katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Abstrak Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik


Pemahaman matematik peserta didik selama ini dirasa masih kurang baik, pemilihan  model pembelajaran yang kurang kondusif menjadi salah satu faktor penyebabnya selain faktor dari peserta didik itu sendiri sehingga mempengaruhi pada pemahaman matematik peserta didik. Dalam upaya meningkatkan pemahaman matematik peserta didik, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang diharapkan peserta didik mampu membangun pengetahuannya sendiri dalam belajar dan mampu mengingat lebih lama materi yang telah dipelajari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif  tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemahaman matematik peserta didik?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya postes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman matematik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 4 Padaherang Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel diambil secara acak (random) dan terpilih dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman matematik peserta didik”. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, dapat diketahui bahwa thitung = 3,8 untuk taraf signifikan α  = 1% diperoleh t0,99(60)  = 2,39, ternyata thitung = 3,8 > t0,99(60) = 2,39 maka H0 ditolak dan H1 diterima Diperoleh parameter rerata kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada parameter rerata kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Tag : Abstrak
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik"

Back To Top