katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Abstrak Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koperasi


Penelitian ini mendeskripsikan sebuah model pembelajaran yang bertujuan untuk mengatasi agar proses pembelajaran tidak membosankan serta dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar dan lebih memahami materi pelajaran. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan model kooperatif learning teams games tournament terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada materi koperasi di kelas IV SDN Purbaratu 4.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua di SDN Purbaratu 4 Kota Tasikmalaya, dengan sampel yang digunakan sebanyak satu kelas yaitu kelas IV dengan jumlah 34 orang, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang proses pembelajarannya menggunakan metode konvensional dan kelompok yang proses pembelajarannya menggunakan model kooperatif learning tipe teams games tournament. Instrumen yang digunakan  dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan materi pokok koperasi berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes “t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatif learning teams games tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi koperasi dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Purbaratu 4. Hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif learning tipe teams games tournament diperoleh nilai rata-rata 74,59, mempunyai rata-rata lebih tinggi dari pada siswa yang proses pembelajarannya menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rara-rata 65,41.
Tag : Abstrak
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koperasi"

Back To Top