F. Metode Demonstrasi dalam Penjumlahan
Bilangan Cacah
Pada pembelajaran melalui metode demonstrasi dalam penjumlahan bilangan
cacah guru memberikan LKS dan menjelaskan prosedur pengisian LKS dengan
mendemonstrasikan langsung cara pemecahan masalah sebagai contoh pada siswa.
Soal yang diberikan adalah soal penjumlahan bilangan cacah yang tertuang dalam
LKS yang sudah dipersiapkan guru, namun dilanjutkan pada penggunaan kalimat
matematika dan penjumlahan dengan berbagai teknik. Dari contoh di atas dapat
dikembangkan menjadi :
(1)
Ambillah contoh-contoh benda yang dapat
mewakili bilangan 13 dan bilangan 7, misalnya kelereng
(2)
Lakukan
penggabungan antara 13 kelereng dengan 7 kelereng menjadi satu wadah, suruhlah
siswa untuk menghitung satu per satu kelereng yang sudah dijadikan satu wadah
tersebut.
(3)
Tulislah kejadian tersebut dalam kalimat : “tiga belas
kelereng digabungkan dengan tujuh kelereng menjadi dua puluh kelereng” atau “tiga
belas kelereng ditambah tujuh kelereng sama dengan dua puluh kelereng”.
(4)
Lakukanlah penggunaan lambang bilangan dan
simbol-simbol dalam matematika yang sebenarnya, seperti : “13 kelereng+7
kelereng= 20 kelereng”.
(5)
Gunakanlah kalimat matematika yang sebenarnya, yaitu :
13+7=20.
(6)
Gunakan juga bentuk penjumlahan bersusun seperti :
(7)
Atau gunakan juga bentuk penjumlahan dengan
pengelompokkan :
13+7 = (10+3)+(7)
= 13+7
= 20
(8)
Suruhlah siswa untuk membuat kalimat biasa dari kalimat
matematika “13+7=20” agar dapat diterapkan dalam berbagai kasus.
Tag :
Skripsi Matematika
0 Komentar untuk "Contoh Metode Demonstrasi dalam Penjumlahan Bilangan Cacah dalam Skripsi Matematika"