B. Penelitian
Yang Relevan
Penelitian ini mengenai pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis
karakter pada materi Perubahan kenampakan bumi dan benda langit untuk siswa
kelas IV di SDN .... Berdasarkan eksplorasi peneliti, ditemukan beberapa
tulisan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Yang pertama adalah penelitian dari Faridatul Ika Maylinda pada tahun
2012 yang berjudul “Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Karakter
untuk Siswa Kelas V SDN I Wonokoyo Kota Malang”. Dilaksanakannya penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran yaitu RPP IPA yang semula
hanya berorientasi pada pengembangan kognisi siswa menjadi sebuah desain
pembelajaran yang berbasis karakter.
Kedua, penelitian dari Darmiyati Zuchdi, et. al. pada tahun 2010 yang
berjudul ”Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam
Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan model pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan
komperhensip yang terintegrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan
IPS. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah dasar di DIY Yogyakarta.
Penelitian ketiga dari Fitri Siti Sundari pada tahun 2012 yang berjudul Analisis Pendidikan
Karakter dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Laboratorium Percontohan
UPI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter
tercermin dalam perencanaan pembelajaran IPA, pelaksanaan pembelajaran IPA,
evaluasi, buku ajar, dan LKS yang digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar
Laboratorium Percontohan UPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian keempat adalah penelitian Hasan Subekti pada tahun 2010 yang
berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains SMP Berorientasi Pendidikan
Berkarakter dengan Model Kooperatif pada Materi Sensitivitas Indera Peraba.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sains SMP
berorientasi pendidikan berkarakter dengan model kooperatif pada materi
sensitivitas indera peraba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
pengembangan dengan mengacu pada model Plomp.
Penelitian kelima, penelitian dari Indriastuti, et. al. pada tahun 2011
yang berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis
Humanistik dengan Metode Two Stay Two
stray Berbantuan CD Interaktif pada
Materi Geometri Dimensi Dua Kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran konstruktivisme berbasis humanistik dengan
metode two stay two berbantuan CD interaktif pada materi
geometri dimensi dua yang valid dan mengukur efektivitas pembelajaran
konstruktivisme berbasis humanistik dengan metode two stay two berbantuan CD
interaktif pada materi geometri dimensi dua. Jenis peneliltian yang digunakan
adalah penelitian pengembangan dengan mengunakan modifikasi model 4-D dari
Thiagarajan menjadi 3-D. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah
silabus, RPP, buku pegangan siswa, Lembar Kerja Siswa, CD Interaktif, dan Tes
Prestasi Belajar (TPB).
Adapun perbedaan penelitian yang dilaksanakan peneliti dengan keenam
penelitian yang relevan tersebut adalah penelitian yang dilaksanakan menekankan pada pengembangan
perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, Rencana Pelakasanaan
Pembelajaran (RPP), bahan ajar (Materi
ajar), Lembar Kerja Siswa (LKS), media pembelajaran dan Lembar Evaluasi
Siswa berbasis karakter pada materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
untuk kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan
menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D.
C. Kerangka
Berpikir
Uma Sekaran (Sugiyono, 2011: 60)
mengemukakan bahwa “kerangka
berpikir merupakan model
konseptual tentang bagaimana
teori berhubungan dengan berbagai
faktor yang telah diidentifikasi.”
Untuk
mencapai keberhasilan atau ketercapaian
tujuan pendidikan karakter bangsa diperlukan rencana tindakan (action plan)
implementasi pendidikan karakter bangsa di sekolah. Rencana tindakan itu
meliputi: integrasi komponen karakter bangsa ke dalam pembelajaran dan pembudayaan
komponen karakter bangsa ke dalam budaya sekolah. Rencana tindakan tindakan
pertama mewujud dalam silabus dan RPP serta proses pembelajaran.
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu aspek penting keberhasilan pendidik
dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran merupakan
rambu-rambu bagi seorang pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
dikelas. Yang tak kalah penting fungsi dari perangkat pembelajaran adalah
sebagai bahan evaluasi bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian
standar kompetensi yang telah disampaikan. Keberhasilan seorang guru dalam
pembelajaran sangatlah diharapkan, untuk memenuhi tujuan tersebut diperlukan
suatu persiapan yang matang.
Salah
satu bentuk persiapan tersebut adalah dengan membuat perangkat pembelajaran IPA
berbasis karakter khususnya pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda
langit yang disesuaikan dengan karakter siswa kelas IV SDN .... Dengan tujuan
untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis yang
dapat digunakan untuk siswa kelas IV di SDN ... serta diharapkan dapat mencapai
keberhasilan tujuan pendidikan karakter
yang terintegrasi dalam pembelajaran IPA. Mulai dari menyusun silabus, Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, hingga alat penilaian
dengan memperhatikan pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.
Ketercapaian
tujuan pembelajaran yang didalamnya terintegrasi pendidikan karakter tidak
dapat terlepas dari kemampuan seorang guru untuk menyampaikan
pembelajaran. Agar dapat terlaksananya
pembelajaran IPA yang efektif diperlukan sebuah perangkat pembelajaran IPA yang
valid dan praktis untuk diterapkan di kelas. Perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini dalam pengembangannya
tentu harus memenuhi syarat-syarat teoritis, yaitu harus memenuhi kriteria
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk dapat diterapkan di kelas.
D. Model
Hipotetik
Berdasarkan rumusan masalah, landasan teori dan hasil
pengamatan di lapangan, maka diajukan hipotesis dalam penelitian ini adalah:
”dengan membuat perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter dapat dilaksanakan
pembelajaran IPA yang efektif ”. Maka model hipotetik dapat dilihat pada gambar
berikut:
Model Hipotetik Penelitian |
0 Komentar untuk "Contoh Penelitian Yang Relevan, Kerangka Berpikir dan Model Hipotetik dalam Skripsi"