3.
Deskripsi Hasil Tahap
Pengembangan ( Develop )
Tahap pengembangan merupakan tahap yang
sangat penting dalam penelitian ini karena bertujuan untuk menghasilkan sebuah
produk yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Produk yang dihasilkan dalam
penelitian ini berupa perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus
pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing
pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar. Produk perencanaan yang
dihasilkan memenuhi aspek keefektifan, kepraktisan dan validitas sesuai dengan
penilaian para ahli dan hasil uji coba produk.
a.
Penilaian Perencanaan Pembelajaran oleh Validator (Para Ahli)
Untuk memenuhi aspek validitas tentang
perencanaan pembelajaran yang telah dirancang maka peneliti melakukan penilaian
produk tersebut kepada validator yang kompeten sehingga menghasilkan rancangan
perencanaan pembelajaran draft 1. Pelaksanaan penilaian oleh validasi ahli
dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang ahli yang menentukan validitas
perencanaan pembelajaran. Adapun rincian validasi ahli dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :
Daftar
Nama Validasi Ahli
No.
|
Nama
|
Keterangan
|
1.
|
Drs. Edi Hendri Mulyana, M.Pd
|
Dosen UPI Kampus Tasikmalaya
|
2.
|
Hendayani, S.Pd
|
Guru dan Wali kelas SDN 2 Tanjungpura
|
Secara
umum, hasil penilaian validitas produk perencanaan pembelajaran yang terdiri
dari silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran
inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak, nilai rata-rata keseluruhan
yang diberikan oleh validasi ahli akan dibandingkan dengan kategori penilaian
yang ditentukan oleh Anas Sudijono dalam Mulyani (2013, hlm.85) pada tabel sebagai
berikut :
Kategori
Penilaian
No
|
Rentang
|
Kategori
|
1.
|
X > 4.01
|
Sangat Baik
|
2.
|
3.34 < X ≤ 4.01
|
Baik
|
3.
|
2.26 < X ≤ 3.34
|
Cukup
|
4.
|
1.99 < X ≤ 2.26
|
Kurang
|
5.
|
X ≤ 1.99
|
Sangat Kurang
|
Hasil penilaian validasi perencanaan
pembelajaran di sajikan dalam bentuk tabel
yang terdiri dari aspek penilaian, komponen dan skor penilaian dari para
ahli sebagai berikut :
a)
Validasi Silabus Pembelajaran Tematik
Validasi
silabus pembelajaran tematik ini terdiri dari beberapa komponen silabus yaitu
identitas silabus, kompetensi inti dan kompetensi dasar berdasarkan tema,
materi pokok, pengalaman belajar siswa, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian hasil belajar, alokasi waktu, sumber/alat/bahan belajar dan
karakteristik siswa dilengkapi dengan deskripsinya. Hasil validasi silabus
pembelajaran tematik dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :
Hasil Validasi Silabus Pembelajaran Tematik
No.
|
Aspek
|
Komponen
|
Penilaian
|
||
Validator1
|
Validator2
|
Validator3
|
|||
(a)
|
(b)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
(e)
|
1.
|
Silabus
|
Mencantumkan
Identitas Silabus (Nama Sekolah, Tema, Subtema, Mata Pelajaran, Kelas dan
Semester)
|
5
|
5
|
5
|
Mencantumkan
Kompetensi Inti sesuai
dengan tema
|
5
|
5
|
5
|
||
Mencantumkan mata pelajaran yang
relevan dengan tema
|
4
|
5
|
4
|
||
Mencantumkan Kompetensi Dasar sesuai
dengan tema
|
5
|
5
|
5
|
||
Mencantumkan materi pokok setiap mata
pelajaran berdasarkan tema
|
4
|
5
|
5
|
||
Memuat alternatif pengalaman belajar
siswa untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar
|
4
|
4
|
5
|
||
Mencantumkan indikator pencapaian
kompetensi dari setiap mata pelajaran
|
4
|
4
|
5
|
||
Mencantumkan penilaian hasil belajar
yang terdiri dari jenis tagihan, bentuk instrumen dan instrument
|
4
|
4
|
5
|
||
Memuat alokasi waktu yang diperlukan
untuk menguasai kompetensi
|
4
|
4
|
5
|
||
Memuat sumber dan bahan pelajaran
|
4
|
4
|
5
|
||
Mencatumkan
karakteristik siswa yang diharapkan dan deskripsinya
|
4
|
5
|
5
|
||
Jumlah
|
47
|
50
|
54
|
||
Rata-rata
|
4,27
|
4,54
|
4,90
|
||
Rata – rata
keseluruhan
|
4,57
|
Berdasarkan tabel 4.5 dapat dilihat
rata-rata keseluruhan penilaian yang
diberikan oleh para ahli terhadap silabus pembelajaran tematik adalah 4,57. Hal
ini berarti silabus pembelajaran memenuhi kategori “SANGAT BAIK” berdasarkan
ketegori penilaian menurut Anas Sudijono pada tabel 4.4.
Dengan
demikian,dapat disimpulkan bahwa silabus pembelajaran tematik yang dirancang
oleh peneliti dinyatakan valid dan dapat diujicobakan dilapangan atau
dipergunakan pada proses pembelajaran setelah dilakukan revisi produk
berdasarkan komentar atau masukan dari para ahli. Adapun hasil revisi dan
analisis data validasi silabus pembelajaran tematik yang disajikan dalam bentuk tabel sebagai
berikut :
Hasil Revisi dan Analisis Data
Validasi Silabus Pembelajaran Tematik
No
|
Komponen Silabus
Pembelajaran Tematik
|
Sebelum
Revisi
|
Sesudah
revisi
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
1.
|
Karakter yang diharapkan
|
Hati-hati dan Tanggungjawab yang ditunjukkan dengan
menggunakan dan mengembalikan
alat dengan keadaan utuh
|
Hati-hati
ditunjukkan dengan menggunakan alat dan bahan percobaan dengan baik
Tanggungjawab ditunjukkan dengan menyelesaikan tugas tepat waktu dan
mengembalikan alat dengan keadaan utuh
|
b)
Validasi RPP berdasarkan Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing
Untuk
validasi RPP berdasarkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang memadukan
mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan SBdP pada subtema gaya dan gerak
terdiri dari beberapa komponen yaitu kelengkapan identitas RPP, tujuan
pembelajaran, materi ajar, langkah-langkah pembelajaran, media dan sumber belajar,
serta penilaian. RPP ini dilengkapi dengan ringkasan materi, Lembar Kerja
Siswa, soal evaluasi hasil belajar dan kriteria penilaian.
Tag :
Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan atau Develop dalam Skripsi"