katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan ( Develop ) dalam Skripsi IPA


3.        Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan ( Develop )
Tahap pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan ketentuan menurut para validator dan memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan berdasarkan hasil uji coba.
a.         Penilaian Perangkat Pembelajaran Para Ahli
Dalam tahap ini dilaksanakan validasi rancangan perangkat pembelarajan Draft 1. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hendaknya perangkat pembelajaran telah mampu mempunyai status valid. Idealnya seorang pengembang perangkat pemebelajaran perlu melakukan penilaian perangkat kepada para ahli (validator) mengenai perangkat yang telah dirancang.
Dalam penelitian ini pelaksanaan validasi ahli peneliti meminta bantuan dari 3 orang ahli, dengan rincian sebagai berikut:


Tabel 4.3
Daftar Nama Validator
No
Nama
Keterangan
1.
Drs. Asep Saepulrohman, M. Pd.
Dosen UPI Kampus Tasikmalaya
2.
Hj. Lilis Susilawati, S. Pd.
Guru dan wali kelas IV SDN 1 ...
3.
Farid Ma’ruf, S. Pd
Guru dan Mahasiswa Pascasarjana jurusan Bahasa Indonesia
Adapun hasil penilaian perangkat pembelajaran adalah sebagai berikut :
a)        Validasi silabus
Validasi untuk silabus meliputi beberapa aspek, yaitu kelengkapan komponen-komponen silabus, urutan komponen silabus, keterhubungan  komponen silabus secara fungsional, kesesuaian silabus dengan tingkat perkembangan siswa, keefektifan silabus untuk digunakan guru. Hasil validasi silabus disajikan dalam tabel berikut:
Tabel 4.4
Hasil Validasi Silabus
No
Aspek
Penilaian
Validator1
Validator2
Validator3
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
1.
Kelengkapan komponen-komponen silabus
5
4
3
2.
Urutan komponen silabus
4
4
4
3.
Keterhubungan  komponen silabus secara fungsional
4
5
5

Tabel 4.4
Hasil Validasi Silabus
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
4.
kesesuaian RPP dengan tingkat perkembangan siswa
4
4
4
5.
Keefektifan silabus untuk digunakan guru
5
4
4
Jumlah
22
21
20
Rata-rata
4.4
4.2
4
Rata-rata Keseluruhan
4.2

Dari tabel 4.4, didapatkan rata-rata keseluruhan dari penilaian para validator adalah sebesar 4.2. Adapun untuk menentukan kategori penilaian tersebut, maka rata-rata keseluruhan tersebut dibandingkan dengan kategori yang sebagai berikut:
Tabel 4.5
Kategori Penilaian
No
Rentang
Kategori
1.
X > 4.01
Sangat Baik
2.
3.34 < X ≤ 4.01
Baik
3.
2.26 < X ≤ 3.34
Cukup
4.
1.99 < X ≤ 2.26
Kurang
5.
X ≤ 1.99
Sangat Kurang
Sudijono (Budiningsih, et. al, 2010:22)
Maka, dapat disimpulkan bahwa penilaian para validator terhadap silabus yang dirancang peneliti berada dalam kategori Sangat Baik. Sehingga, silabus dinyatakan valid dan bisa digunakan setelah dilakukan revisi berdasarkan saran dari beberapa validator. Berkut ini adalah beberapa revisi yang dilakukan terhadap silabus.
Tabel 4.6
Hasil dan Analisis Data Validasi Silabus
No
Bagian Silabus
Sebelum Revisi
Sesudah revisi
1.
Nilai-nilai karakter
sikap terbuka untuk menerima dan menghargai kebera-gaman
sikap terbuka untuk menerima dan menghargai kebera-gaman pendapat
b)        Validasi RPP
Validasi untuk RPP meliputi beberapa aspek, yaitu kelengkapan komponen dan struktur RPP, keterhubungan komponen RPP secara fungsional dan mendukung pencapaian KD, kesesuaian RPP dengan tingkat perkembangan siswa, langkah-langkah pembelajaran tersusun sistematis, menyajikan metode dan langkah-langkah pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan dan efektif untuk pengembangan karakter siswa, menyajikan penilaian hasil belajar yang tepat, menyajikan sumber belajar yang beragam, dan keefektifan RPP untuk digunakan guru. Hasil validasi RPP disajikan dalam tabel berikut:
Tabel 4.7
Hasil Validasi RPP
No
Aspek
Penilaian
Validator1
Validator2
Validator3
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
1.
kelengkapan komponen dan struktur RPP
5
4
3
2.
Keterhubungan komponen RPP secara fungsional dan mendukung pencapaian KD
5
5
5
Tabel 4.7
Hasil Validasi RPP
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
3.
Langkah-langkah tersusun sistematis
4
4
4
4.
Kesesuaian RPP dengan tingkat perkembangan siswa, langkah-langkah pembelajaran tersusun sistematis
4
5
5
5.
Menyajikan metode dan langkah-langkah pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan dan efektif untuk pengembangan karakter siswa
4
5
5
6.
Menyajikan penilaian hasil belajar yang tepat
5
5
5
7.
Menyajikan sumber belajar yang beragam
5
4
4
8.
Keefektifan RPP untuk digunakan guru
4
4
4
Jumlah
36
36
35
Rata-rata
4.5
4.5
4.4
Rata-rata Keseluruhan
4.45


