katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Makalah “Pelaksanaan Program Pengenalan Studi Pendidikan Tinggi (P2SPT) Di Universitas Siliwangi Tasikmalaya”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang

Dunia pendidikan dari masa ke masa acapkali mengalami perubahan yang sangat cepat. Dunia pendidkan perkuliahan di perguruan tinggi sangat berbeda sekali dengan masa pendidikan SMU. Dimana di perguruan tinggi seorang mahasiswa diarahkan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu : Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat.
Hal yang paling mendasar perbedaan antara pendidikan di SMU dan Dipergurauan tinggi adalah : di Perguruan tinggi ditutuntut agar peserta didik lebih aktif dan kriatif dalam mencari ilmu. Dimana ilmu yang didapat di perkuliahan biasanya hanya gambaran umum, sedangkan pengembangan ilmu tersebut untuk menunjang studi yang dipelajari seorang peserta didik harus berusaha mencari sendiri.
Dunia perkuliahan diperkenalkan pertama kali dalam acara pelaksanaan P2SPT (Program Pengenalan Studi Pendidikan Tinggi). Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan minimal calon mahasiswa baru dapat mengenal gambaran umum dunia pendidikan di perguruan tinggi. Sehingga pada proses pelaksanaan perkuliahan dan menajajaki kehidupan di dunia perguruan tinggi calon mahasiswa tersebut dapat cepat beradaptasi dan tidak merasa kaget.

1.2.    Tujuan

Tujuan pelaksanaan P2SPT antara lain adalah :
-          Program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa
-          Menumbuhkan disiplin belajar yang diladasi oleh pengetahuan yang luas dan berbudi pekerti luhur sebagai refleksi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
-          Memperkenalkan sejak dini dunia perkuliahan.
-          Sebagai ajang silaturahmi antara senior dengan calon mahasiswa baru.
-          Sebagai ajang kaderisasi calon pemimpin mahasiswa.
-          Memperkenalkan keadaan dan fasilitas yang ada di lingkungan Universitas yang bersangkutan.

BAB II
PELAKSANAAN  KEGIATAN

Pelaksanaan kegiatan P2SPT (Program Pengenalan Studi Pendidikan Tinggi), terbagi atas :
-          Pelaksana
Pelaksana Program P2SPT adalah BEM di Perguruan Tinggi dan BEM tingkat Fakultas yang bersangkutan, dengan menyusun kepanitiaan yang ditunjuk bersama sesuai dengan hasil musyawarah anggota BEM itu sendiri, Perwakilan Fakultas, dan Perwakulan UKM (Unit Kegiatan Siswa).
-          Peserta
Pesertanya adalah Calon mahasiswa baru, dari seluruh Fakultas yang berada di lingkungan Universitas tersebut.
-          Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan biasanya sebelum masa perkuliahan dimulai. Biasanya lama harinya adalah 6 hari, dengan rincian 3 hari pelaksanaan di tingkat Universitas, dan 3 hari dilaksanakan di tingkat Fakultas. Atau 5 hari dengan rincian 3 hari di tingat Universitas dan 2 hari di tingakat Fakultas.
Setiap harinya kegiatan P2SPT ini dilaksanakan pada jam 06.00 dan berakhir pada pukul 17.00.
-          Tempat pelaksanaan
Tempat pelaksanaan adalah lingkungan Universitas dan Fakultas yang bersangkuan, baik indor maupun out door.

