4.2.1.2 Kesulitan Siswa dalam Grammar
Kesulitan
siswa dalam grammar dapat penulis
definisikan sebagai suatu keadaan siswa tidak menguasai grammar, diantaranya
mengetahui dan menyebutkan kata-kata yang termasuk dalam bagian-bagian Parts of speech (Noun, Countable noun (Singular and Plural),
Pronoun, Adjective, Verb,
Adverb, Preposition, dan Conjunction).
Berdasarkan pada hasil wawancara dengan siswa,
penulis menemukan tiga kriteria pengetahuan siswa tentang grammar ini, diantaranya:
- Siswa mengetahui nama parts of speech dan dapat menyebutkan contohnya
- Siswa tidak mengetahui nama parts of speech namun dapat menyebutkan contohnya
- Siswa sama sekali tidak mengetahui nama parts of speech dan tidak dapat menyebutkan contohnya.
- Hasil wawancara mengenai pengetahuan siswa tentang parts of speech sebagai berikut:
Tabel 4.2
Persentase Pengetahuan
Siswa tentang Parts Of Speech
No.
|
Pertanyaan
|
A
(%)
|
B
(%)
|
C
(%)
|
1.
|
Noun
|
6,66
|
86,66
|
6,66
|
2.
|
Contable noun
(Singular and Plural)
|
0
|
100
|
0
|
3.
|
Pronoun
|
0
|
100
|
0
|
4.
|
Adjective
|
0
|
80
|
20
|
5.
|
Verb
|
26,66
|
66,66
|
6,66
|
6.
|
Adverb
|
0
|
73,33
|
26,66
|
7.
|
Preposition
|
0
|
100
|
0
|
8.
|
Conjunction
|
0
|
33,33
|
66,66
|
Klasifikasi penguasaan grammar:
A :
Mengetahui nama parts of speech,
dapat menyebutkan contoh
B :
Tidak mengetahui nama parts of speech,
dapat menyebutkan contoh
C :
Tidak mengetahui nama parts of speech,
Tidak dapat menyebutkan
contoh
Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa, rata-rata
pengetahuan siswa mengenai parts
of speech berada pada kriteria
nomor dua, yaitu siswa tidak mengetahui nama parts of speech namun dapat
menyebutkan contohnya. Hanya
terdapat seorang siswa yang dengan tepat mengetahui salah satu bagian dari Parts of speech yaitu verb.
Siswa 1: “Tos terang verb mah ti bapak guru, tos diajarkeun basa eta”.
(Sudah tahu verb dari bapak guru, sudah diajarkan pada waktu
dulu).
Sebanyak 66,66% siswa
tidak menguasai conjunction padahal
sering digunakan pada kalimat. Mungkin conjunction
memang tidak dikenal oleh siswa. Selain itu parts
of speech lainnya, siswa hanya mampu menyebutkan contoh-contohnya saja.
Sedangkan apabila ditanya fungsinya dalam kalimat, siswa tidak bisa menjawab.
Dapat disimpulkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam grammar yaitu parts of speech ini.
Tag :
Skripsi Bahasa Inggris
0 Komentar untuk "Contoh Kesulitan Siswa dalam Grammar dalam Skripsi Bahasa Inggris"