BAB
III
METODE
PENELITIAN
A. Lokasi
Penelitian
Lokasi
Sekolah Dasar Negeri Cieunteung 2 terletak di Jl. Cieunteun No 123 Kelurahan
Argasari Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya 46122. Sekolah yang mulai
beroperasi pada tahun 1957 ini memiliki luas tanah sebesar 2.280 m2
dan luas bangunan sebesar 440,83 m2, dengan ruang belajar sebanyak 5
ruangan kelas.
B. Subjek
Populasi / Sampel Penelitian
Dalam penelitian
kualitatif, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Purposive
sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan
tertentu.
Sampel ini memfokuskan
pada informan-informan terpilih yang kaya dengan kasus untuk studi yang
bersifat mendalam. Maka kekuatan dari sampel purposif ini adalah dari sedikit
kasus yang diteliti secara mendalam memberikanbanyak pemahaman tentang topik.
Penulis menjadikan
siswa kelas IV untuk dijadikan subjek. Subjek penelitiannya adalah 22 siswa
yang teridentifikasi menyontek saat ulangan dan 1 orang guru kelas sebagai
responden.
C. Desain
Penelitian
Desain penelitian
merupakan kaitan logis antara data empiris dengan pertanyaan penelitian dan
terutama konklusi-konklusinya. (Yin, 2008, hlm. 27)
Sederhananya, desain
penelitian adalah rencana tindakan untuk berangkat dari “sini” menuju ke
“sana”, dimana “disini” bisa diartikan sebagai rangkaian pertanyaan awal yang
harus dijawab, dan “disana” merupakan serangkaian konklusi (jawaban) tentang
pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Syaodih (2012, hlm. 99)
mengungkapkan penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus
dimana penelitian ini difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin
dipahami secara mendalam.
Dalam studi kasus
terdapat empat tipe desain. Penelitian ini menggunakan desain tipe 2, yaitu
desain kasus tunggal terjalin. Dimana perhatian diberikan kepada satu atau
beberapa sub unit analisis.
Tag :
Skripsi Bahasa Indonesia
0 Komentar untuk "Contoh Metode Penelitian dalam Skripsi Tentang Analisis Gaya Belajar Siswa Yang Menyontek Saat Ulangan"