BAB III
MATERI DAN KEGIATAN

Adapaun materi dan kegiatannya antari lain adalah :
-          Hari Pertama
Pembukaan dan pengenalan UKM yang berada di lingkungan Universitas.
Teknis kegiatan pelaksanaannya diserahkan kepada perwakilan masing – masing UKM. Biasanya berupa demontrasi, ataupun tanya jawab yang berlangsung secara formil ataupun non formil, serta dilaksankan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan (khusus untuk demontrasi UKM yang membutuhkan lapangan atau alat – alat yang tidak bisa dibawa ke dalam ruangan. contohnya : UKM Pencinta Alam dalam melaksanakan demontrasi panjat dinding.
-          Hari Kedua
Penyampaian visi dan misi Universitas yang bersangkutan, pengenalan birokrasi kampus, pengenalan BEM, pengenalan teknologi, serta pengenalan UKM (lanjutan dari hari pertama).
Untuk kegiatan penyampaian Visi dan Misi disampaikan oleh pihak rektorat maupun oleh pihak lembaga Universitas yang bersangkutan, bisanya disampaikan oleh Rektor Universitas yang bersangkutan, dengan cara diskusi tebuka ataupun ceramah dan dilaksanakan di dalam ruangan (in door).
Untuk kegiatan Pengenalan Birokrasi Kampus dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh Pembantu Rektor I, Pembantu Rektor II, dan Pembantu Rektor III, dan dilaksanakan di dalam ruangan.
Pengenalan BEM dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh Ketua BEM dengan didampingi oleh anggota – anggotanya, dan dilaksankan di dalam ruangan.
Pengenalan teknologi dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh penaggungjawab bidang teknologi yang berada di lingkungan tersebut, misalnya : Puskom, Perpustakaan, Warintek, dll, dan dilaksanakan di dalam ruangan ataupun membawa calon mahasiswa bersafari melihat teknologi yang ada di lingkungan kampus.
-          Hari ketiga
Penyampaian materi yang bersifat umum atau yang bersifat aktual yang terjadi di masayarakat atau negara. Contohnya, di bidang agama (pandangan dan penanggulangan Free Sex), Bidang Politik (Demokrasi dan Reformasi), dll. pengenalan UKM lanjutan, dan penyerahan calon mahsisiwa baru ketiap Fakultas.
Penyampaian materi tersebut dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh penceramah dari luar ataupun dari dalam lingkungan lembaga, yang merupakan ahli dari bidangnya tersebut, dan dilaksanakan di dalam ruangan.
Penyerahan mahasiswa ke tiap – tiap Fakultas dilaksanakan secara simbolis, dan setelah calon mahasiswa baru diserahkan berarti tanggung jawab diserahkan ke kepanitian P2SPT Fakultas.
-          Hari ke empat (hari pertama di tingkat Fakultas)
Hari pertama di tingkat Fakultas acaranya yaitu pengenalan lingkungan Fakultas secara umum, pengenalan birokrasi Fakultas, pengenalan BEM dan DLM Fakultas.
Pengenalan lingkungan Fakultas secara umum dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh Dekan Fakultas yang bersangkutan, dan dilaksanakan di ruangan /aula Fakultas.
Untuk pengenanalan birokrasi Fakultas dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh Pembatu Dekan I, Pembantu Dekan II, dan Pembantu Dekan III, dan dilaksanakan di ruangan/atau aula Fakultas. Biasanya pada acara ini juga dilaksanakan validasi dan registrasi untuk mahsiswa baru.
Untuk pengenalan BEM dan DLM Fakultas dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh Ketua BEM beserta jajarannya, sekaligus perkenalan kepengurusan BEM itu sendiri dan dilaksakan di ruangan/aula Fakultas. Pada kesempatan kali ini juga diperkenalkan hal – hal yang berkaitan
-          Hari kelima (hari kedua di tingkat Fakultas)
Kegiatan pada hari kelima adalah perkenalan Himpunan Jurusan yang berada di Fakultas yang bersangkutan, serta perkenalan susunan kepanitiaan di tingkat Fakultas dan ramah tamah dengan senior.
Untuk pengenalan himpunan jurusan dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh kepengurusan yang bersangkutan, serta dilakukan safari untuk melihat fasilitas yang ada di lingkungan Fakultas dan yang dimiliki oleh jurusan yang bersangkutan. Misalnya : Rumah Kaca (untuk Fakultas Pertanian).
Perkenalan susunan kepanitiaan dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh kepanitiaan yang bersangkutan.
Untuk ramah tamah dengan senior, dilaksanakan dengan cara diskusi terbuka atau ceramah, dan disampaikan oleh perwakilan senior yang hadir pada saat kegiatan berlangsung, dan biasanya didelegasikan kepada Ikatan Alumni Fakultas. Adapun teknisnya diserahkan sepenuhnya kepada senior tersebut dengan tetap mengacu pada peraturan P2SPT yang telah disusun sebelumnya.
-          Absensi
Absensi dilaksanakan tiga kali dalam satu hari, baik di tingkat Fakultas maupun di tingkat universitas. Jam pelaksanaannya biasnya 06.00 untuk absensi pertama (sebelum acara dimulai), jam 12.30 untuk absensi kedua (setelah istirahat), dan jam 17.00 untuk absensi ke tiga (setelah seluruh kegiatan seleasai atau sebelum pulang)
-          Pemeriksaan perlengkapan
Setiap harinya calon mahasiswa baru ditugaskann untuk membawa perlengkapan untuk dipergunakan pada hari itu, dan biasanya tiap harinya ada perlengkapan baru yang harus dibawa. Pengecekan perlengkapan dilakukan oleh panitia P2SPT, dan waktunya sebelum acara dilakukan atau setelah absensi pertama.
-          Penerapan sanksi
Sanksi diberikan kepada calon mahasiswa baru yang melanggar tata tertib P2SPT yang telah ditetapkan panitia, seperti datang terlambat, perlengkapan yang dibawa tidak lengkap,dll.
Sanksi yang diberiak bervariasi bisa berupa lari, push – up, dll, yang dilakukan dengan batas kewajaran dan tidak diperkenankan adanya kontak fisik yang dilakukan panitia terhadap calon mahasiswa baru.

