G.
Analisis Kegiatan Saintifik Berdasarkan Tahap-tahap
Pembelajaran Tematik dan Jenis Media Pembelajaran
Pengembangan Multimedia pembelajaran pada penelitian ini mengacu pada
pendekatan saintifik dan pemebelajaran tematik. Multimedia merupakan dari media
pembelajaran yang memanfaatkan sistem kerja komputer untuk mengontrol
penggunaannya. Berikut ini disajikan analisis kegiatan saintifik yang mengacu
pada tahap-tahap pembelajaran tematik dan menggunakan media pembelajaran
berdasarkan jenisnya.
Tabel 3 : Analisis Kegiatan Saintifik berdasarkan
Fase-Fase Pembelajaran Tematik dan Jenis Media Pembelajaran
No.
|
Kriteria
Pendekatan Saintifik
|
Fase-Fase
Pembelajaran Tematik
|
Jenis
Media
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
|
Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana,
jelas, dan menarik sistem penyajiannya.
|
Fase I
|
Media Visual
|
2.
|
Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu
berpikir hipotetik (membuat dugaan) dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan
tautan satu dengan yang lain dari substansi atau materi pembelajaran.
|
Fase I dan II
|
Media Audio-visual
|
3.
|
Penjelasan guru, respon peserta didik, dan interaksi
edukatif guru-peserta didik harus terbebas dari prasangka yang serta-merta,
pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
|
Fase I dan II
|
Media Audio dan Media Visual
|
3.
|
Substansi atau materi pembelajaran benar-benar
berdasarkan fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau
penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng
semata.
|
Fase II
|
Media Audio-visual
|
4.
|
Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir
secara kritis, analitis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami,
memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.
|
Fase II dan III
|
Multimedia
|
6.
|
Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu
memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan
objektif dalam merespon substansi atau materi pembelajaran.
|
Fase II dan III
|
Multimedia
|
7.
|
Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang
dapat dipertanggung-jawabkan.
|
Fase III
|
Media Visual
|
Tag :
Proposal Tematik
0 Komentar untuk "Contoh Analisis Kegiatan Saintifik Berdasarkan Tahap-tahap Pembelajaran Tematik dan Jenis Media Pembelajaran"