SKENARIO PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu :1 X 40
menit
Sub pokok Bahasan : Makhluk Hidup
dan Proses Kehidupan
Memahami daur
hidup beragam jenis makhluk hidup
1.
Mendskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan
sekitar, misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, kucing
2.
menunjukan kepedulian terhadap hewan peliharaan,
misalnya kucing, ayam, ikan
Skenario Pembelajaran
·
Apersepasi
-
Guru memasuki ruang kelas
-
Guru mengucapkan salam
-
Guru mengendalikan suasana kelas
-
Guru mempersilahkan ketua murid untuk memimpindo’a
-
Guru mengecek kehadiran siswa
-
Guru memusatkan perhatian dan knsentrasi siswa untuk
mengikuti pelajaran
·
Ekplorasi
-
Guru mengulang pelajaran yang lalu dengan cara
melakukan tanya jawab kepada siswa
-
Guru memberikan pengarahan tentang keterkaitan
pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari
-
Guru menyuruh siswa untuk memberikan contoh hewan yang
mengalami perubahan bentuk yang dimulai dari telur
-
Guru menyuruh siswa untuk membedakan hewan yang
mengalami perubahan bentuk yang dimulai dari telur dan yang dimulai dari bayi
-
Guru menyuruh siswa mengelompokan hewan yang lahir
berbentuk telur dan berbentuk bayi
-
Guru menyuruh siswa memberikan contoh hewan yang dapat
dipelihara dan yang tidak dapat dipelihara
-
Guru menyuruh siswa menyebutkan menfaat hewan
peliharaan
·
Konsulidasi
-
Guru menjelaskan daur hidup hewan
-
Guru menerangkan tentang metemorfosis
-
Guru menjelaskan tentang metamorfosis sempurna dan
metamorfosis tidak sempurna
-
Guru menjelaskan ciri-ciri hewan yang mengalami metamorfosis dan yang tidak
mengalami metamorfosis
-
Guru menjelaskan proses metamorfosis pada kecoa,
nyamuk, kupu-kupu, kucing
-
Guru menjelaskan hewan yang dapat dipelihara dan yang
tidak dapat dipelihara
-
Guru menjelaskan manfaat hewan peliharaan
-
Guru menjelaskan cara merawat dan menjaga hewan
peliharaan
-
Guru menyimpulkan hasil kerja siswa
-
Guru mengoreksi dan memberikan penilaian hasil kerja
siswa
-
Guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang
metamorfosis dan manfaat serta cara merawat dan menjaga hewan peliharaan
Silanglah (x) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
1.
Seluruh tahap perubahan yang dialami makhluk hidup
selama hidupnya disebut…
a. Pertumbuhan c.
Metamorfosis
b. Perkembangbiakan d.
Daur hidup
2.
Penggolongan
daur hidup hewan disamping
didasarkan atas persamaan ?
a. Cara berkembangbiakan c.
Metamorfosis
b. Jenis makanannya d.
jumlah kakinya
3.
Hewan di bawah ini yang tidak mengalami tahap kepongong
(kupa) adalah …
a. Kecoa c.
Lalat
b. Kupu-kupu d.
Nyamuk
4.
Hewan berikut ini yang mengalami metamorfosis tidak
sempurna adalah …
a. Kupu-kupu c.
Katak
b. Lalat d.
Kecoa
5.
Pada
saat katak berbentuk seperti gambar di samping
hewan ini bernafas dengan …
a. Kulit c.
Paru-paru
b. Insang d.
Kecoa
6.
Hewan peliharaan yang boleh dipelihara dalam satu
kandang adalah …
a. Kucing dan kelinci c.
Ikan koi dan ikan mas
b. Kucing dan anjing d.
Ayam dan ular
7.
Hewan yang mudah dihinggapi kutu adalah …
a. Ikan mas c.
Kupu-kupu
b. Kura-kura d.
Kucing
8.
Hewan berikut ini termasuk hewan yang berbahaya, adalah
…
a. Ayam c.
Harimau
b. Ikan mas d.
Kelinci
9.
Hewan berikut ini dapat diambil telurnya sebagai sumber
protein, adalah …
a. Ular c.
Kuda
b. Kambing d.
Ayam
10.
Anak hewan yang berkembang biak di kantung perut
induknya, adalah …
a. Kelinci c.
Panda
b. Kangguru d.
Beruang
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
- Apa yang dimaksud dengan metamorfosis ?
- Mengapa kecoa dan katak termasuk pada metamorfosis tidak sempurna ?
- Jelaskan daur hidup yang dialami oleh kupu-kupu !
- Sebutkan hewan apa saja yang dapat kita pelihara !
- Bagaimana cara merawat dan menjaga kucing agar tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit ?
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Nama Percobaan : PROSES METAMORFOSIS
Tujuan Percobaan : Untuk mengetahui Proses Metamorfosis
Pada Katak
A. Alat
dan Bahan
1.
Alat
·
Toples
·
Air
2.
Bahan
·
Telur Katak
B.
Langkah Kerja
1.
Carilah telur katak di kolam !
2.
Masukan telur katak yang telah didapat pada toples yang
telah diisi air !
3.
Amatilah perubahan bentuk yang dialami oleh telur katak
dari hari-ke hari
C.
Hasil Pengamatan
Tabel Hasil Pengamatan
TOPLES
|
Perubahan yang
dialami katak
|
||||
Hari ke …
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
…
|
|
I
II
III
|
|
|
|
|
|
Tag :
Makalah IPA
0 Komentar untuk "Contoh Skenario Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam"