katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Skenario Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam


SKENARIO PEMBELAJARAN

Mata  Pelajaran          : Ilmu  Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/Semester          : IV/1
Alokasi Waktu           :1 X 40 menit 
Sub pokok Bahasan   : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

Standar Kompetensi
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

Kompetensi Dasar
1.      Mendskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar,  misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
2.      menunjukan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan

Skenario Pembelajaran
·         Apersepasi
-    Guru memasuki ruang kelas
-    Guru mengucapkan salam
-    Guru mengendalikan suasana kelas
-    Guru mempersilahkan ketua murid untuk memimpindo’a
-    Guru mengecek kehadiran siswa
-    Guru memusatkan perhatian dan knsentrasi siswa untuk mengikuti pelajaran
·         Ekplorasi
-    Guru mengulang pelajaran yang lalu dengan cara melakukan tanya jawab kepada siswa
-    Guru memberikan pengarahan tentang keterkaitan pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari
-    Guru menyuruh siswa untuk memberikan contoh hewan yang mengalami perubahan bentuk yang dimulai dari telur
-    Guru menyuruh siswa untuk membedakan hewan yang mengalami perubahan bentuk yang dimulai dari telur dan yang dimulai dari  bayi
-    Guru menyuruh siswa mengelompokan hewan yang lahir berbentuk telur dan berbentuk bayi
-    Guru menyuruh siswa memberikan contoh hewan yang dapat dipelihara dan yang tidak dapat dipelihara
-    Guru menyuruh siswa menyebutkan menfaat hewan peliharaan
·         Konsulidasi
-    Guru menjelaskan daur hidup hewan
-    Guru menerangkan tentang metemorfosis
-    Guru menjelaskan tentang metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna
-    Guru menjelaskan ciri-ciri hewan yang  mengalami metamorfosis dan yang tidak mengalami metamorfosis
-    Guru menjelaskan proses metamorfosis pada kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
-    Guru menjelaskan hewan yang dapat dipelihara dan yang tidak dapat dipelihara
-    Guru menjelaskan manfaat hewan peliharaan
-    Guru menjelaskan cara merawat dan menjaga hewan peliharaan
-    Guru menyimpulkan hasil kerja siswa
-    Guru mengoreksi dan memberikan penilaian hasil kerja siswa
-    Guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang metamorfosis dan manfaat serta cara merawat dan menjaga hewan peliharaan

Latihan Soal

Silanglah (x) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
1.       Seluruh tahap perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya disebut…
a. Pertumbuhan                             c. Metamorfosis
b. Perkembangbiakan                    d. Daur hidup
2.                                                             Penggolongan daur hidup hewan disamping
didasarkan atas persamaan ?

a. Cara berkembangbiakan            c. Metamorfosis
b. Jenis makanannya                     d. jumlah kakinya
3.       Hewan di bawah ini yang tidak mengalami tahap kepongong (kupa) adalah …
a. Kecoa                                        c. Lalat
b. Kupu-kupu                                d. Nyamuk
4.       Hewan berikut ini yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah …
a. Kupu-kupu                                c. Katak
b. Lalat                                          d. Kecoa
5.                                     Pada saat katak berbentuk seperti gambar di samping
hewan ini bernafas dengan …
a. Kulit                                          c. Paru-paru
b. Insang                                       d. Kecoa
6.       Hewan peliharaan yang boleh dipelihara dalam satu kandang adalah …
a. Kucing dan kelinci                    c. Ikan koi dan ikan mas
b. Kucing dan anjing                    d. Ayam dan ular
7.       Hewan yang mudah dihinggapi kutu adalah …
a. Ikan mas                                    c. Kupu-kupu
b. Kura-kura                                  d. Kucing
8.       Hewan berikut ini termasuk hewan yang berbahaya, adalah …
a. Ayam                                        c. Harimau
b. Ikan mas                                   d. Kelinci
9.       Hewan berikut ini dapat diambil telurnya sebagai sumber protein, adalah …
a. Ular                                           c. Kuda
b. Kambing                                   d. Ayam
10.   Anak hewan yang berkembang biak di kantung perut induknya, adalah …
a. Kelinci                                       c. Panda
b. Kangguru                                  d. Beruang

Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
  1. Apa yang dimaksud dengan metamorfosis ?
  2. Mengapa kecoa dan katak termasuk pada metamorfosis tidak sempurna ?
  3. Jelaskan daur hidup yang dialami oleh kupu-kupu !
  4. Sebutkan hewan apa saja yang dapat kita pelihara !
  5. Bagaimana cara merawat dan menjaga kucing agar tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit ?

LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)


Nama Percobaan         : PROSES METAMORFOSIS
Tujuan Percobaan        : Untuk mengetahui Proses Metamorfosis Pada Katak

A.     Alat dan Bahan
1.      Alat    
·         Toples
·         Air
2.      Bahan
·         Telur Katak
B.     Langkah Kerja
1.      Carilah telur katak di kolam !
2.      Masukan telur katak yang telah didapat pada toples yang telah diisi air !
3.      Amatilah perubahan bentuk yang dialami oleh telur katak dari hari-ke hari
C.     Hasil Pengamatan

Tabel Hasil Pengamatan
TOPLES
Perubahan yang dialami katak
Hari ke …
1
2
3
4
I
II
III






Tag : Makalah IPA
0 Komentar untuk "Contoh Skenario Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam"

Back To Top