katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Deskripsi Hasil Tahap Penyebaran (Disseminate) dalam Skripsi


4.        Deskripsi Hasil Tahap Penyebaran (Disseminate)
Tahap penyebaran merupakan tahap terakhir dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas produk yang dihasilkan dalam kegiatan pembelajaran yang dikembangkan pada wilayah yang lebih luas misalnya di kelas atau sekolah lain. Dalam penelitian ini tahap penyebaran diterapkan pada sekolah lain yang termasuk gugus Anggrek UPTD Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya yaitu Komplek SDN Manggungjaya yang terdiri dari SDN Manggungjaya 3 dan SDN Manggungjaya 5 di kelas IV yang dijabat oleh satu kepala sekolah yaitu Bapak Cucu Cuandi, S.Pd dengan mengujicobakan produk final berupa RPP berdasarkan model inkuiri terbimbing yang disusun berdasarkan silabus pembelajaran tematik yang telah dibuat.
Data yang diperoleh dari tahap penyebaran ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran dan respon guru terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV dengan memadukan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan SBdP.
a)        Hasil keterlaksanaan pembelajaran di SDN Manggungjaya 3 dan 5
Penyebaran produk final berupa silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SDN Manggungjaya 3 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki yang dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan pembelajaran yaitu pada hari kamis tanggal 8 Mei 2014 dan hari sabtu tanggal 10 Mei 2014. Pada tahap penyebaran ini peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru wali kelas sebagai observer keterlaksanaan pembelajaran dan responden kegiatan pembelajaran dengan menggunakan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak dengan memadukan tiga mata pelajaran yaitu IPA, Bahasa Indonesia dan SBdP. Kemudian memberikan saran atau komentar terhadap produk final yang telah dikembangkan.
Tag : Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Deskripsi Hasil Tahap Penyebaran (Disseminate) dalam Skripsi"

Back To Top