 BAB IV
ANALISIS KEGIATAN

 Dari hasil uraian diatas, maka dapat dianalisis sebagai berikut :
-          Hari Pertama
Pada hari pertama yang kegiatannya pembukaan dan pengenalan UKM yang berada di lingkungan Universitas sangat bermanfaat dan tepat dilaksanakan. Karena dengan demikian calon mahasiswa baru diperkenalkan dengan jenis ekstrakulikuler yang berada di lingkungan Universitas. Sehingga mereka dapat dengan leluasa memilih jenis kegiatan yang akan diikuti sesuai dengan minatnya yang diinginkannya.
-          Hari kedua
Pada hari kedua yang kegiatannya penyampaian visi dan misi Universitas yang bersangkutan, pengenalan birokrasi kampus, pengenalan BEM, pengenalan teknologi , sangat tepat. Dengan diperkenalkannya hal tersebut, maka calon mahasiswa baru akan dengan mudah memahami birokrasi yang berada di lingkungan kampus, serta dapat mengaplikasikannya nanti, sehingga dalam berlangsungnya perkuliahan tidak tersendat dan terganggu dengan masalah non teknis, yang berhubungan dengan pembayaran biaya kuliah, pengontrakan mata kuliah, dll.
-          Hari ketiga
Pada hari ketiga yang kegiatannya penyampaian materi yang bersifat umum atau yang bersifat aktual yang terjadi di masayarakat atau negara. Ini sangat tepat, karena disini para calon mahasiswa baru diperkenalkan bagaimana cara berfikir kritis dan menumbuhkan rasa peduli terhadap kejadian yang bersifat global di kalangan masyarakat. Jadi dalam hal ini para calon mahasiswa diperkenalkan bagaimana selaku mahasiswa harus bisa peduli dalam perubahan yang terjadi di dalam masyarakat luas, serta dalam kesehariannya tidak hanya berkutat di dunia perkuliahannya saja.
-          Hari keempat
Pelaksanaan P2SPT di tingkat Fakultas sangat diperlukan, karena setelah para calon mahasiswa baru mengenal gambaran umum di tingkat Universitas, maka merekapun dapat mengetahui dan memahami lingkungan Fakultas tempat dimana mereka sebagian besar menghabiskan waktunya selama di pekuliahan.
Pada kegiatan ini pula para calon mahasiswa baru dapat mengetahui birokrasi di tingkat Fakultas dan hubungannya dengan birokrasi di tingkat Universitas.
Semua itu bertujuan untuk membereskan masalah non teknis demi kelancaran perkuliahan yang akan diikuti selama berada di lingkungan perguruan tinggi.
Pengenalan BEM dan DLM juga sangat bermanfaat, guna para calon mahasiswa baru dapat mengetahui keorganisasian beserta orang – orangnya, serta wewenang – wewenangnya dalam menjalankan roda organisasi. Sehingga apabila calon mahasiswa baru mendapat kesulitan ataupun masalah mereka mempunyai wadah untuk mengadu dan mencari jalan keluar yang terbaik dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
-          Hari Kelima
Pada hari kelima yang kegiatannya adalah perkenalan Himpunan Jurusan yang berada di Fakultas yang bersangkutan, serta perkenalan susunan kepanitiaan di tingkat Fakultas dan ramah tamah dengan senior tepat sekali dilakukan. Dengan mengetahui hal tersebut para calon mahasiswa baru dapat mengetahui dilingkungan mana mereka berada, dalam ruang lingkup yang lebih khusus, serta dapat mengetahui hubungannya dengan BEM dan mengetahui fasilitas – fasilitas yang dapat dipergunakan guna menunjang terhadap perkuliahan. Selain itu juga mereka dapat mengetahui agenda – agenda kegiatan yang akan mereka ikuti selama berada di lingkungan tersebut.
Ramah tamah dengan senior sangatlah diperlukan, karena para calon mahsiswa baru dapat mengetahui profil senior mana yang patut ditiru. Selain itu juga, apabila akrab, mereka dapat menjadikan para seniornya sebagai temapt untuk bertanya dan meminta bantuan apabila mereka mendapatkan permasalahan, baik itu sifatnya akademik ataupun seifatnya non akademik.
-          Absensi
Karena P2SPT merupakan salah satu syarat yang harus diikuti agar bisa menyelesaikan kuliahnya, maka pendataan (absensi) harus digunakan, agar nantinya sertifikat dapat diberikan kepada orang yang tepat. Absensi tiga kali satu hari sangat berguna, agar calon mahasiswa baru tidak kabur di tengah kegiatan.
-          Pemeriksan kelengkapan
Hal ini juga harus dilakukan agar dalam proses kegiatan P2SPT berlangsung semuanya berjalan dengan lancar dan si calon mahasiswa baru dapat mengikutinya tanpa ada ganguan.
-          Penerapan sanksi
Penerapan sanksi secara wajar sangat bermanfaat agar mereka ditumbuhkan rasa disiplin sejak dini, dan tidak bertindak seenaknya selama mengikuti kegiatan P2SPT.

