katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Kerangka Pemikiran Merupakan Uraian Tentang Bagaimana Peneliti Mengalirkan Jalan Pikiran Secara Logis


F.       KERANGKA BERPIKIR
Kerangka pemikiran merupakan uraian tentang bagaimana peneliti mengalirkan jalan pikiran secara logis dalam memecahkan masalah yang telah dirumuskan. Untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dan juga menciptakan belajar yang menyenangkan maka peran guru sangat dibutuhkan. Guru harus merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran. Demikian juga dalam penelitian yang akan diselenggarakan di kelas IV SDN .... Sehubungan dengan hal tersebut TIM MKPBM (2001  : 70) mengemukakan bahwa:
Ketika orang akan mengerjakan sesuatu, maka orang tersebut mestinya menetapkan sasaran yang hendak dicapai. Untuk mencapai sasaran yang hendak dicapai itu seseorang memilih pendekatan yang tepat sehingga diperoleh hasil yang optimal, berhasil guna dan tepat guna.

Atas dasar hal tersebut, maka dipilih serta dikembangkan rencana pembelajaran dalam penelitian pembelajaran  berpegang pada prosedur penyusunan rencana pembelajaran berbasis pendekatan realistik metematika. Sebagaimana dikemukakan Suwangsih dan Tiurlina (2006 : 135) strategi utama dalam kurikulum matematika realistik:
Didominasi oleh masalah-masalah dalam konteks, melayani dua hal yaitu sebagai sumber dan sebagai terapan konsep matematika; perhatian diberikan pada pengembangan model-model, situasi, skema dan simbol-simbol; sumbangan dari para siswa, sehingga siswa dapat membuat pembelajaran manjadi konstruktif dan produktif; interaktif sebagai karakteristik dari proses pembalajaran matematika; dan interwinning (membuat jalinan) antar topik atau antar pokok bahasan.

Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas adalah pendekatan realistik matematika, sedangkan variabel terikatnya adalah meningkatkan kemampuan siswa. Variabel penelitian yang menjadi fokus tindakan, terdiri atas:
1.    Variabel input, yaitu kemampuan awal guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik matematika.
2.    Variabel proses, hal yang menjadi fokus penelitian terdiri dari :
a.    Serangkaian tindakan guru atau aktivitas dalam pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika.
b.    Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika.
3.             Variabel out put dalam penelitian tindakan ini, adalah peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika tentang menjumlah bilangan pecahan melalui pendekatan realistik matematika.
0 Komentar untuk "Kerangka Pemikiran Merupakan Uraian Tentang Bagaimana Peneliti Mengalirkan Jalan Pikiran Secara Logis "

Back To Top