katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Metode Demonstrasi dalam Penjumlahan Bilangan Cacah dalam Skripsi Matematika


F.    Metode Demonstrasi dalam Penjumlahan Bilangan Cacah
     Pada pembelajaran melalui metode demonstrasi dalam penjumlahan bilangan cacah guru memberikan LKS dan menjelaskan prosedur pengisian LKS dengan mendemonstrasikan langsung cara pemecahan masalah sebagai contoh pada siswa. Soal yang diberikan adalah soal penjumlahan bilangan cacah yang tertuang dalam LKS yang sudah dipersiapkan guru, namun dilanjutkan pada penggunaan kalimat matematika dan penjumlahan dengan berbagai teknik. Dari contoh di atas dapat dikembangkan menjadi :
(1)   Ambillah contoh-contoh benda yang dapat mewakili bilangan 13 dan bilangan 7, misalnya kelereng

                            
(2)   Lakukan penggabungan antara 13 kelereng dengan 7 kelereng menjadi satu wadah, suruhlah siswa untuk menghitung satu per satu kelereng yang sudah dijadikan satu wadah tersebut.
 
(3)   Tulislah kejadian tersebut dalam kalimat : “tiga belas kelereng digabungkan dengan tujuh kelereng menjadi dua puluh kelereng” atau “tiga belas kelereng ditambah tujuh kelereng sama dengan dua puluh kelereng”.
(4)   Lakukanlah penggunaan lambang bilangan dan simbol-simbol dalam matematika yang sebenarnya, seperti : “13 kelereng+7 kelereng= 20 kelereng”.
(5)   Gunakanlah kalimat matematika yang sebenarnya, yaitu : 13+7=20.
(6)   Gunakan juga bentuk penjumlahan bersusun seperti :
(7)   Atau gunakan juga bentuk penjumlahan dengan pengelompokkan :
13+7 = (10+3)+(7)
         = 13+7
         = 20
(8)   Suruhlah siswa untuk membuat kalimat biasa dari kalimat matematika “13+7=20” agar dapat diterapkan dalam berbagai kasus.
0 Komentar untuk "Contoh Metode Demonstrasi dalam Penjumlahan Bilangan Cacah dalam Skripsi Matematika"

Back To Top