Dari tabel 4.7 didapatkan rata-rata keseluruhan dari penilaian para validator adalah sebesar 4.45. Adapun untuk menentukan kategori penilaian tersebut, maka rata-rata keseluruhan tersebut dibandingkan dengan kategori yang ditetapkan sebagai berikut:
Tabel 4.8
Kategori Penilaian
No
Rentang
Kategori
1.
X > 4.01
Sangat Baik
2.
3.34 < X ≤ 4.01
Baik
3.
2.26 < X ≤ 3.34
Cukup
4.
1.99 < X ≤ 2.26
Kurang
5.
X ≤ 1.99
Sangat Kurang
Dari hasil tersebut dapat ditetapkan bahwa RPP yang dikembangkan termasuk dalam kategori cukup valid, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji coba lapangan. Namun terlebih dahulu dilakukan revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator. Daftar revisi disajikan dalam tabel hasil dan analisis data validasi RPP  berikut:
Tabel 4.9
Hasil dan analisis data validasi RPP
No
Bagian RPP
Sebelum Revisi
Sesudah Revisi
(a)
(b)
(c)
(d)
1.
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan penyebab terjadinya perubahan kenampakan bumi melalui kegiatan tanya jawab dan pengamatan sekurang-kurangnya karena air, udara, dan cahaya matahari.
Siswa dapat menyebutkan penyebab terjadinya perubahan kenampakan bumi melalui kegiatan tanya jawab dan pengamatan video sekurang-kurangnya karena air, udara, dan cahaya matahari.
Tabel 4.9
Hasil dan Anlisis Data Hasil Validasi RPP
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
2.
Langkah-langkah pembelajaran
Guru mengaitkan ayat Al-Quran tersebut dengan fenomena alam yang diketahui siswa.
Siswa mengaitkan ayat Al-Quran yang disampaikan guru dengan fenomena alam yang diketahuinya.
3.
Langkah-langkah pembelajaran
Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai fenomena alam yang berkaitan dengan materi perubahan kenampakan bumi.
Siswa menyebutkan fenomena alam yang berkaitan dengan materi perubahan kenampakan bumi dengan dibimbing oleh guru.
5.
Metode Pembelajaran
-
Ditambahkan Model, Pendekatan, Metode.
6.
Penilaian
-
Ditambahkan Kriteria Ketuntasan Minimal

c)        Validasi Bahan Ajar
Penilaian validator terhadap bahan ajar meliputi beberapa aspek yaitu kelayakan ikesesuaian dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, kesesuaian dengan kebutuhan siswa, kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar, kebenaran substansi materi, manfaat untuk menambah wawasan pengetahuan, kesesuaian dengan nilai-nilai, moral dan social, keterbacaan, kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia, dan desain tampilan. Hasil penilaian disajikan dalam tabel 4.10 berikut;

