katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Metode Penelitian Dapat Diartikan Sebagai Cara Ilmiah Yang Digunakan Untuk Mendapatkan Data Yang Obyektif


3.2  Metode Penelitian
Metode penelitian dapat diartikan sebagai cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, valid dan reliabel dengan tujuan dapat ditemukan, dibuktikan dan dikembangkan suatu pengetahuan sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Menurut   Gima Sugiama (2008: 37) menjelaskan sebagai berikut: “Metode desktiptif adalah riset yang berupaya mengumpulkan data, menganalisis secara kritis atas data-data tersebut dan menyimpulkan berdasarkan fakta-fakta  pada masa penelitian berlangsung atau masa sekarang” Sifat deskriptif pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan. 

3.2.1   Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini sesuai pendapat Winarno Surakhmad (2004: 251), yaitu:
1.       Wawancara
Yaitu mengadakan wawancara secara langsung dengan kepala dinas  Organisasi Perangkat Daerah Badan/Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, dimana menanyakan berbagai hal khususnya yang berhubungan dengan kepemimpinan, pengendalian konflik dan disiplin kerja sebagai pelaksana yang memberikan pelayanan tugas dan pekerjaan pada  Organisasi Perangkat Daerah Badan/Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya
 2.  Studi Dokumentasi
Yaitu mengumpulkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan gaya kepemimpinan dan kinerja pegawai pada pada   Badan/Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya.
3.  Kuesioner;
Yaitu pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran daftar pertanyaan yang bersifat tertutup, cara ini peneliti lakukan terhadap para pegawai pelaksana dan pejabat pada   Badan/Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya.
Perolehan data dari hasil penyebaran kuesioner berbentuk skala likert dengan komposisi nilai positif dan negatif dengan alternatif jawaban sebagai berikut : SS (Sangat Setuju), S (Setuju), TAP (Tidak Ada Pendapat), TS (Tidak Setuju), STS (Sangat Tidak Setuju). Adapun untuk lebih jelasnya formasi nilai, notasi dan predikat masing-masing pilihan jawaban dapat dilihat pada tabel  berikut ini:
Tabel 3.1
Skala Likert

Alternatif Jawaban, Skor Positif dan Skor Negatif

Alternatif Jawaban
Skor Positif
Skor Negatif
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Ada Pendapat
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
5
4
3
2
1
1
2
3
4
5
Sumber : Sugiyono, 2007: 87)

(1)    Studi Kepustakaan Studi literatur atau kepustakaan dimaksudkan untuk penetapan teori baru yang menunjang penganalisaan masalah teoritik yang diteliti, juga untuk memperkuat kebenaran hasil penelitian yang dilaksanakan dengan cara mencari konsep yang relevan dengan masalah penelitian. Hal ini sesuai dengan pendapat Winarno Surakhmad (2004: 251), yang mengatakan bahwa : “Perlengkapan penelitian seseorang tidak akan sempurna apabila tidak dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas kepustakaan”.

3.2.2         Populasi dan Sampel
3.2.2.1 Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Badan/Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya yang berjumlah 1915 orang. Untuk lebih jelasnya data populasi atau data pegawai negeri sipil pada Dinas/Badan   Kota Tasikmalaya dapat dilihat pada Tabel 3.1

Tabel 3.1
Jumlah Pegawai Pada Badan/Dinas
di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya

No
Nama OPD
Jumlah
1
Dinas Pendidikan
584
2
Dinas Kesehatan
225
3
Dinas Bina Marga, Pengairan, Pertambangan dan Energi
212
4
Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan
271
5
Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan
139
6
Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
172
7
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
27
8
Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi
39
9
Dinas Pendapatan
62
10
Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan
69
11
Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga
24
12
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
51
13
Badan Pelayanan dan Perijinan Terpadu
40
Jmlah………………………………………..
1915
Sumber : Bagian Kepegawaian Setda Kota Tasikmalaya, per 30 Desember 2013


3.2.2.2 Sampel
Sampel adalah sebagian nilai yang diambil dari populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah “cluster sampling”, dimana menurut Moch. Nazir (2003: 332 “teknik ini digunakan bila populasi dibagi dulu atas kelompok berdasarkan area/cluster , setiap anggota populasi dalam cluster tidak perlu homogen dan dipilih sebagai sampel”. 
Tag : Tesis
0 Komentar untuk "Metode Penelitian Dapat Diartikan Sebagai Cara Ilmiah Yang Digunakan Untuk Mendapatkan Data Yang Obyektif"

Back To Top