F.
KERANGKA BERPIKIR
Kerangka pemikiran merupakan uraian
tentang bagaimana peneliti mengalirkan jalan pikiran secara logis dalam
memecahkan masalah yang telah dirumuskan. Untuk memudahkan siswa dalam memahami
pelajaran dan juga menciptakan belajar yang menyenangkan maka peran guru sangat
dibutuhkan. Guru harus merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana
pembelajaran. Demikian juga dalam penelitian yang akan diselenggarakan di kelas
IV SDN .... Sehubungan dengan hal tersebut TIM MKPBM (2001 : 70) mengemukakan bahwa:
Ketika orang
akan mengerjakan sesuatu, maka orang tersebut mestinya menetapkan sasaran yang
hendak dicapai. Untuk mencapai sasaran yang hendak dicapai itu seseorang
memilih pendekatan yang tepat sehingga diperoleh hasil yang optimal, berhasil
guna dan tepat guna.
Atas dasar hal tersebut, maka dipilih serta
dikembangkan rencana pembelajaran dalam penelitian pembelajaran berpegang pada prosedur penyusunan rencana
pembelajaran berbasis pendekatan realistik metematika. Sebagaimana dikemukakan
Suwangsih dan Tiurlina (2006 : 135) strategi utama dalam kurikulum matematika
realistik:
Didominasi oleh
masalah-masalah dalam konteks, melayani dua hal yaitu sebagai sumber dan
sebagai terapan konsep matematika; perhatian diberikan pada pengembangan
model-model, situasi, skema dan simbol-simbol; sumbangan dari para siswa,
sehingga siswa dapat membuat pembelajaran manjadi konstruktif dan produktif;
interaktif sebagai karakteristik dari proses pembalajaran matematika; dan
interwinning (membuat jalinan) antar topik atau antar pokok bahasan.
Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel
bebas adalah pendekatan realistik matematika, sedangkan variabel terikatnya
adalah meningkatkan kemampuan siswa. Variabel penelitian yang menjadi fokus
tindakan, terdiri atas:
1. Variabel
input, yaitu kemampuan awal guru dalam menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik matematika.
2. Variabel
proses, hal yang menjadi fokus penelitian terdiri dari :
a. Serangkaian
tindakan guru atau aktivitas dalam pembelajaran matematika tentang menjumlah
bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika.
b. Aktifitas
siswa dalam proses pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan melalui
pendekatan realistik matematika.
3.
Variabel out put dalam penelitian
tindakan ini, adalah peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika tentang
menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika.
0 Komentar untuk "Kerangka Pemikiran Merupakan Uraian Tentang Bagaimana Peneliti Mengalirkan Jalan Pikiran Secara Logis "