katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Subtema Gaya dan Gerak dalam Skripsi IPA


3.    Subtema gaya dan gerak 
Subtema gaya dan gerak merupakan subtema ketiga dalam tema selalu berhemat energi. Dalam subtema gaya dan gerak, peneliti mengambil pembelajaran kedua untuk dijadikan penelitian dalam mengembangkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Adapun mata pelajaran yang dipadukan dalam pembelajaran kedua yaitu mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, dan SBdP.
            Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)  di Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang berhubungan dengan mencari tahu tentang alam secara sistematis. Hal ini sejalan dengan pendapat Mulyana (2012, hlm.7 ) yang menyatakan bahwa “IPA secara sederhana diartikan sebagai ilmu tentang fenomena alam semesta.”  Sumanto, dkk (Putra, 2012, hlm.40) menyatakan bahwa ‘Sains merupakan cara mencari tahu tentang alam semesta untuk mengusai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah.’ Jadi, IPA merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang alam semesta melalui proses ilmiah yang sistematis.
            Mata pelajaran IPA bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi siswa dalam  mempelajari diri sendiri dan alam sekitar dengan mengembangkan keterampilan proses dan sikap ilmiah sehingga dapat menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Mata Pelajaran IPA dipertegas dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai berikut :
1.      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya;
2.      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari;
3.      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif  dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan,  teknologi dan masyarakat;
4.      Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan;
5.      Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam;
6.      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan;
7.      Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

Menurut Iswara ( Suryani, 2013, hlm.14) menyatakan bahwa ruang lingkup bahan kajian IPA untuk SD/ MI meliputi aspek-aspek brikut :
a.    Mahluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksi dengan lingkungan serta kesehatan;
b.    Benda, materi, sifat-sifat, dan kegunaannya meliputi: cair, padat, dan gas;
c.    Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya, dan pesawat sederhana;
d.   Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

Setiap Kompetensi Dasar mata pelajaran IPA  dalam kurikulum 2013 merupakan kemampuan minimal yang harus dicapai oleh setiap siswa untuk membangun kemampuannya sendiri  melalui keterampilan proses dan sikap ilmiah sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
            Mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari karena bertujuan untuk mengarahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan, tulisan dan mampu mengapresiasi hasil karya sastra orang lain dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara.  Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kemampuan minimal yang harus dimiliki setiap siswa untuk menguasai pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan memilki sikap yang positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Agar setiap kompetensi tercapai guru berperan untuk mengembangkan kemampuan bahasa siswa dengan menyediakan berbagai kegiatan belajar dan sumber belajar yang dapat menunjang keberhasilan siswa.
Adapun tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Dasar (KTSP) sebagai berikut :
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis;
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara;
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan;
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial;
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa;
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang memberikan pengalaman ekstetik dalam kegiatan berekspresi dan berkreasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan siswa. Secara umum, mata pelajaran SBdP  bertujuan untuk memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan, menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan, menampilkan kreativitas siswa
Dalam kurikulum 2013 ruang lingkup mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV meliputi seni rupa, seni musik, seni tari, dan keterampilan. Seni rupa mencakup pengetahuan, keterampilan, dan menghasilkan karya yang sederhana seperti gambar, ukiran, kolase dan lain-lain. Seni musik mencakup kemampuan olah vokal, memainkan alat dan apresiasi karya musik seperti menyanyikan lagu wajib nasional, lagu daerah dan memainkan alat musik recorder atau pianika. Seni tari mencakup keterampilan gerak dasar tari dan mengapresiasi gerakan tari. Sedangkan keterampilan mencakup aspek kecakapan hidup yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial dan keterampilan akademik seperti membuat kerajinan tangan karya seni tiga dimensi dari bahan alam. Setiap ruang lingkup SBdP disesuaikan dengan sumber daya dan fasilitas yang tersedia di Sekolah.
Kompetensi Dasar mata pelajaran SBdP yang terdapat pada kurikulum 2013 merupakan kemampuan minimal yang harus dicapai setiap siswa setelah proses pembelajaran sehingga siswa mempunyai multikecerdasan dan dapat mengembangkan kemampuan berkreasi dan apresiasi terhadap kebudayaan bangsa

Untuk melanjutkan Skripsi Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi silahkan --- KLIK DISINI ---
Tag : Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Subtema Gaya dan Gerak dalam Skripsi IPA"

Back To Top