembar observasi dan angket
penanaman karakter siswa dikembangkan dengan mengacu pada indikator penanaman
karakter.
Tabel 3.3
Kisi-kisi Instrumen Soal Tes Penguasaan
Siswa
Tentang Konsep Perubahan Kenampakan Bumi
dan Benda Langit
Sub Materi Pokok
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Kunci Jawaban
|
Aspek Kognitif
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
1. Perubahan
Kenampakan Bumi
|
Menyatakan pengertian perubahan kenampakan bumi
|
1, 18
|
b, b
|
C1
|
|
Menyebutkan penyebab terjadinya perubahan kenampakan bumi, yaitu karena
air, udara, dan kebakaran
|
2, 17, 19
|
d, c,
c
|
C1
|
|
Memberi contoh peristiwa perubahan kenampakan bumi yang disebabkan oleh
air
|
3, 16,
20
|
b, b,
c
|
C2
|
|
Memberi contoh peristiwa perubahan kenampakan bumi yang disebabkan oleh
udara
|
4, 15,
21
|
c, c,
d
|
C2
|
|
Memberi contoh peristiwa perubahan kenampakan bumi yang disebabkan oleh
kebakaran
|
5, 14,
22
|
d, b,
d
|
C2
|
Tabel 3.3
Kisi-kisi Instrumen Soal Tes Hasil Belajar
Siswa
(Lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
|
Menggambarkan akibat perubahan kenampakan bumi
|
6, 13
|
c, c
|
C3
|
2. Perubahan
Kenampak-an Benda Langit
|
Menyebutkan posisi bumi, bulan, dan matahari
|
7, 12,
25
|
b, b,
a
|
C1
|
Menjelaskan dampak posisi bumi, bulan dan matahari terhadap kenampakan
bulan
|
8, 11,
24
|
b, b,
d
|
C2
|
|
Menggambarkan perubahan kenampakan bulan dalam periode tertentu
|
9, 10,
23
|
b, b,
a
|
C3
|
Keterangan: Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar pembelajaran IPA berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 22 Tahun 2006 (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2008:156)
adapun indikatornya dikembangkan sendiri oleh peneliti.
Tabel 3.4
Kisi-Kisi Instrumen Penilaian Karakter
Siswa (Penilaian Diri)
No
|
Karakter
|
Materi/Bahasan
|
Indikator
|
Pernyataan
|
|
Positif
|
Negatif
|
||||
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
|
1.
|
Religius
|
Perubahan kenampakan bumi dan bulan
|
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut
|
1
|
38
|
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
|
26
|
2
|
|||
Menghargai keindahan alam semesta sebagai ciptaan Tuhan
|
3
|
37
|
Tabel 3.4
Kisi-Kisi Instrumen Penilaian Karakter
Siswa (Penilaian Diri)
(Lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru
|
40
|
4
|
Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan
|
5
|
21
|
|||
3.
|
Disiplin
|
Perubahan kenampakan bulan
|
Patuh pada aturan
|
6
|
24
|
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Mengerjakan tugas tepat waktu
|
7
|
28
|
||
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi guru
|
8
|
27
|
||
4.
|
Kerja sama
|
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Menyelesaikan tugas kelompok secara bersama
|
13
|
9
|
Percaya pada kemampuan anggota kelompok
|
10
|
33
|
|||
Menerima keputusan yang disepakati kelompok
|
17
|
29
|
|||
5.
|
Rasa Ingin Tahu
|
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Selalu berupaya
untuk mengetahui lebih mendalam dari sesuatu yang dipelajari
|
11
|
22
|
Antusias mencari jawaban
|
32
|
15
|
|||
Sering bertanya mengenai materi baru yang dipelajari
|
12
|
34
|
Tabel 3.4
Kisi-Kisi Instrumen Penilaian
Karakter Siswa (Penilaian Diri)
(lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
(f)
|
6.
|
Sikap terbuka untuk menerima dan menghargai
|
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Menghargai karya atau pendapat orang lain
|
20
|
14
|
Memberikan kesempatan kepada teman untuk mengemukakan pendapatnya
|
39
|
25
|
|||
Menerima dan memberikan saran dengan tidak menyinggung perasaan orang
lain
|
41
|
23
|
|||
7.
|
Percaya Diri
|
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Percaya pada kemampuan diri sendiri
|
16
|
36
|
Menerima tugas dan menyelesaikannya dengan penuh percaya diri
|
40
|
42
|
|||
8.
|
Peduli Lingkungan
|
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada
lingkungan alam di sekitarnya
|
18
|
30
|
Mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah
terjadi
|
19
|
35
|
Setelah
penyusunan instrumen selesai, peneliti mengujicobakan instrumen ke sekolah yang
dianggap sama karakteristiknya dengan kelas penelitian. Pelaksanaan uji coba
instrumen ini dilaksanakan secara terbimbing. Pengujian instrumen ini bertujuan
untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan dalam
penelitian.
a.
