Manfaat yang dapat diambil dengan
penerapan metode problem solving
dalam pembelajaran IPS adalah” Siswa akan terbiasa dalam mencari jalan keluar
dari setiap masalah yang dihadapi yang menyangkut pribadi atau sosial”
(Sudjana, 2005, hlm. 126). Siswa yang didasari dengan pengalaman hidup
sehari-hari akan mampu mengatasi berbagai kesulitan, karena dapat menganalisa
dan menentukan sikap terhadap masalah yang dihadapi. Berkenaan
dengan hal-hal seperti yang dikemukakan di atas tentang manfaat dari Problem Solving serta kendala yang
dihadapi oleh guru dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar, khususnya dalam
Pembelajran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar, maka dipandang perlu
menemukan suatu upaya pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran di
kelas melalui penggunaan metode Problem Solving.
Berdasarkan latar belakang dari
permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sejarah proklamasi Indonesia melalui
Penggunaan Metode Problem Solving pada Pembelajaran IPS”. (Penelitian Tindakan
Kelas pada siswa Kelas V di SDN I Cijeungjing
Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis .
Rumusan berikut yang menjadikan fokus
dari penelitian ini adalah: Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang sejarah proklamasi Indonesia melalui
penggunaan metode problem solving di Kelas V di SDN I Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis ?.
Secara umum
penelitian ini bertujuan ingin memperoleh data tentang pengggunaan metode problem solving pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN I Cijeungjing Kecamatan
Cijeungjing Kabupaten Ciamis.
Pengembangan penggunaan metode
problem solving untuk peningkatan hasil belajar siswa tentang sejarah
proklamasi Indonesia melalui
penggunaan metode problem solving dalam pembelajaran IPS di Kelas V SDN I Cijeungjing Kecamatan
Cijeungjing Kabupaten Ciamis.
Ilmu Pengetahuan Sosial
merupakan suatu metode terhadap hal-hal yang berkenaan manusia serta lingkungannnya. IPS mempelajari
aspek-aspek sosial, spritual, emosional, intelektual, rasional, dan global
dengan memadukan konsep serta bahan kajian tradisional dengan bidang bahan
kajian yang baru.
Tag :
ARTIKEL
0 Komentar untuk "Contoh Arikel Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sejarah Proklamasi Indonesia Melalui Penggunaan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ips Bagian II "