Tabel 4.10
Hasil Validasi Bahan Ajar
No
Aspek
Penilaian
Validator 1
Validator 2
Validator 3
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
1.
Kesesuaian dengan SK, KD
5
5
5
2.
Kesesuaian dengan kebutuhan siswa
4
5
5
3.
Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar
4
5
5
4.
Kebenaran substansi materi
4
5
5
5.
Manfaat untuk penambahan wawasan pengetahuan
5
5
5
6.
Kesesuaian dengan nilai-nilai, moralitas, sosial
4
5
5
7.
Keterbacaan
5
5
5
8.
Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia
4
5
5
9.
Desain tampilan
5
4
4
Jumlah
35
44
44
Rata-rata
3.9
4.9
4.9
Rata-rata keseluruhan
4.57
Dari tabe1 4.10, didapatkan rata-rata keseluruhan dari penilaian para validator adalah sebesar 4.57. Adapun untuk menentukan kategori penilaian tersebut, maka rata-rata keseluruhan tersebut dibandingkan dengan kategori yang ditetapkan oleh Anas Sudijono (Budiningsih, et. al, 2010:22) sebagai berikut:
Tabel 4.11
Kategori Penilaian
No
Rentang
Kategori
1.
X > 4.01
Sangat Baik
2.
3.34 < X ≤ 4.01
Baik
3.
2.26 < X ≤ 3.34
Cukup
4.
1.99 < X ≤ 2.26
Kurang
5.
X ≤ 1.99
Sangat Kurang
Dari hasil tersebut dapat ditetapkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik atau valid, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji coba lapangan. Namun terlebih dahulu dilakukan revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator. Hasil revisi disajikan dalam tabel 4.12 berikut ini:
Tabel 4.12
Hasil dan Analisis Data Validasi Buku/Bahan Ajar
No
Bagian bahan ajar
Sebelum Revisi
Sesudah revisi
1.
Cover dan Kata Pengantar
Handout
Bahan Ajar
2.
Bab I bahan ajar
Tetapi selalu mengalami perubahan yang disebabkan oleh faktor penyebab tertentu.
Tetapi selalu mengalami perubahan yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab.


d)       Validasi Lembar Kerja Siswa
LKS atau Lembar Kerja Siswa yang dirancang dalam penelitian ini berisi tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa. Adapun aspek-aspek penilaian dalam validasi LKS ini meliputi Kesesuaian LKS dengan SK dan KD, Kelengkapan LKS, Kejelasan bahasa, Sistematika. Hasil penilaian disajikan dalam tabel berikut;
Tabel 4.13
Hasil Validasi LKS
No
Aspek
Penilaian
Validator 1
Validator 2
Validator 3
1.
Kesesuaian LKS dengan SK dan KD
5
5
5
2.
Kelengkapan LKS
5
5
5
3.
Kejelasan bahasa
4
5
5
4.
Sistematika
4
4
4

Jumlah
18
19
19
Rata-rata
4.5
4.75
4.75
Rata-rata keseluruhan
4.67
Dari tabel 4.13, didapatkan rata-rata keseluruhan dari penilaian para validator adalah sebesar 4.67. Adapun untuk menentukan kategori penilaian tersebut, maka rata-rata keseluruhan tersebut dibandingkan dengan kategori yang ditetapkan oleh Anas Sudijono (Budiningsih, et. al, 2010:22) sebagai berikut:





Tabel 4.14
Kategori Penilaian
No
Rentang
Kategori
1.
X > 4.01
Sangat Baik
2.
3.34 < X ≤ 4.01
Baik
3.
2.26 < X ≤ 3.34
Cukup
4.
1.99 < X ≤ 2.26
Kurang
5.
X ≤ 1.99
Sangat Kurang
Dari hasil tersebut dapat ditetapkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik atau valid, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji coba lapangan. Namun terlebih dahulu dilakukan revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator. Hasil dan analisis data validasi LKS disajikan dalam tabel 4.15.
Tabel 4.15
Hasil dan analisis data validasi LKS
No
Bagian LKS
Sebelum Revisi
Sesudah revisi
(a)
(b)
(c)
(d)
1.
Pendahuluan
Bacalah petunjuk-petunjuk yang tersedia dengan teliti.
Bacalah petunjuk dengan cermat dan teliti.
2.
Pendahuluan
Lakukanlah kegiatan ini secara berkelompok dan bekerjalah sesuai dengan petunjuk yang tertera.
Lakukanlah kegiatan ini secara berkelompok dan bekerjalah secara sistematis sesuai dengan petunjuk yang tertera.



