2. Setting
Penelitian
a. Lokasi
Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN ... Kecamatan ...
Kota .... Lokasi ini dipilih dengan alasan tempatnya tidak jauh dari tempat
tinggal peneliti dan tempat tugas mengajar peneliti sehingga penelitian
dirasakan akan lebih bermakna.
b. Subjek
Penelitian
Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa dan
guru pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang keterampilan menulis di kelas III
SD Negeri ... Kecamatan ... Kota ... dengan jumlah siswa 31 orang, terdiri dari
20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
c. Definisi
Operasional
Untuk
menghindari salah penafsiran terhadap hasil penelitian ini, maka ada sejumlah
istilah teknis yang perlu dijelaskan definisi operasionalnya. Adapun istilah
tehnis yang perlu didefinisikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Menulis
Karangan Deskripsi adalah kemampuan siswa dalam menuangkan gagasan/ide yang berkaitan dengan
mendeskripsikan sajian gambar seri dalam bahasa tulis. Menulis karangan deskripsi
dapat dilakukan dengan cara menuliskan kalimat-kalimat deskripsi dari
gambar-gambar yang mereka lihat yang ada disekitar lingkungan anak. Kegiatan
menulis karangan deskripsi ini dapat merangsang anak untuk mengungkapkan suatu ide
dari sajian gambar seri yang dipahami anak melalui tulisan
2.
Media
gambar seri adalah gambar peristiwa atau kejadian disekitar siswa yang dapat
digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa
sedemikian rupa sehingga terjadi proses pembelajaran.
3.
Penelitian
Tindakan Kelas metode penelitian yang digunakan penulis untuk meneliti
efektifitas media gambar yang dilaksanakan pada siswa kelas III SD Negeri ...
Kecamatan ... Kota ... dengan ditandai oleh rangkaian kegiatan dimulai dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi hasil secara klasikal sampai
diperoleh hasil yang optimal dan memuaskan.
d. Fokus Tindakan
Penilitian ini difokuskan pada :
·
Upaya
merancang pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri pada
mata pelajaran bahasa Indonesia.
·
Upaya
melaksanakan pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri.
·
Hasil
belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan
media gambar seri dalam mata pelajaran bahasa Indonesi.
3. Prosedur
Penelitian
Penelitian ini
menggunakan prosedur yang terdiri dari dua siklus. Dalam menerapkan
pembelajaran pada setiap siklusnya dilakukan sesuai dengan kemajuan atau
perubahan yang telah dicapai pada siklus sebelumnya. Dalam pelaksanaannya
peneliti melibatkan mitra sejawat yang mempunyai dasar pemikiran sama yaitu
ingin memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran. Hal yang dilakukan
adalah membuat perencanaan tentang kegiatan-kegiatan yang ditempuh selama penelitian.
a. Orientasi
dan Identifikasi Masalah
Orientasi dan
identifikasi massalah merupakan tahap awal dalam kegiatan penelitian. Kegiatan-kegiatan
yang dilakukan pada tahap ini adalah sebagai berikut :
·
Melakukan
kegiatan orientasi dengan perhatian fokus pada perencanaan pembelajaran menulis karangan deskripsi di
kelas III SDN ... Kecamatan ... Kota ....
·
Mengidentifikasi
pelaksanaan pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas III SDN ...
Kecamatan ... Kota ....
·
Mengidentifikasi
penggunaan media/alat peraga pada pembelajaran menulis karangan deskripsi di
kelas III SDN ... Kecamatan ... Kota ....
b. Perencanaan
Tindakan Penelitian
1)
Penentuan Siklus Tindakan Penelitian
Siklus tindakan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Sebagaimana
dijelaskan di atas bahwa jenis siklus PTK yang digunakan adalah model Kemmis
& Taggart. Alur umum pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
Untuk melanjutkan Proposal Tentang Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis KaranganDeskripsi Melalui Media Gambar Seri Silahkan --- KLIK DISINI ---
Tag :
Proposal
0 Komentar untuk "Contoh Subjek Penelitian, Definisi Operasional dan Fokus Tindakan dalam Proposal Bahasa Indonesia"