PENGALAMAN LAYANAN BIMBINGAN
Nama Murid :
Intan Maulani Rahman
Jenis Kelamin :
Perempuan
Kelas :
B2
LANGKAH-LANGKAH BIMBINGAN
1.
IDENTIFIKASI MASALAH
Untuk mengidentifikasi masalah dilakukan dengan
beberapa teknik, diantaranya :
a.
Observasi pada waktu kegiatan belajar
b.
Tes pada waktu anak sedang mengikuti pelajaran
c.
Wawancara dengan guru, orang tua serta langsung
wawancara dengan anak yang berangkutan
d.
Melihat langsung setiap mengikuti pelajaran Intan
selalu didampingi oleh Ibunya, bila ditinggal sebentar keluar Intan terus
menangis karena ketakutan ditinggal oleh ibunya.
e.
Tes pada saat Intan mewarnai gambar, Intan selalu
memita Ibunya berada didekatnya dan mengerjakan tugasnya, jika Ibunya tidak
membantu, Intan tidak mau
mengerjakannya.
f.
Wawancara dengan Ibunya langsung bahwa Intan tidak
pernah lepas dari pantauan Ibunya, tadinya Intan akan menjadi anak bungsu
mungkin karena itu Intan menjadi anak yang manja dan pemalu, sehingga dalam
mengerjakan tugas di sekolahpun selalu ingin dengan Ibunya
2.
DIAGNOSA
Hasil dari ciri-ciri diatas maka Intan adalah anak
yang manja dan pemalu dikarenakan selalu didampingi dan dimanja oleh Ibunya
3.
PROGNOSA
Intan adalah anak kedua dari tiga bersaudara, jarak
umur dari adiknya adalah empat tahun, dikarenakan tadinya anak bungsu, maka dia
menjadi anak manja dan pemalu karena selalu dimanja oleh Ibunya seperti anak
bungsu.
4.
TERAPI
Untuk mengatasi masalah ini perlu diadakan penyembuhan pada anak tersebut
diantaranya :
a.
Didalam kelas guru harus selalu memberikan pujian dan
dorongan pada Intan agar tumbuh rasa percaya diri tanpa harus selalu dengan
Ibunya.
b.
Dalam memberikan pada Intan disekolah diusahakan yang
menarik perhatiannya dan jangan terlalu cepat memberikan pertolongan pada saat
Intan menemukan kesulitan, biarkan Intan memecahkan sendiri persoalan yang
ditemukan agar terbiasa mengerjakan sendiri.
c.
Guru memberikan pengarahan pada Ibunya untuk
memperlakukan Intan secara wajar tanpa membedakan yang berlebihan, dilihat dari
jumlah anak yang dimiliki anak pertama atau terakhir agar anak tumbuh menjadi
anak yang mandiri.
5.
EVALUASI/TINDAK LANJUT
Jika Intan selesai mengerjakan tugas berilah pujian
dari guru, dan buatlah seolah pekerjaan yang telah selesai itu Intan yang
mengerjakannya, meskipun dikerjakan oleh Ibunya, agar Intan mau mengerjakan
sendiri pekerjaannya dan timbul rasa percaya diri karena mendapat pujian dari
guru.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk "Contoh Laporan Program Pengalaman Lapangan"