Validitas
Dalam
suatu penelitian, keabsahan penelitian sering dikaitkan dengan instrumen atau
alat ukur. Suatu alat ukur dikatakan valid atau mempunyai nilai validitas
tinggi apabila alat ukur yang digunakan dapat mengukur apa yang hendak diukur
oleh peneliti. “Validitas merupakan derajat ketepatan antara data yang terjadi
pada objek penelitian dengan data yang dilaporkan oleh peneliti” (Sugiyono,
2010 : 363).
Uji
validitas digunakan untuk mengetahui apakah ada instrumen yang harus dibuang
ataupun diperbaiki karena dianggap tidak relevan. Dalam penelitian ini
perhitungan uji validitas dilakukan dengan bantuan komputer pada program Microsoft
excel 2007. Adapun hasil uji validitas dapat dilihat pada lampiran.
Berdasarkan pengolahan
data menggunakan Microsoft excel 2007 mengenai uji validitas instrumen
soal penguasaan konsep siswa adapun hasil pengujian ditunjukkan pada tabel
berikut.
Tabel 3.5
Hasil Validasi
Instrumen Tes Hasil Belajar
No. Item
|
rhitung
|
rtabel
|
Keterangan
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
1.
|
1.79
|
1.67
|
Valid
|
2.
|
2.24
|
1.67
|
Valid
|
3.
|
3.79
|
1.67
|
Valid
|
4.
|
1.54
|
1.67
|
Tidak Valid
|
5.
|
3.88
|
1.67
|
Valid
|
6.
|
3.25
|
1.67
|
Valid
|
7.
|
3.20
|
1.67
|
Valid
|
8.
|
2.97
|
1.67
|
Valid
|
9.
|
3.29
|
1.67
|
Valid
|
Tabel 3.5
Hasil Validasi Instrumen Tes Hasil Belajar
(lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
10.
|
4.63
|
1.67
|
Valid
|
11.
|
4.89
|
1.67
|
Valid
|
12.
|
3.62
|
1.67
|
Valid
|
13.
|
3.63
|
1.67
|
Valid
|
14.
|
2.87
|
1.67
|
Valid
|
15.
|
3.17
|
1.67
|
Valid
|
16.
|
5.56
|
1.67
|
Valid
|
17.
|
3.88
|
1.67
|
Valid
|
18.
|
3.71
|
1.67
|
Valid
|
19.
|
5.15
|
1.67
|
Valid
|
20.
|
5.35
|
1.67
|
Valid
|
21.
|
3.32
|
1.67
|
Valid
|
22.
|
0.28
|
1.67
|
Tidak Valid
|
23.
|
6.07
|
1.67
|
Valid
|
24.
|
2.46
|
1.67
|
Valid
|
25.
|
2.08
|
1.67
|
Valid
|
Tabel 3.6
Hasil Validasi
Instrumen Angket Penanaman Karakter
No. Item
|
rhitung
|
rtabel
|
Keterangan
|
1.
|
3.17
|
1.70
|
Valid
|
2.
|
1.79
|
1.70
|
Valid
|
3.
|
2.94
|
1.70
|
Valid
|
4.
|
2.84
|
1.70
|
Valid
|
5.
|
1.72
|
1.70
|
Valid
|
Tabel 3.6
Hasil Validasi Instrumen Angket Penanaman
Karakter
(lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
6.
|
2.29
|
1.70
|
Valid
|
7.
|
1.87
|
1.70
|
Valid
|
8.
|
2.25
|
1.70
|
Valid
|
9.
|
1.92
|
1.70
|
Valid
|
10.
|
3.14
|
1.70
|
Valid
|
15.
|
2.87
|
1.70
|
Valid
|
16.
|
2.08
|
1.70
|
Valid
|
17.
|
1.73
|
1.70
|
Valid
|
18.
|
2.53
|
1.70
|
Valid
|
19.
|
2.57
|
1.70
|
Valid
|
20.
|
1.75
|
1.70
|
Valid
|
21.
|
2.27
|
1.70
|
Valid
|
22.
|
3.24
|
1.70
|
Valid
|
23.
|
0.29
|
1.70
|
Tidak Valid
|
24.