Tabel 4.15
Hasil dan analisis data validasi LKS
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
3.
Uraian Materi
Cahaya matahari, selain cahaya matahari besar manfaatnya bagi manusia, cahaya matahari juga dapat menyebabkan perubahan kenampakan bumi. Diantaranya adalah dapat menyebabkan kebakaran hutan.
Cahaya matahari, cahaya matahari bermanfaat bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Cahaya matahari juga dapat menyebabkan perubahan kenampakan bumi. Diantaranya adalah dapat menyebabkan kebakaran hutan.
4.
Uraian Materi
Sinar bulan ini sebenarnya berasal dari matahari yang dipantulkan oleh bulan.
Sinar bulan ini sebenarnya berasal dari sinar matahari yang dipantulkan oleh bulan.
5.
Uraian Materi
Peristiwa ini menyebabkan bulan memiliki bentuk yang berbeda-beda bila dilihat dari bumi pada malam hari.
Peristiwa ini menyebabkan kenampakan  bulan berbeda-beda bila dilihat dari bumi pada malam hari.
6.
Langkah Kerja
Masukkan pasir ke dalam kotak plastik, bentuk menyerupai selokan/sungai.
Masukkan pasir ke dalam kotak plastik, bentuk menyerupai selokan.
7.
Langkah Kerja
Ukurlah lebar jalur yang tidak terkena pasir/tanah.
Ukurlah lebar selokan yang tidak terkena pasir/tanah.

Tabel 4.15
Hasil dan analisis data validasi LKS
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
8.
Langkah Kerja
Alirkan air secara perlahan ke jalur yang tidak terkena pasir.
Alirkan air secara perlahan ke selokan yang tidak terkena pasir.
9.
Langkah Kerja
Bagaimanakah lebar jalur sebelum dan sesudah dialiri air? Samakah?
Bagaimanakah lebar selokan sebelum dan sesudah dialiri air? Samakah?
10.
Langkah Kerja
Contoh bagan tidak jelas
Contoh bagan diperjelas
e)        Validasi Lembar Evaluasi
Evaluaasi yang diranang peneliti disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, yaitu memuat ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Adapn aspek penilaiannya meliputi Kesesuaian alat evaluasi dengan tujuan, Kelengkapan alat evaluasi, Kemudahan alat evaluasi, Kejelasan bahasa.
Tabel 4.16
Hasil Validasi Evaluasi
No
Aspek
Penilaian
Validator 1
Validator 2
Validator 3
(a)
(b)
(a)
(c)
(d)
1.
Kesesuaian alat evaluasi dengan tujuan
5
5
5
2.
Kelengkapan alat evaluasi
5
5
5
3.
Kemudahan alat evaluasi
5
4
4

Tabel 4.16
Hasil Validasi Evaluasi
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
4.
Kejelasan bahasa
4
4
3

Jumlah
19
18
17
Rata-rata
4.75
4.5
4.25
Rata-rata keseluruhan
4.42
Dari tabel 4.16, didapatkan rata-rata keseluruhan dari penilaian para validator adalah sebesar 4.42. Adapun untuk menentukan kategori penilaian tersebut, maka rata-rata keseluruhan tersebut dibandingkan dengan kategori yang ditetapkan oleh Anas Sudijono (Budiningsih, et. al, 2010:22) sebagai berikut:
Tabel 4.17
Kategori Penilaian
No
Rentang
Kategori
1.
X > 4.01
Sangat Baik
2.
3.34 < X ≤ 4.01
Baik
3.
2.26 < X ≤ 3.34
Cukup
4.
1.99 < X ≤ 2.26
Kurang
5.
X ≤ 1.99
Sangat Kurang
Dari hasil tersebut dapat ditetapkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori cukup valid, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji coba lapangan.
Dengan dilaksanakan penilaian oleh para ahli dan dengan hasil dari semua perangkat pembelajaran “valid dengan revisi”, maka hasil dari revisi perangkat pembelajaran draft 1 menjadi perangkat pembelajaran draft 2.
b.        Uji Coba Perangkat Pembelajaran
Uji coba perangkat ini dilaksanakan dalam 2 hari, yaitu hari Selasa, 7 Mei 2013 dan hari Kamis, 9 Mei 2013, dilakukan pada jam pelajaran IPA yang biasa digunakan oleh siswa kelas IV dengan 41 siswa dalam kelas IV A dan IV B SDN 1 ... semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Pelakasanaan uji coba ini dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh wali kelas IV A dan IV B sebagai pengamat.
Kegiatan uji coba ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran apabila diterapkan pada kelas yang dimaksud. Kegiatan uji coba ini dilaksanakan sesuai dengan skenario pada RPP. Sebelum pembelajaran dimulai, peneliti melakukan pretest pada siswa kemudian membagikan buku siswa kepada setiap siswa. Kemudian sesuai dengan RPP, pada kegiatan inti guru membagikan LKS dan di akhir pembelajaran peneliti memberikan soal evaluasi. Selain itu, pada keiatan akhir siswa diminta untuk mengisi lembar angket respon siswa untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dan keiatan pembelajaran yang  dikembangkan.
Analisis data penilaian siswa pada waktu uji coba dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Dalam uji coba ini diperoleh data tentang keterlaksanaan RPP, respon siswa, hasil belajar siswa, dan penanaman karakter siswa. Hasil uji coba terbatas ini akan dilakukan untuk merevisi perangkat pembelajaran draft 2 yang dikembangkan, sehingga dihasilkan perangkat pembelajaran draft 3.
Data yang diperoleh dalam uji coba terbatas ini adalah sebagai berikut :
1)        Hasil dan analisis keterlaksanaan RPP







