katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Asumsi, Hipotesis Tindakan dan Definisi Operasional dalam Skripsi Matematika


E.    Asumsi
Keberhasilan pembelajaran dapat dicapai dalam kondisi lingkungan belajar yang kondusif, dan dalam pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Salah satu hal yang dapat dilakukan guru dalam menciptakan situasi kondusif dan mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi pelajarannya.
     Metode pembelajaran yang begitu banyak dapat dipilih dan digabungkan dengan teknik-teknik pembelajaran agar meningkatkan aktivitas siswa sehingga prestasi belajarnya dapat mencapai hasil yang memuaskan. Metode yang sangat mungkin untuk kondisi di atas adalah metode pembelajaran demonstrasi, karena metode demonstrasi banyak melibatkan aktivitas dan kreativitas siswa, sehingga siswa tidak lagi menjadi objek pembelajaran.
     Dengan metode demonstrasi siswa akan merasa lebih dihargai karena mereka dapat menyampaikan atau menampilkan segala bentuk aspirasi dan kreativitasnya. Dalam pembelajaran ini guru hanya menjadi fasilitator dan mediator, tetapi diharapkan guru dapat memberikan nilai kepada siswa atas segala kegiatannya sebagai salah satu alternatif memotivasi kegiatan belajar siswa.

F.     Hipotesis Tindakan
     Berdasarkan latar belakang rencana pemecahan masalah dan kajian teori sebagaimana diuraikan di atas, maka hipotesis tindakan secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut :
     “Jika pembelajaran matematika tentangmenjumlahkan bilangan cacah menggunakan metode demonstrasi, maka kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut akan meningkat”.

G.    Definisi Operasional
1.      Metode Demonstrasi
     Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan oleh seorang guru atau orang luar yang sengaja didatangkan atau murid sekalipun untuk mempertunjukkan gerakan-gerakan suatu proses dengan prosedur yang benar disertai keterangan-keterangannya. Biasanya metode ini digunakan untuk menyajikan pembuktian rumus atau demonstrasi alat peraga oleh guru. Dalam hal ini siswa pun memiliki kesempatan untuk melakukan demonstrasi dari hasil pengerjaan latihan atau penggunaan alat peraga.
2.      Kemampuan Siswa
     Kemampuan siswa merupakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direplikasikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Kebiasaan berpikir dan bertindak secara konsisten dan terus menerus memungkinkan seseorang menjadi kompeten, dalam arti memiliki pengetahuan keterampilan dan nilai-nilai dasar untuk melakukan sesuatu.
3.      Penjumlahan Bilangan Cacah
     Penjumlahan bilangan cacah merupakan suatu materi matematika yang diajarkan pada siswa SD tingkat awal. Penjumlahan bilangan cacah dapat dilakukan dengan cara langsung atau dengan cara bersusun panjang.

Untuk melanjutkan silahkan ---------- KLIK DISINI -----------  
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Asumsi, Hipotesis Tindakan dan Definisi Operasional dalam Skripsi Matematika"

Back To Top