Tabel
Analisis Kegiatan Scientific
berdasarkan
Fase-Fase
Pembelajaran Tematik dan Jenis Bahan Ajar
No.
|
Kriteria
Pendekatan Scientific
|
Fase-Fase
Pembelajaran Tematik
|
Jenis Bahan Ajar
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1.
|
Tujuan
pembelajaran dirumuskan secara sederhana, jelas, dan menarik sistem
penyajiannya.
|
Fase I
|
Narasi
|
|||
2
|
Mendorong
dan menginspirasi peserta didik mampu berpikir hipotetik (membuat dugaan)
dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu dengan yang lain dari
substansi atau materi pembelajaran.
|
Fase I dan II
|
Narasi
|
|||
3.
|
Penjelasan
guru, respon peserta didik, dan interaksi edukatif guru-peserta didik harus
terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran
yang menyimpang dari alur berpikir logis.
|
Fase I dan II
|
Demonstrasi
|
|||
4
|
Substansi
atau materi pembelajaran benar-benar berdasarkan fakta atau fenomena yang
dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas
kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
|
Fase II
|
Demonstrasi
|
|||
5.
|
Mendorong
dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analitis, dan tepat
dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan
substansi atau materi pembelajaran.
|
Fase II dan III
|
Narasi dan Demonstrasi
|
|||
6.
|
Mendorong
dan menginspirasi peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan
pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon substansi atau materi
pembelajaran.
|
Fase II dan III
|
Penugasan
|
|||
7.
|
Berbasis
pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggung-jawabkan.
|
Fase III
|
Narasi
|
|||
Tag :
Tabel
0 Komentar untuk "Contoh Tabel Analisis Kegiatan Scientific berdasarkan Fase-Fase Pembelajaran Tematik dan Jenis Bahan Ajar"