Tabel 4.18
Hasil Keterlaksanaan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah yang Diamati
Penilaian
Rata-rata tiap Langkah
Rata-rata per kategori
RPP 1
RPP 2
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
Penda-huluan
1.    Melakukan pembiasaan religious
2.    Menghubungkan pelajaran dengan pelajaran sebelumnya.
3.    Memotivasi siswa.
4.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
3

4


-
4
4

3


3
4

3.5

3.5


1.5
4
3.12
Inti
1.     Menyajikan atau memberikan masalah kontekstual
2.     Meminta siswa untuk memahami masalah kontekstual dengan kata-kata sendiri.
4


4
4


4

4


4

3.68
Inti
3.     Menyajikan atau memberikan masalah kontekstual
4.     Meminta siswa untuk memahami masalah kontekstual dengan kata-kata sendiri.
4


4


4


4



4


4


3.68

Tabel 4.18
Hasil Keterlaksanaan Pembelajaran
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
Inti
5.     Membantu siswa untuk memahami soal dengan mengartikan soal yang dikaji dengan pengalaman siswa sebelumnya
6.     Memberi waktu cukup agar siswa dapat menemukan sendiri jawaban dan cara untuk menjawab soal.
7.     Mengamati cara siswa menyelesaikan masalah dan memberikan bantuan secara terbatas.
8.     Mengoptimalkan interaksi siwa dalam bekerja.
9.     Mendorong siswa untuk membandingkan jawaban yang diperolehnya dengan jawaban temannya.
10. Meminta beberapa siswa untuk menjelaskan jawaban kepada siswa lain.
11. Menghargai berbagai pendapat si
4




3



4



3

3



4


4
4




4



4



3

3



4


4

4




3.5



4



3

3



4


4
3.68
Tabel 4.18
Hasil Keterlaksanaan Pembelajaran
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)

12. Mendorong siswa untuk bertanya/ menjawab pertanyaan dari guru/temanya.
3


3



3



Penutup
1.      Mengarahkan siswa untuk menarik suatu kesimpulan konsep/prosedur.
2.     Mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman materi pelajaran.
3.     Memberikan siswa soal latihan mandiri

4


-


4

4


4


4

4


2


4




3
Jumlah Aspek Terlaksana
15
17

32
Presentase Keterlaksanaan
94%
Rata-rata nilai keterlaksanaan
3.27
Tabel 4.18, menunjukkan bahwa setiap langkah pembelajaran yang telaksana untuk presentase keterlaksanaan telah memenuhi batas efektif, dengan nilai rata–rata total sebesar 3,27 yang berarti kegiatan pembelajaran dalam RPP terlaksana dalam kategori “BAIK”.
2)        Hasil dan analisis respon siswa
Data respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter diperoleh dengan menggunakan angket respon siswa yang diberikan setelah berakhirnya proses pembelajaran. Data yang diperoleh disajikan dalam tabel 4.19
Tabel 4.19
Data Respon Siswa
Uraian Pertanyaan
Penilaian
Senang
Tidak senang
Jumlah
Presentase
Jumlah
Presentase
1.         Bagaimanakah perasaanmu terhadap pembelajaran yang dilakukan?
39
95%
2
5%
2.         Bagaimanakah persaanmu terhadap buku/bahan ajar yang diberikan peneliti?
38
93%
3
7%
3.         Bagaimana perasaanmu terhadap LKS dan kegiatan percobaan yang kalian lakukan?
39
95%
2
5%
4.         Bagaiamana perasaanmu terhadap suasana pembelajaran yang dilakukan?
31
75%
10
25%
5.    Apakah kamu berminat mengikuti kegiatan belajar berikutnya seperti yang telah dilakukan bersama peneliti?
33
81%
8
19%
Rata-rata presentase
36
87.8 %
25
12.2%

