TRANSKRIP WAWANCARA KEPALA SEKOLAH
Narasumber : …………………………………….
Pewawancara :
…………………………………….
Hari dan tanggal : …………………………………….
A
|
:
|
Bagaimana pembelajaran bahasa Inggris di RSBI
SDN ... ini?
|
R
|
:
|
Untuk di SD ... ini sudah berstatus RSBI
tentunya pembelajaran bahasa Inggris lebih ditingkatkan. Baik itu
intrakulikuler maupun ekstrakuler. Jadi semua difokuskan dan ditingkatkan.
Meskipun di kelas 5 itu sebetulnya masih reguler, tentu kurikulumnya masih
sama dengan SD lain. Tetapi untuk ... ada penambahan karena imbas dari RSBI.
Kelas 1 kurikulumnya sudah ada hingga kelas 2. Kelas 3,4,5 juga sama,
dipadatkan untuk bahasa Inggris. Kalau intra itu sudah masuk ke jam
pelajaran, kalau ekstranya itu misalnya ada les, melalui kursus di sekolah, ada di lembaga
lain. Kebanyakan itu ada di sekolah, dipadatkan lagi oleh guru bahasa Inggris
masing-masing.
|
A
|
:
|
Apa saja imbas dari adanya kelas RSBI terhadap
kelas reguler?
|
R
|
:
|
Kadang-kadang Ibu menghimbau ke semua guru,
bukan guru RSBI saja, ada English Time
untuk guru-gurunya ya.. jadi dalam satu minggu itu ada satu jam untuk english
time dulu. Satu jam untuk bahasa Inggris baik siswa maupun guru-guru. Itu
adalah program sekolah. Kemudian untuk program selanjutnya diadakan lagi English Day, satu hari berbahasa
Inggris. Kalau bahasa Sunda kan sudah ada PERDA-nya dari propinsi, dari PERDA
Gubernur, pada tiap rabu semua harus menggunakan bahasa Sunda. Nah di sini
juga ada English Day untuk
nantinya. Terus yang selanjutnya ada English
Area itu, adi semua. Untuk program yang akan datang.
|
A
|
:
|
Apakah untuk English
Time itu sudah diaplikasikan?
|
R
|
:
|
Itu sudah. Untuk RSBI itu ada. Bahkan setiap
hari senin itu ada English Time.
Mau satu jam atau dua jam, biasanya dilaksanakan setelah upacara. Biasanya
ibu sekali-kali ada beberapa kalimat dalam bahasa Inggris ketika breafing guru-guru. Dari mulai good morning, how are you ke rekan-rekan guru semuanya. Guru-guru juga
sama, mungkin dengan rekan-rekannya terutama RSBI. Nah, salah satu program
juga supaya dapat dihafal oleh anak, ditempel di setiap dinding kelas
slogan-slogan bahasa Inggris.
|
A
|
:
|
Bagaimana status pembelajaran bahasa Inggris di
RSBI SDN ... ini?
|
R
|
:
|
Untuk RSBI sudah masuk pelajaran, namun untuk
reguler masih mulok.
|
A
|
:
|
Fasilitas apa saja yang mendukung pembelajaran
bahasa Inggris?
|
R
|
:
|
Ada lab bahasa. Lab bahasa multimedia ya.. dapat
digunakan untuk pembelajaran bahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa
Indonesia dan komputer. Diusahakan semua memakai, baik RSBI maupun reguler,
tapi untuk saat ini karena untuk reguler itu tidak kebagian waktu untuk
belajar di Lab bahasa, habis oleh kelas RSBI. Jadi untuk saat ini hanya
beberapa orang saja, misalnya untuk persiapan lomba saja. Selain itu ada
pembelajaran CD, semacam perpustakaan.
|
A
|
:
|
Prestasi apa saja yang telah diraih dalam mata
pelajaran bahasa Inggris di sini?
|
R
|
:
|
Banyak ya.. salah satunya olimpiade RSBI se-Jawa
Barat. Juara 1 Scrable siswa kelas
2. Terus Story telling oleh siswa kelas 5. Eksplorasi IPA juara 1 tingkat
propinsi.
|
A
|
:
|
Kendala apa saja yang menghambat pembelajaran
bahasa Inggris di RSBI SDN ... ini?
|
R
|
:
|
Karena mungkin mayoritas
disini kan kebanyakan bahasanya bahasa Sunda dan bahasa Indonesia, jadi
bahasa Inggris nya itu susah. Buku sumber juga kurang. Kurang terbiasa
menggunakan bahasa Inggris.
|
A
|
:
|
Upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk
meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris di RSBI SDN ... ini?
|
R
|
:
|
Ya upayanya itu tadi selain
dalam intra, juga diadakan les.
|
Tag :
Skripsi Bahasa Inggris
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Transkrip Wawancara Kepala Sekolah untuk Skripsi"