Pemahaman matematik peserta
didik selama ini dirasa masih
kurang baik, pemilihan model pembelajaran yang kurang kondusif menjadi salah satu faktor penyebabnya selain faktor dari peserta didik itu sendiri sehingga mempengaruhi pada
pemahaman matematik peserta didik. Dalam upaya meningkatkan pemahaman matematik
peserta didik, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang diharapkan peserta
didik mampu membangun pengetahuannya sendiri dalam belajar dan mampu mengingat
lebih lama materi yang telah dipelajari.
Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh positif penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap
kemampuan pemahaman matematik peserta
didik?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya postes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
berupa tes pemahaman matematik.
Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 4 Padaherang Tahun Ajaran
2010/2011. Sampel diambil secara
acak (random) dan terpilih dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol
yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Hipotesis
dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh positif penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) terhadap pemahaman matematik peserta didik”. Teknik analisis data menggunakan
uji perbedaan dua rata-rata, dapat
diketahui bahwa thitung = 3,8 untuk taraf signifikan α = 1% diperoleh t0,99(60) = 2,39, ternyata thitung
= 3,8 > t0,99(60) = 2,39 maka H0 ditolak dan H1 diterima Diperoleh
parameter rerata kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik
daripada parameter rerata kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS).
Tag :
Abstrak
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik"