2.
Deskripsi Hasil Tahap
Perancangan ( Design )
Pada tahap
perancangan ini bertujuan untuk merancang perencanaan pembelajaran yang terdiri
dari silabus tematik dan RRP berdasarkan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SD.
Langkah yang harus dilakukan pada tahap ini yaitu penyusunan standar tes (criterion-test
construction),pemilihan media (media selection), pemilihan format (format
selection), dan membuat rancangan awal yang dijelaskan sebagai berikut :
a.
Penyusunan tes
Menurut
Arikunto (2002, hlm. 53) “ tes
merupakan alat
atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam
suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan.” Tes ini
berfungsi untuk melihat sejauh mana keberhasilan program pengajaran yang telah
dilakukan dan dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam menentukan tingkat
kelulusan siswa.
Penyusunan tes dalam penelitian ini yaitu analisis tugas
dan analisis konsep yang dirumuskan secara khusus pada tujuan pembelajaran. Tes
yang diberikan kepada siswa dalam penelitian terdiri dari tes awal dan tes
akhir yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa dan hasil belajar
pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SD.
Prosedur penyusan tes dalam penelitian ini mengacu pada
langkah-langkah penyusunan tes yang dipaparkan oleh Rakhmat & Solehuddin
(2006, hlm.25) yaitu :
1)
Mengidentifikasi
tujuan-tujuan instruksional dan lingkup materi yang seyogianya diungkap
2)
Menyusun
kisi-kisi
3)
Membuat
soal sekaligus dengan kunci jawaban
4)
Mengadakan
pemeriksaan terhadap setiap butir soal
5)
Mengorganisasikan
tes menurut tipe-tipe soal yang dibuat
6)
Membuat
petunjuk pengerjaan soal
7)
Mengadakan
uji coba
8)
Merevisi
soal atau membuang soal apabila tidak memenuhi syarat
9)
Mengorganisasikan
kembali soal dalam bentuk final
10) Memperbanyak soal
Setelah menyusun
tes, peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas yang bertujuan untuk mengetahui
tingkat kebaikan suatu tes sehingga menghasilkan data secara tepat. Hal ini
sejalan dengan pendapat Arikunto (2002, hlm.52) “ sebuah tes yang baik sebagai
alat pengukur harus memenuhi syarat sekurang-kurangnya validitas dan
reliabilitas.” Peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas tes pada SD
yang memiliki karakteristik siswa yang hampir sama dengan siswa kelas IV di SDN
2 Tanjungpura, SDN 3 Tanjungpura, dan SDN Manggungsari. Hasil uji validitas dan
reliabilitas dapat dilihat pada lampiran.
b.
Pemilihan media
Menurut
Rossi & Breidle dalam Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran (2007,
hlm.172) mengemukakan bahwa ‘ media pembelajaran adaalah seluruh alat dan bahan
yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan. Dengan demikian media pembelajaran
merupakan alat yang dapat digunakan guru untuk kepentingan pembelajaran dalam
upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui media tersebut diharapkan siswa
lebih mudah memahami materi ajar.
Pemilihan
media dalam penelitian ini didasarkan pada analisis tugas dan analisis konsep
yaitu menggunakan media visual berupa gambar-gambar tentang gaya gesek, alat
dan bahan yang dibutuhkan dalam melakukan percobaan tentang gaya gesek dan
benda-benda asli yang diperoleh dari lingkungan sekolah seperti bola, sepatu
dan lain-lain yang bertujuan membantu siswa untuk menemukan sendiri konsep
pembelajaran dan mempermudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan.
c.
Pemilihan format
Pada
tahap ini, pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya
dan gerak di kelas IV SD dengan memadukan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia
dan SBdP memilih format yang terdiri dari format untuk merancang isi, model
pembelajaran, metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan
dengan karakteristik kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar.
Silabus
yang akan dirancang pada penelitian ini merupakan silabus pembelajaran tematik
dengan menggunakan format tabel yang mengacu pada Standar Proses No. 65 Th 2013, silabus memuat identitas, mencantumkan KI,
KD, materi pokok, pengalaman belajar, indikator pencapaian kompetensi,penilaian,
alokasi waktu dan sumber belajar/alat/bahan.