|
1.87
|
1.70
|
Valid
|
25.
|
3.87
|
1.70
|
Valid
|
26.
|
3.37
|
1.70
|
Valid
|
27.
|
3.81
|
1.70
|
Valid
|
28.
|
3.79
|
1.70
|
Valid
|
29.
|
2.10
|
1.70
|
Valid
|
30.
|
3.29
|
1.70
|
Valid
|
31.
|
2.06
|
1.70
|
Valid
|
32.
|
3.42
|
1.70
|
Valid
|
33.
|
1.78
|
1.70
|
Valid
|
34.
|
3.78
|
1.70
|
Valid
|
35.
|
3.61
|
1.70
|
Valid
|
Tabel 3.6
Hasil Validasi Instrumen Angket Penanaman Karakter
(lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
36.
|
3.14
|
1.70
|
Valid
|
37.
|
3.26
|
1.70
|
Valid
|
38.
|
4.62
|
1.70
|
Valid
|
39.
|
3.97
|
1.70
|
Valid
|
40.
|
2.63
|
1.70
|
Valid
|
41.
|
1.29
|
1.70
|
Tidak Valid
|
42.
|
2.47
|
1.70
|
Valid
|
Berdasarkan
hasil uji validitas, terdapat soal-soal yang tidak valid. Untuk soal yang tidak
valid tersebut, dilakukan perbaikan soal. Berikut ini hasil perbaikan soal
tersebut:
Tabel 3.7
Revisi Soal Hasil Validasi Instrumen
No
|
Jenis Soal
|
Nomor Soal
|
Sebelum
|
Sesudah
|
1.
|
Tes
|
4
|
Peristiwa ….
Merupakan peristiwa perubahan kenampakan bumi akibat angin yang mengikis
daratan.
|
Peristiwa
perubahan kenampakan bumi yang diakibatkan oleh angin yang bertiup sangat
kencang sehingga dapat mengikis daratan disebut…
|
2
|
Tes
|
22
|
Pernyataan berikut
ini mengenai dampak terjadinya erosi kecuali…
a.
Terjadinya
pendangkalan sungai
b. Terbentuknya delta sungai
c.
Perubahan
permukaan gurun
d. Perubahan
permukaan air laut
|
Pernyataan
berikut ini yang tepat mengenai dampak terjadinya erosi kecuali…
a.
Terjadinya
pendangkalan muara sungai
b.
Terbentuknya
delta sungai
c. Perubahan permukaan gurun pasir
d.
Perubahan permukaan air laut
|
Tabel 3.7
Revisi Soal Hasil Validasi Instrumen
(lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
3
|
Angket
|
23
|
Saat penampilan
saya dikritik, saya tidak suka dan merasa tersinggung
|
Saya merasa tersinggung jika ada teman yang
memberikan saran mengenai penampilan saya.
|
4
|
Angket
|
41
|
Saat
bermusyawarah, teman yang salah akan saya tegur dengan sopan agar ia mau
memperbaiki kesalahannya
|
Jika sedang bermusyawarah
ada teman yang berbuat salah, saya akan menegurnya dengan bahasa yang sopan.
|
b.
Reliabilitas
“Reliabilitas berkenaan
dengan derajat konsistensi dan stabilitas data atau temuan” (Sugiyono, 2010: 268).
Suatu data dinyatakan reliabel apabila dua atau lebih peneliti dalam obyek yang
sama menghasilkan data yang sama. Dalam pengujian reliabilitas instrumen,
peneliti menggunakan bantuan program SPSS.
Berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS mengenai uji validitas instrumen soal penguasaan konsep
siswa adapun hasil pengujian ditunjukkan pada tabel berikut.
