BAB
IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Jenis
Perilaku Menyontek Siswa Saat Ulangan
Ketika
siswa dihadapkan pada ulangan di satu hari, tidak terlihat ekspresi tegang di
wajah siswa. Begitupun ketika guru mulai meletakan soal ulangan di meja
masing-masing siswa. Keadaan kelas pun tenang, tidak ramai seperti ketika
kegiatan pembelajaran. Siswa mulai meraih kertas ulangan yang telah dibagikan
guru sesaat setelah instruksi “Silahkan mulai kerjakan ulangannya!”
terucap dari guru.
Dengan
serius siswa menjawab setiap soal yang diberikan. Mulai terlihat ada siswa yang
melirik kertas jawaban teman di sebelahnya pada menit ke 10. Bertambah ada
siswa yang bertanya dan mencari jawaban dari teman di belakangnya. Ada pula
siswa yang menutup rapat-rapat kertas jawabannya agar tidak terlihat oleh
temannya. Ada pula yang menyamakan jawabannya dengan jawaban milik temannya.
Dari
hasil observasi berdasarkan beberapa indikator didapatlah beberapa siswa yang
menyontek saat ulangan pada saat itu, antara lain:
Tabel
4.1
Data
Primer Perilaku Menyontek Saat Ulangan
No
|
Indikator
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Memberitahu jawaban pada teman yang lain
|
2
|
Siswa
2, siswa 19
|
2
|
Meminta
jawaban pada teman yang lain
|
5
|
Siswa
1, siswa 5, siswa 27, siswa 29, siswa 32
|
3
|
Melihat
jawaban teman secara diam-diam
|
1
|
Siswa
7
|
4
|
Membuka
buku catatan
|
-
|
-
|
5
|
Pola jawaban yang sama pada
ulangan siswa
|
8
|
Siswa
1 & siswa 2
Siswa
4 & siswa 12
Siswa
19 & siswa 27
|
Tabel
4.2
Data
sekunder Perilaku Menyontek Saat Ulangan
No
|
Perilaku
Menyontek
|
Intensitas
|
||
Selalu
|
Kadang-kadang
|
Tidak
pernah
|
||
1
|
Meminta
jawaban kepada teman
|
-
|
43%
|
57%
|
2
|
Melihat
jawaban milik teman ketika guru lengah
|
-
|
23%
|
77%
|
3
|
Berusaha
melihat buku paket atau catatan
|
5%
|
12%
|
83%
|
Data
tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam delapan poin, sebagai berikut:
1. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman saat ulangan
2. Siswa
yang melihat jawaban milik teman ketika guru lengah saat ulangan
3. Siswa
yang berusaha melihat buku paket atau catatan saat ulangan
4. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman dan melihat jawaban milik teman ketika guru
lengah
5. Siswa
yang melihat jawaban milik teman ketika guru lengah dan berusaha melihat buku
paket atau catatan
6. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman dan berusaha melihat buku paket atau catatan
7. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman, melihat jawaban milik teman ketika guru
lengah, dan berusaha melihat buku paket atau catatan
8. Siswa
yang tidak menyontek.
Tabel
4.3
Kategori
Perilaku Menyontek
No
|
Kategori
Perilaku Menyontek
|
Jumlah
|
Ket
|
1
|
Siswa yang meminta jawaban kepada
teman saat ulangan
|
9
|
Siswa
9, siswa 10, siswa 11, siswa 18, siswa 19, siswa 25, siswa 26, siswa 27, siswa
28
|
No
|
Kategori
Perilaku Menyontek
|
Jumlah
|
Ket
|
2
|
Siswa yang
melihat jawaban milik teman ketika guru lengah saat ulangan
|
1
|
Siswa
7
|
3
|
Siswa yang
berusaha melihat buku paket atau catatan saat ulangan
|
1
|
Siswa
24
|
4
|
Siswa yang
meminta jawaban kepada teman dan melihat jawaban milik teman ketika guru
lengah
|
3
|
Siswa
23, Siswa 32, Siswa 33
|
5
|
Siswa yang
melihat jawaban milik teman ketika guru lengah dan berusaha melihat buku
paket atau catatan
|
2
|
Siswa
1, Siswa 29
|
6
|
Siswa yang
meminta jawaban kepada teman dan berusaha melihat buku paket atau catatan
|
1
|
Siswa
22
|
7
|
Siswa yang
meminta jawaban kepada teman, melihat jawaban milik teman ketika guru lengah,
dan berusaha melihat buku paket atau catatan
|
1
|
Siswa
15
|
8
|
Siswa yang tidak menyontek
|
11
|
Siswa
3, Siswa 5, Siswa 8, Siswa 12, Siswa 13, Siswa 14, Siswa 16, Siswa 17, Siswa
20, Siswa 21, Siswa 31
|
Sumber:
angket siswa
Tag :
Skripsi Bahasa Indonesia
0 Komentar untuk "Contoh Jenis Perilaku Menyontek Siswa Saat Ulangan dalam Skripsi Bahasa Indonesia"