Sedangkan
dalam merancang RPP pada pembelajaran tematik berdasarkan model pembelajaran
inkuiri terbimbing, peneliti menggunakan format berdasarkan Standar Proses No. 65 Th 2013. Komponen RPP ini meliputi
:
1) Identitas RPP yang meliputi identitas sekolah, kelas/semester,
tema, sub tema, pembelajaran ke-,
2) Kompetensi Inti dari silabus
3) Kompetensi Dasar dari silabus
4) Indikator pencapaian kompetensi
5) Tujuan pembelajaran
6) Karakter yang diharapkan muncul dari kegiatan
pembelajaran
7) Materi ajar
8) Alokasi waktu yang diperlukan
9) Metode pembelajaran
10) Kegiatan pembelajaran
11) Alat dan sumber belajar
12) Penilaian proses dan hasil belajar
Adapun model, metode dan pendekatan pembelajaran yang
digunakan dalam perencanaan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan
adalah inkuiri terbimbing karena dipandang sebagai salah satu model yang sesuai
dengan karakteristik kurikulum 2013 yang bertujuan untuk melibatkan siswa secara langsung dalam menemukan sendiri tentang
konsep pembelajaran siswa lebih memahami ilmu dan
ilmu tersebut akan bertahan lama dalam diri siswa. Pemilihan metode
pembelajaran yang digunakan cukup variatif diantaranya metode diskusi,
pengamatan, tanya jawab dan percobaan yang dikemas dengan pendekatan saintifik dengan
menciptakan suasana yang menyenangkan dan berusaha mengembangankan keterampilan
sains yang meliputi mengamati, menanya,
menalar, mencoba dan membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran
d.
Perancangan awal
Perancangan awal pengembangan model pembelajaran inkuiri
terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SD dilakukan setelah
melakukan tahap penyusunan tes, pemilihan media, dan pemilihan format. Tujuan
perancangan awal ini merupakan kegiatan yang harus ditempuh dalam menyusun
perencanaan pembelajaran sebelum melakukan validasi ahli dan uji coba di
lapangan. Rancangan awal perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus
pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri
terbimbing ini disebut draft 1. Adapun penjelasan tentang
rancangan awal perencanaan pembelajaran sebagai berikut :
1)
Rancangan Awal Silabus
Dalam
merancang silabus pembelajaran tematik , peneliti mengacu pada Standar Proses No. 65 Th 2013 yang memuat identitas, mencantumkan KI, KD, materi pokok,
pengalaman belajar, indikator pencapaian kompetensi,penilaian, alokasi waktu
dan sumber belajar/alat/bahan. Format silabus pembelajaran tematik yang
dirancang peneliti adalah format tabel yang bertujuan untuk memudahkan pembaca.
Silabus
pembelajaran yang dirancang peneliti adalah dengan menambahkan identitas
silabus secara lengkap yang terdiri dari nama sekolah, tema, subtema, mata
pelajaran yang dipadukan, kelas dan semester. Selain itu, mencantumkan kompetensi
dasar sesuai dengan mata pelajaran yang dipadukan, mencantumkan metode
pembelajaran dalam pengalaman belajar dan menambahkan karakteristik yang
diharapkan beserta deskripsinya.
2)
Rancangan Awal RPP
Rancangan awal RPP pada pembelajaran tematik berdasarkan
model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan memadukan mata pelajaran IPA,
Bahasa Indonesia, dan SBdP subtema gaya dan gerak. Dalam merancang RPP
tersebut, peneliti mengacu pada Standar Proses No. 65 Th 2013. Komponen RPP ini meliputi : a) Identitas RPP yang meliputi identitas
sekolah, kelas/semester, tema, sub tema,
Pembelajaran ke
b) Kompetensi Inti dari silabus
c) Kompetensi Dasar dari silabus
d) Indikator pencapaian kompetensi
e) Tujuan pembelajaran
f) Karakter yang diharapkan muncul dari kegiatan
pembelajaran (ditambahkan deskripsi karakter)
g) Materi ajar
h) Alokasi waktu yang diperlukan
i) Metode,model dan pendekatan pembelajaran
j) Kegiatan pembelajaran dengan mengembangkan
fase-fase model pembelajaran inkuiri terbimbing
k) Alat dan sumber belajar
l) Penilaian proses dan hasil belajar
Dalam
merancang RPP mengacu pada silabus pembelajaran tematik yang telah dirancang, peneliti
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pendekatan saintifik
sehingga dalam kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan fase-fase inkuiri
terbimbing dan mencantumkan sikap pendekatan saintifik. Rancangan awal RPP ini
terdiri dari RPP tindakan pembelajaran I dan RPP tindakan pembelajaran II yang
dilengkapi dengan ringkasan materi disajikan secara terpadu, Lembar Kerja
Siswa, soal evaluasi dan kriteria penilaian
Tag :
Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Hasil Tahap Perancangan atau Design dalam Skripsi"