Penelitian
ini mendeskripsikan sebuah model pembelajaran yang bertujuan untuk mengatasi
agar proses pembelajaran tidak membosankan serta dapat memotivasi siswa untuk
lebih aktif dalam belajar dan lebih memahami materi pelajaran. Selain itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan
model kooperatif learning teams games
tournament terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada
materi koperasi di kelas IV SDN Purbaratu 4.
Penelitian
ini dilaksanakan pada semester dua di SDN Purbaratu 4 Kota Tasikmalaya, dengan
sampel yang digunakan sebanyak satu kelas yaitu kelas IV dengan jumlah 34
orang, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang
proses pembelajarannya menggunakan metode konvensional dan kelompok yang proses
pembelajarannya menggunakan model kooperatif
learning tipe teams games tournament.
Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu observasi dan tes hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
IPS dengan materi pokok koperasi berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik tes “t”.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan
model kooperatif learning teams games
tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi koperasi dalam
pembelajaran IPS di kelas IV SDN Purbaratu 4. Hasil belajar siswa yang
menggunakan model kooperatif
learning tipe teams games tournament
diperoleh nilai rata-rata 74,59, mempunyai rata-rata lebih tinggi dari pada
siswa yang proses pembelajarannya menggunakan metode konvensional diperoleh
nilai rara-rata 65,41.
Tag :
Abstrak
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koperasi"