Tabel 3.8
Hasil Reliabilitas Tes Hasil Belajar
|
|
Cronbach's Alpha
|
N of Items
|
.731
|
25
|
Tabel 3.9
Reliabilitas Butir Soal Tes
Hasil Belajar
|
|||
|
Cronbach Alpha
|
Cronbach's Alpha if Item Deleted
|
Keterangan
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
ITEM 1
|
.731
|
.735
|
Tidak Reliabel
|
ITEM 2
|
.731
|
.733
|
Tidak Reliabel
|
Tabel 3.9
Reliabilitas Butir Soal Tes Hasil
Belajar
(Lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
ITEM 3
|
.731
|
.722
|
Reliabel
|
ITEM 4
|
.731
|
.739
|
Tidak Reliabel
|
ITEM 5
|
.731
|
.718
|
Reliabel
|
ITEM 6
|
.731
|
.722
|
Reliabel
|
ITEM 10
|
.731
|
.716
|
Reliabel
|
ITEM 11
|
.731
|
.711
|
Reliabel
|
ITEM 12
|
.731
|
.720
|
Reliabel
|
ITEM 13
|
.731
|
.721
|
Reliabel
|
ITEM 14
|
.731
|
.727
|
Reliabel
|
ITEM 15
|
.731
|
.723
|
Reliabel
|
ITEM 16
|
.731
|
.707
|
Reliabel
|
ITEM 17
|
.731
|
.719
|
Reliabel
|
ITEM 18
|
.731
|
.719
|
Reliabel
|
ITEM 19
|
.731
|
.715
|
Reliabel
|
ITEM 20
|
.731
|
.708
|
Reliabel
|
ITEM 21
|
.731
|
.723
|
Reliabel
|
ITEM 22
|
.731
|
.750
|
Tidak Reliabel
|
ITEM 23
|
.731
|
.710
|
Reliabel
|
ITEM 24
|
.731
|
.731
|
Tidak Reliabel
|
ITEM 25
|
.731
|
.730
|
Reliabel
|
Tabel 3.10
Hasil Reliabilitas Angket
|
Cronbach's Alpha
|
N of Items
|
.833
|
43
|
Tabel 3.11
Hasil Reliabilitas Butir Soal
Angket
|
Cronbach Alpha
|
Cronbach's Alpha if Item Deleted
|
Keterangan
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
Item 1
|
.833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 2
|
.833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 3
|
. .833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 4
|
. 833
|
.832
|
RELIABEL
|
Item 5
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 6
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 7
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 8
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 9
|
. 833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 9
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 10
|
. 833
|
.832
|
RELIABEL
|
Item 11
|
. 833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 12
|
. 833
|
.833
|
TIDAK RELIABEL
|
Item 13
|
. 833
|
.827
|
RELIABEL
|
Item 14
|
. 833
|
.829
|
RELIABEL
|
Item 15
|
. 833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 16
|
. 833
|
.837
|
TIDAK RELIABEL
|
Item 17
|
. 833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 18
|
. 833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 19
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 20
|
. 833
|
.833
|
TIDAK RELIABEL
|
Item 21
|
. 833
|
.828
|
RELIABEL
|
Item 22
|
. 833
|
.837
|
TIDAK RELIABEL
|
Item 23
|
. 833
|
.829
|
RELIABEL
|
Item 24
|
. 833
|
.828
|
RELIABEL
|
Item 25
|
. 833
|
.829
|
RELIABEL
|
Tabel 3.11
Hasil Reliabilitas Butir Soal
Angket
(Lanjutan)
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
Item 26
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 27
|
. 833
|
.826
|
RELIABEL
|
Item 28
|
. 833
|
.829
|
RELIABEL
|
Item 29
|
. 833
|
.827
|
RELIABEL
|
Item 30
|
. 833833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 31
|
. 833
|
.827
|
RELIABEL
|
Item 32
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Item 33
|
. 833
|
.830
|
RELIABEL
|
Item 34
|
. 833
|
.826
|
RELIABEL
|
Item 35
|
. 833
|
.823
|
RELIABEL
|
Item 36
|
. 833
|
.829
|
RELIABEL
|
Item 37
|
. 833
|
.824
|
RELIABEL
|
Item 38
|
. 833
|
.833
|
TIDAK RELIABEL
|
Item 39
|
. 833
|
.827
|
RELIABEL
|
Item 40
|
. 833
|
.833
|
TIDAK RELIABEL
|
Item 41
|
. 833
|
.831
|
RELIABEL
|
Berdasarkan hasil dari uji
reliabilitas dengan menggunakan SPSS, dapat ditafsirkan dengan menggunakan
kriteria yang dikemukakan oleh Hilton dan Brownlow (Basri, 2012:53) sebagai
berikut:
Jika nilai alpha > 0,90 maka reliabilitas sempurna
Jika nilai alpha antara
0.70-0.90 maka reliabilitas tinggi
Jika nilai alpha 0.50-0.70 maka reliabilitas moderat
Jika nilai alpha < 0.500 maka reliabilitas rendah.
Karena hasil reliabilitas tes
memiliki skor Alpha 0. 731 dan hasil reliabilitas angket memiliki skor 0. 720,
dapat diartikan bahwa reliabilitas mencukupi, sehingga soal dapat digunakan.
Adapun untuk soal yang tidak valid
dan tidak reliabel dilakukan perbaikan-perbaikan.
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Definisi Istilah dan Instrumen Penelitian dalam Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)"