Adapun rata–rata presentase siswa yang senang terhadap pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter 95%, 93% siswa senang menggunakan buku/bahan ajar yang dirancang peneliti, 95% siswa senang dengan kgiatan percobaan dan LKS yang dirancang peneliti, 75% siswa menyukai suasana pembelajaran, dan 81% siswa berminat mengikuti pembelajaran seperti pembelajaran yang telah dilakukan. Data tersebut menunjukkan 87.8% siswa merespon dalam kategori positif terhadap pembelajaran, sehingga respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif.
3)        Hasil dan analisis hasil belajar siswa
Data hasil belajar siswa diperoleh dari 41 orang siswa yaitu siswa kelas IV A dan IV B SDN 1 ... Kecamatan ... Ciamis Kabupaten Ciamis. Nilai hasil belajar ditetapkan berdasarkan skor jawaban benar dari 25 item soal pilihan ganda yang diberikan. Data skor setiap item untuk pre test dan post test ditunjukan pada Lampiran. Skor setiap jawaban benar = 1 dan setiap jawaban salah = 0, skor maksimum = 25, dan nilai maksimum = 100. Kategori hasil belajar didasarkan pada interval kategori hasil belajar menurut Rahmat dan Solehudin (2006:65) dengan ketentuan sebagai berikut:
Tabel 4.20
Interval Kategori Hasil Belajar
No.
Rambu-rambu Interval Nilai
Kategori
1.
X ≥ ideal + 1,5 Sideal
Sangat Tinggi
2.
ideal + 0,5 Sideal ≤ X < ideal + 1,5 Sideal
Tinggi
3.
ideal - 0,5 Sideal ≤ X < ideal + 0,5 Sideal
Sedang
4.
ideal - 1,5 Sideal ≤ X < ideal - 0,5 Sideal
Rendah
5.
X < ideal - 1,5 Sideal
Sangat Rendah
Keterangan:     ideal =  Xideal , Sideal =   ideal
Untuk pre test dan post test Xideal (nilai ideal) = 100, ideal = 50, dan Sideal  = 16,67. Dengan demikian (setelah dilakukan pembulatan desimal) interval kategori hasil belajar adalah sebagai berikut.
Tabel 4.21
Interval Kategori Hasil Belajar
No.
Interval Nilai
Kategori Hasil Belajar
1.
X ≥ 75
Sangat Tinggi
2.
60 ≤ X < 75
Tinggi
3.
40  ≤ X < 60
Sedang
4.
25 ≤ X < 40
Rendah
5.
X < 25
Sangat Rendah

Tabel 4.22
Presentase Hasil Belajar Pretest dan Posttest
Interval Nilai
Kategori Hasil Belajar
F
Persentase
Pretest
F
Persentase
Posttest
X ≥ 75
Sangat Tinggi
11
27%
41
100%
60 ≤ X < 75
Tinggi
30
73%
0
0%
40  ≤ X < 60
Sedang
0
0%
0
0%
25 ≤ X < 40
Rendah
0
0%
0
0%
X < 25
Sangat Rendah
0
0%
0
0%