BAB V
PENUTUP

 3.1.    Kesimpulan

Dari hasil penguraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan P2SPT dimaksudkan agar calon maasiswa baru dapat mengetahui gambaran secara umum keadaan lingkungan tempat mereka belajar. Selain itu juga kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan cara berfikir mereka, untuk lebih peka dan kreatif dalam mengahadapi berbagai masalah baik yang bersifat intern ataupun yang bersifat global
Dalam acara ini juga diperkenalkan senior – senior mereka, agar mereka dapat mengetahui bahwa nantinya mereka mempunyai wadah ataiupun personal untuk dijadikan panutan ataupun tempat bertanya dan meminta bantuan apabila mereka menemui kesulitan.

3.2.    Saran

Pelaksanaan P2SPT yang selama ini sangat berguna bagi mahasiswa baru dalam mengetahui keadaan lingkungan kampus, dalam pelaksanannya harus lebih ditingkatkan lagi dari segi kualitasnya. Pemberian materi umum hendaknya berupa materi yang sedang hangat diberitakan, dan harus bisa mengajak calon mahsiswa baru untuk berfikir bagaimana cara mengatasinya.

Dalam penyampaian materi khusunya yang berupa ceramah umum dan diskusi hendaknya pembicara bisa membawa calon mahasiswa baru ke suasana yang menggembirakasn dan jauh dari kejenuhan yang acapkali mendera mereka.
0 Komentar untuk "Contoh Makalah “Pelaksanaan Program Pengenalan Studi Pendidikan Tinggi (P2SPT) Di Universitas Siliwangi Tasikmalaya”"

Back To Top