katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Arikel Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sejarah Proklamasi Indonesia Melalui Penggunaan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ips Bagian II

Manfaat yang dapat diambil dengan penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPS adalah” Siswa akan terbiasa dalam mencari jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi yang menyangkut pribadi atau sosial” (Sudjana, 2005, hlm. 126).  Siswa yang didasari dengan pengalaman hidup sehari-hari akan mampu mengatasi berbagai kesulitan, karena dapat menganalisa dan menentukan sikap terhadap masalah yang dihadapi.  Berkenaan dengan hal-hal seperti yang dikemukakan di atas tentang manfaat dari Problem Solving serta kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar, khususnya dalam Pembelajran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar, maka dipandang perlu menemukan suatu upaya pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas melalui penggunaan metode Problem Solving. 
Berdasarkan latar belakang dari permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sejarah proklamasi Indonesia melalui Penggunaan Metode Problem Solving pada Pembelajaran IPS”. (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas V di SDN I Cijeungjing  Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis .
        Rumusan berikut yang menjadikan fokus dari  penelitian ini adalah: Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang sejarah proklamasi Indonesia  melalui penggunaan metode  problem solving di Kelas V di SDN I Cijeungjing  Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis ?.
Secara umum penelitian ini bertujuan ingin memperoleh data tentang pengggunaan metode problem solving pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN I Cijeungjing  Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.
     Pengembangan penggunaan metode problem solving untuk peningkatan hasil belajar siswa tentang sejarah proklamasi Indonesia melalui penggunaan metode problem solving dalam pembelajaran IPS di Kelas V SDN I Cijeungjing  Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.
    Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu metode terhadap hal-hal yang berkenaan manusia  serta lingkungannnya. IPS mempelajari aspek-aspek sosial, spritual, emosional, intelektual, rasional, dan global dengan memadukan konsep serta bahan kajian tradisional dengan bidang bahan kajian yang baru.
Tag : ARTIKEL
0 Komentar untuk "Contoh Arikel Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sejarah Proklamasi Indonesia Melalui Penggunaan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ips Bagian II "

Back To Top