Untuk keperluan analisis kualitas hasil belajar siswa, dilakukan perhitungan normal gain terhadap perbedaan antara nilai post test dengan nilai pre test. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah perubahan hasil belajar siswa termasuk efektif atau tidak. Rumus normal gain (Ngain) menurut Meltzer (Nurramadani, 2012:62) adalah:
Normal Gain =
Interpretasi efektifitas dari Ngain diadaptasi dari klasifikasi dari Arikunto (1999:22), yaitu:
Tabel 4.23
Kategori Interpretasi Normal Gain
Normal Gain
Tafsiran
< 0,40
Tidak efektif
0,40 – 0,55
Kurang efektif
0,56 – 0,75
Cukup efektif
> 0,76
Efektif
Data tabulasi nilai pre test dan post test ditunjukkan pada Lampiran. Rekapitulasi dari hasil tabulasi tersebut ditunjukkan pada tabel 23.4 berikut:
Tabel 4.24
Rekapitulasi Penghitungan Normal Gain
No
Nama Siswa
Nilai Pretest
Nilai Posttest
Normal Gain
Kategori
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
1
R1
68
80
0.38
Tidak Efektif
2
R2
68
88
0.63
Cukup Efektif
3
R3
68
88
0.63
Cukup Efektif
4
R4
76
92
0.67
Cukup Efektif
5
R5
68
84
0.50
Kurang Efektif
6
R6
76
96
0.83
Efektif
7
R7
72
88
0.57
Cukup Efektif
8
R8
68
80
0.38
Tidak Efektif
9
R9
64
84
0.56
Cukup Efektif
10
R10
60
84
0.60
Cukup Efektif
Tabel 4.24
Rekapitulasi Penghitungan Normal Gain
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
11
R11
68
84
0.50
Kurang Efektif
12
R12
76
92
0.67
Cukup Efektif
13
R13
72
88
0.57
Cukup Efektif
14
R14
68
84
0.50
Kurang Efektif
15
R15
68
84
0.50
Kurang Efektif
23
R23
64
80
0.44
Kurang Efektif
24
R24
68
80
0.38
Tidak Efektif
25
R25
76
96
0.83
Efektif
26
R26
68
84
0.50
Kurang Efektif
27
R27
68
80
0.38
Tidak Efektif
28
R28
72
88
0.57
Cukup Efektif
29
R29
64
88
0.67
Cukup Efektif
30
R30
76
96
0.83
Efektif
31
R31
64
80
0.44
Kurang Efektif
32
R32
72
92
0.71
Cukup Efektif
33
R33
68
80
0.38
Tidak Efektif
34
R34
76
92
0.67
Cukup Efektif
35
R35
68
88
0.63
Cukup Efektif
36
R36
76
96
0.83
Efektif
37
R37
76
96
0.83
Efektif
38
R38
72
92
0.71
Cukup Efektif
39
R39
68
80
0.38
Tidak Efektif
40
R40
68
84
0.50
Kurang Efektif
41
R41
72
88
0.57
Cukup Efektif
Berdasarkan hasil penghitungan normal gain, secara keseluruhan terdapat 14.6 % efektif, 48.8% Cukup efektif, 21.9% kurang efektif. Sehingga bisa dikatakan pembelajaran berjalan dengan cukup efektif. Selanjutnya untuk menegaskan signifikan tidaknya perubahan penguasaan konsep siswa, dilakukan analisis normal gain dengan melakukan uji perbedaan rerata (mean) antara nilai pre test dengan nilai post test. Tahapan uji statistik yang dilakukan adalah:
a)        Melakukan Uji Normalitas dan Homogenitas
Apabila data pre test dan post test berdistribusi normal dan homogen maka uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik. Sebaliknya jika tidak berdistribusi normal dan tidak homogen uji hipotesis menggunakan statistik non-parametrik. Perhitungan dan analisis uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan bantuan dan otoritas kaidah keputusan pada program SPSS 16.0. Menurut (Uyanto, 2009:40) tahapan uji statistik adalah sebagai berikut:
(1)     Menentukan hipotesis uji statistik dan kaidah penerimaan/ penolakan hipotesis pada tingkat signifikansi α = 0,05 sebagai berikut.
H0 :   data pre test dan post test pada pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter berasal dari populasi yang berdistribusi normal
H1 :  data pre test dan post test pada pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter tidak berasal dari populasi yang berdistribusi normal
Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai probabilitas (P-value) < α maka H0 ditolak atau H1 diterima; dan jika nilai probabilitas (P-value) > α maka H0 diterima atau H1 ditolak. Dalam output data hasil perhitungan SPSS 16.0, P-value sering dinyatakan dengan istilah significance (Sig.), jadi P-value = Sig. (Uyanto, 2009:40). 
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan ( Develop ) dalam Skripsi IPA"

Back To Top